Perbedaan Penting Antara Honda Beat dan Vario

Honda vario dan honda beat adalah varian matic unggulan dari Honda. Keduanya merupakan jenis motor matic yang paling laku dipasaran khususnya untuk jenis merk honda. Karena keduanya paling diminati oleh konsumen, mungkin akan membuat Anda bingung juga saat akan membeli motor matic Honda. Dalam benak Anda mungkin terlintas, manakah diantara keduanya yang paling cocok untuk anda kendarai. Perbedaan mendasar tentu ada pada harga, yang jelas lebih tinggi vario daripada beat. Selain itu?, perbandingan spesifikasi masing-masing, mungkin juga penting untuk diketahui, sebelum menentukan mana yang paling pas buat Anda.

Advertisement

Berikut perbedaan penting antara honda vario dan honda beat

Dari segi ukuran/dimensi:

Honda vario jelas lebih bongsor dan berat ketimbang honda beat, namun honda vario lebih pendek jarak ketanahnya. Berikut perbandingannya:

Beat:
Panjang X lebar X tinggi 1,859 x 676 x 1,053 mm
Jarak sumbu Roda 1.240 mm
Jarak terendah ke tanah 156 mm
Berat kosong 89.3 kg

Vario
Panjang X lebar X tinggi : 1.918 x 689 x 1.103 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.281 mm
Jarak terendah ke tanah : 128 mm
Berat kosong : 112 kg

Kendaraan yang lebih berat, lajunya juga akan semakin tenang. Jadi Vario lebih cocok bagi yang suka memakainya untuk perjalanan luar Kota. Jarak ketanah yang lebih pendek, semakin membuat vario lebih nyaman ditumpangi. Body vario yang lebih panjang tentu akan lebih lega dan nyaman saat berboncengan. Kelemahannya, bagi cewek yang bertubuh lebih kecil dan pendek, body bongsor vario bisa jadi merupakan masalah tersendiri.

Lihat Juga :  Cara mencuci helm yang benar

Dari segi mesin

Dilihat dari segi mesin, vario 125 jelas lebih unggul dalam hal volume langkah. Hal ini sangat banget menentukan performa mesinnya. Kecuali untuk vario yang karburator, dimana CCnya tak begitu jauh dengan beat. Dilihat dari daya dan torsi maksimumnya saja sudah sangat jauh keunggulan vario daripada beat. Daya yang besar, tentu berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar. Vario meskipun lebih cepat, ia lebih boros BBM juga daripada beat.

Beat
Sistem pendinginan udara degan kipas.
Diameter x langkah 50 x 55 mm
Volume langkah 108 cc
Perbandingan kompresi 9,2 : 1
Daya maksimum 8.22 PS / 8.000 rpm
Torsi maksimum 8,32 N.m (0.85 kgf.m) / 5.500 rpm

Vario
Sastem pendinginan air (water coolant), dengan kipas.
Diameter x langkah : 52,4 x 57,9 mm
Volume langkah : 124,8 cc
Perbandingan Kompresi : 11,0 : 1
Daya Maksimum : 11.3 PS / 8.500 rpm
Torsi Maksimum : 1.1 kgf.m / 5.000 rpm

Masalah sistem pendingin, vario jelas paling baik karena menggunakan radiator dan kipas. Jadi tak jauh berbeda dengan pendinginan mesin mobil. Artinya, honda vario lebih baik sistem pendinginannya, pengaruhnya, vario lebih stabil pada perjalanan jauh beratus-ratus KM tanpa berhenti. Oh ya, mesin keduanya sudah mengadopsi teknologi mesin SOHC. Apa itu SOHC?, baca klik disini

Kesimpulan:
Bagi yang ingin lebih lincah, suka sendirian, mobile, jarak dekat, kayaknya honda beat lebih tepat untuk Anda. Beat lebih langsing, ringan, dan hemat mungkin akan menjadi pilhan terbaik untuk Anda.

Lihat Juga :  Tips agar motor selalu prima dan awet

Sementara yang gemar perjalanan jarak jauh, sering berduaan, bertubuh besar, suka kecepatan, vario 125 jelas sangat pas bagi Anda.

Bagaimana dengan Anda?, sebaiknya mana yang menurut Anda paling sesuai?…

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

One thought on “Perbedaan Penting Antara Honda Beat dan Vario

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *