Perbedaan Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza

Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza merupakan dua buah kendaraan keluarga yang paling laris manis saat ini. Desain yang simpel namun elegan, serta efisien bahan bakar mungkin yang menjadi daya magnet, selain karena berada dibawah label besar Toyota dan daihatsu.

Advertisement

Karena keduanya memiliki desain yang sama, namun berbeda brand seringkali membingungkan banyak orang. Dalam benak mereka akan bertanya-tanya, manakah yang terbaik, toyota avanza atau daihatsu xenia?,,,,,,, Atau apakah perbedaan yang paling penting diantara keduanya. Bahkan teknologi mesin keduanya pun sama!, Kalau Avanza menggunakan teknologi VVT-i, Daihatsu Xenia pun juga sama menggunakan VVT-i. Ketahui juga apa itu teknologi VVT-i Toyota, klik disini

Kalau perbedaan dimasalah harga, tentu semua orang juga pada tahu. Dan selisihnya sudah jelas lumayan jauh, yaitu lebih mahal Toyota Avanza. Namun selisih harga ini seringkali justru semakin membuat orang ingin menguak apa perbedaan diantara keduanya. Orang lebih percaya dengan harga barang, dengan berfikir prinsip ” Ada harga ada barang”, artinya yang mahal tentu lebih baik. Namun bagi yang sudah sangat fanatik pada sebuah brand, harga biasanya tak akan jadi masalah. Biarpun Toyota Avanza lebih mahal, orang akan tetap memilihnya. Mereka biasanya lebih percaya dengan nama besar dari produsen.

Prinsip “Ada harga ada barang” memang berlaku, tak terkecuali untuk dua merek mobil ini. Walau seringkali luput dan kurang mendapat perhatian, perbedaan diataranya cukup mencolok sebenarnya.

Lihat Juga :  Penyebab mobil diesel keluar asap hitam tebal dan getaran keras

Berikut letak perbedaan antara Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza

Mesin

Mesin pada umumnya jarang diperhatikan oleh banyak orang. Pada kedua jenis mobil ini, ternyata ada perbedaan pada mesin. Avansa didukung oleh kapasitas silinder mesin 1300cc (1.3 liter) dan 1.500cc(1.5 liter). Sementara Xenia mendukung mesin 1.000cc(1.0 liter) dan 1.300 cc (1.3 liter). Kalau kapasitas cylider sih buka perbedaan ya?, lebih khusus pada spesifikasi mesin yang bisa dipilih.

Jika yang ingin memiliki kendaraan yang lebih kuat, tentu akan memilih yang ber CC lebih tinggi. Dan yang ingin kendaraan yang lebih irit, CC lebih kecil tentu paling pas.

Roda

Roda pada umumnya sangat jarang diperdulikan oleh banyak orang. Dan kedua merk kendaraan yang sama ini ternyata dibekali dengan velg yang berbeda. Xenia memiliki desain velg 6 palang ganda, sementara itu Toyota Avanza lebih banyak yaitu 8 palang. Dan ukurannya pun berbeda, untuk velg Xenia 13 dan 14 inci, sementara  Avanza 14 dan 15 inci.

Sistem keamanan berkendara

Kecuali untuk seri lain Avanza dan daihatsu  xenia sama dalam hal ini. Khusus untuk Avanza type model Veloz atau avanza yang bermesin 1.500 cc sudah dilengkapi dengan dual SR Airbag, selain sabuk pengaman. Sementara itu model avanza veloz sudah dibekali dengan sistem pengereman ABS. Semuanya adalah sistem pengamanan penting untuk mobil, namun seringkali kurang menjadi perhatian di Indonesia.

Lihat Juga :  Mobil penggerak roda belakang VS Mobil penggerak roda depan

Air Conditioning (AC)

AC adalah fitur yang terkadang kurang disadari oleh orang. Ada model AC yang diterapkan pada mobil, yaitu AC double blower, dan AC single blower. Perbedaan kedua AC adalah: AC double blower, sanggup menjangkau penumpang hingga bangku belakang. Sedangkan AC single blower hanya cukup untuk mendinginkan orang yang ada dikabin depan. Seluruh Avanza sudah menggunakan double blower, sementara xenia hanya berlaku untuk yang memiliki type mesin 1.3 litre.

Perbedaan lain-lain

Interior avanza lebih gelap, dan detail tempat penyimpanannya keduanya berbeda. Sementara itu, design foglamp keduanya berbeda. Kalau yang ini kayaknya hanya masalah selera saja.

####
Selain itu keduanya memang benar-benar sama persis. Secara kualitas sparepart, saya kira juga sama karena harganya juga sama. Banyak yang bilang bahwa mesin kedua mobil ini dibuat ditempat yang sama. Jadi secara mendasar memang benar-benar sama, kecuali beberapa asesories yang telah kita bahas diatas. Itupun masing-masing masih ada pilihan yang sama.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *