Perlukah memanasi mesin mobil setiap hari sebelum di pakai?

perlukah memanasi mesin mobilMemanaskan mesin khususnya mobil diperlukan pada saat mesin habis berhenti selama beberapa waktu(terutama setelah habis nganggur semalaman), dan pada saat ketika mobil akan dipergunakan. Hal ini bertujuan agar olie yang telah turun dan mengendap pada tangki atau bak olie, kembali pada tingkat pelumasan yang baik pada seluruh celah-celah bagian onderdil yang bergesekan.

Advertisement

Kenapa pada saat mobil habis beristirahat dalam jangka waktu lama, mesin mobil tak dapat berputar idel dengan baik?,,bahkan pada mobil keluaran lama, perlu beberapa waktu untuk dapat menghidupkannya.  Salah penyebabnya adalah karena olie belum mencapai viskositas yang lebih encer, dan belum menjangkau seluruh bagian mesin. Tanda mesin sudah siap digunakan adalah ketika mesin sudah dapat berputar idel dengan stabil tanpa gas diinjak lagi.

Selain harus  sedikit memaksa untuk menjalankan mesin yang masih dingin, perlakuan terus menerus dapat mengakibatkan umur onderdil lebih pendek. Oleh karena itu, perlu sedikit waktu luang dipagi hari untuk memanaskan mesin, barang sekitar 1 menit sebelum dpakai.

Lalu kalau mobil tak dipakai pada hari itu bagaimana?, apakah juga harus dipanaskan?..
Bahkan jika tak akan dipakai dalam seminggu pun tak apa-apa, kecuali jika didiamkan bebeapa bulan. Masalah kenapa dan apa akibatnya?, kita akan bahas dibawah.

Tips memanaskan mesin mobil

 

Cara memanaskan mesin

Pada kebanyakan mobil, pemanasan umumnya hanya di butuhkan sesaat sebelum kendaraan itu digunakan. Dan Pada kendaraan keluaran terbaru, sudah di lengkapi dengan sistem otomatis, yaitu ketika mesin dingin maka rpm saat pemanasan otomatis ada pada putaran1000rpm atau lebih. Setelah temperatur mesin sudah optimal dan tercukupi, maka rpm akan otomatis kembali ke RPM Idle di 800 RPM. Jadi tak perlu lagi harus menjaga pedal gas, seperti pada mobil model lama.

Lihat Juga :  Perbedaan Penting Antara Honda Beat dan Vario

Jangka Waktu pemanasan mesin

Memanaskan mesin mobil tak harus dalam jangka waktu yang lama, misalnya hingga 15 menit. Cukup hanya dirasakan saja, jika mesin sudah berputar stabil tanpa injakan gas, berarti mobil sudah siap untuk dijalankan. Lebih lama lagi tentu bisa dikatakan sebagai pemborosan bahan bakar.

Memamaskan mesin diluar ruangan

Memanaskan mobil sebaiknya diruangan terbuka, untuk menghindari efek keracunan akibat gas CO2 dari pembuangan. Atau buka kaca jendela, untuk menghindari masuk dan mengumpulnya gas beracun kedalam kabin.

Memanaskan mobil nganggur

Untuk kendaraan yang tak pernah dipakai, sebaiknya juga harus tetap dilakukan pemanasan mesin beberapa saat.  Namun memanaskan mobil yang tidak dipakai dalam waktu lama ini tak perlu dilakukan setiap hari.  Cukup hanya dalam jadwal waktu 1 minggu sekali atau 10 hari satu kali.

Baca juga :Apa akibat jika oli mesin berlebihan?
Mobil nganggur masih harus dipanaskan, kenapa?…
Hal ini untuk menghindari kotoran didalam bagian mesin yang bergerak mengendap dan mengeras (karat), dan mungkin saja dapat mengganggu mesin.
Selain itu pemanasan juga perlu untuk  menjaga kondisi oli agar tetap baik, dan juga menjaga kondisi aki. Sebab meskipun mobil tidak digunakan, arus aki mungkin tetap terpakai untuk mengaliri beberapa akesoris seperti cpu, tape, jam dan Alarm. Memanaskan mesin ini diperlukan juga untuk mengisi strum aki, agar arus tidak berada di bawah titik terendah yang dapat mengakibatkan berkurangnya umur aki.
Berapa lama waktu untuk memanaskan?….
mungkin butuh sedikit lama, daripada pada mobil yang rutin dipakai (lebih kurang 10 menit) . kalu perlu setiap satu bulan sekali mobil dijalankan, hanya untuk melintasi jalan sepanjang 500m sudah cukup.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

One thought on “Perlukah memanasi mesin mobil setiap hari sebelum di pakai?

  1. Outbound

    Numpang tanya gan..
    Apa betul jika mobil jarang banget digunakan (2-3x dlm sebulan) harus dicabut kabel aki dan musti didongkrak biar ban ga gembos?

    Thanks sebelumnya gan!

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *