Perbedaan ROM dan RAM pada hp Android dan Komputer

RAM dan ROM pada dasarnya adalah hardware pada komputer yang berfungsi sebagai memori yang gunanya untuk mempercepat dan memungkinkan kerja perangkat komputer untuk mengakses informasi. Jadi pada intinya, segala perangkat yang dioperasikan menggunakan sistem komputasi pasti menggunakan RAM atau ROM, termasuk hp Android yang lagi naik daun saat ini.

Advertisement

Apakah ROM atau RAM hanya untuk HP android?, seperti yang sudah dijelaskan bahwa alat-alat ini digunakan pada perangkat yang dioperasikan menggunakan sistem komputasi(selalu dilengkapi prosessor – CPU); jadi apapun itu devicenya; termasuk hp blackberry, hp android, dsb; dan komputer windows, linux, dsb menggunakan ROM dan RAM. Sekedar memberitahu jika masih rancu; Android adalah salah satu produk perangkat lunak sebagai OS(Operating system), yaitu software induk untuk mengoperasikan sistem komputasi pada perangkat mobile yang dikembangkan oleh Google;  fungsinya sama halnya dengan OS windows pada komputer yang dikembangkan oleh Microsoft.  Cari tahu lebih banyak tentang OS komputer di : Pengertian dan jenis-jenis Operating System(OS) Komputer
Kembali lagi pada RAM dan ROM untuk lebih lanjut. Singkatnya, setiap komputer dilengkapi dengan sejumlah memori fisik, yang sebenarnya berbentuk sebuah chip untuk menyimpan data.

Berikut perbedaan antara ROM dan RAM komputer

RAM

Memori ini disebut sebagai Random Access Memory atau RAM. RAM sendiri merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang bertujuan untuk menyimpan sistem operasi program aplikasi, dengan proses yang dapat diakses secara acak saat ini, yaitu dalam urutan yang sesuai dengan keinginan yang dijalankan oleh pengguna. Data dalam RAM hanya bersifat sementara, yaitu selama komputer sedang beroperasi, dan akan dihapus kembali segera setelah komputer dimatikan. RAM umumnya hadir dalam sebuah bentuk microchip dengan kapasitas yang berbeda-beda, seperti 256MB, 512MB, 1GB, 2GB, dll. Komputer saat ini sudah didesain sedemikian rupa sehingga RAM ini bisa diupgrade atau ditingkatkan kapasitasnya hingga batas tertentu.

Lihat Juga :  Penyebab dan cara mengatasi Komputer restart sendiri

ROM

Sementara itu ROM, mengacu pada sifat Read Only Memory. Setiap komputer dilengkapi dengan memori ini yang bertugas mengendalikan proses saat komputer starting (dinyalakan). ROM adalah memori yang memiliki data yang ditulis secara permanen dan tidak bisa digunakan kembali. Namun, saat ini ada beberapa jenis memori serupa yang bisa ditulis ulang, yang disebut Erasable Programmable Read Only Memory, atau EPROM. Biasanya hal ini berupa CD ROM atau Floppy Disk yang bisa memuat OS ke RAM.

Kemiripan antara RAM dan ROM adalah keduanya sama-sama sebuah perangkat keras, yang memiliki fungsi memori. Namun ada perbedaan yang cukup jelas antara ROM dan RAM :

  • RAM singkatan dari Random Access Memory, sedangkan ROM adalah singkatan dari Read Only Memory.
  • RAM adalah memori volatile dan data yang tersimpan akan terhapus ketika komputer dimatikan. ROM adalah harware memori non-volatile dan umumnya tidak dapat ditulis(Write).
  • RAM berfungsi keduanya, yaitu baca dan tulis(read and write), sementara ROM hanya digunakan untuk dibaca saja (read only).
  • Untuk bisa menyimpan informasi, RAM membutuhkan aliran listrik mengalir, sedangkan ROM bersifat menyimpan informasi permanen(ada ataupun tidak ada listrik mengalir).

RAM bisa dianalogikan sebagai sebuah papan tulis, yaitu di mana informasi bisa ditulis dan bisa dihapus kembali berkali-kali; sedangkan ROM ini bersifat permanen dan hanya bisa untuk dibaca, tak bisa dihapus dan ditulis. Salah satu contoh ROM adalah sistem BIOS (Basic Input Output System) yang berjalan saat komputer starting (dihidupkan), serta mempersiapkan disk drive dan prosesor untuk memuat OS dari dalam hardisk.

Lihat Juga :  Agar signal modem kuat

Demikian secara singkat perbedaan mendasar antara kedua hardware komputer ROM dan RAM, yang juga umum pada hp smartphone seperti saat ini yang contoh familiernya adalah hp android.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *