Perbedaan Antara Toyota Avanza Seri E, G, S, dan Veloz

Dari tahun ketahun semenjak gebrakan pertamanya tahun 2004, Toyota Avanza selalu paling diminati para pecinta MPV di Indonesia. Tak hanya produk barunya yang selalu diserbu pembeli, Avanza yang dilepas oleh pemilik pertamanya juga yang selalu diincar oleh pengguna tangan kedua. Hal ini memang tak berlebihan jika Avanza banyak dijuluki sebagai mobil sejuta Umat. Kebanyakan alasan orang menjatuhkan pilihannya kepada Avanza memang cukup beralasan, mesin mobil irit dengan 1.300cc, mobil yang kuat ditanjakan dengan penggerak roda belakangnya, suspensi yang lembut dengan monoshock, mendukung 7 seat, jaringan bengkel resmi yang tersebar dimana-mana, harga suku cadangnya yang lebih terjangkau, serta purna jualnya yang tetap tinggi dan cepat laku.

Advertisement

Tapi ngomong-ngomong, Avanza terdapat beberapa type, yaitu type E, G, S dan veloz. Lho apa saja sih perbedaannya?, dan saya sebaiknya pilih yang mana?… Untuk itu, baca ulasan ini untuk menentukan jenis Avanza yang paling cocok untuk Anda pilih…

Perbedaan yang paling  mendasar mobil toyota type avanza seri E,G,S, dan Veloz

Avanza seri E

Avanza E 1.3 adalah seri  Avanza yang paling bawah. Ada beberapa fitur yang tidak ditambahkan seperti halnya pada avanza type G 1300 yaitu ; tidak dilengkapi dengan lampu sein dibagian bawah spion, tidak dilengkapi lis chrome pada lampu kabut, tidak dilengkapi tape/cd untuk seri lawas, serta dibagian belakang type E tidak dilengkapi dengan spoiler. Sedangkan untuk velg, Avanza type E hanya dibekali velg standard 14.

perbedaan avanza seri E,G,S,Dan Veloz

Avanza type G

Untuk avanza seri G 1.3 sudah ditambahkan head unit atau perangkat pemutar audio. Pada kaki-kaki, seri G 1.3 dibekali dengan velg alloy 14 inch, dan ditambahkan lis chrome pada lampu kabut. Kebalikan dari seri E 1.3, pada bagian belakang seri G 1.3 ditambahkan spoiler sehingga menampilkan kesan sporty.

Lihat Juga :  Mobil penggerak roda belakang VS Mobil penggerak roda depan

Mesin avanza seri G dan seri E

Untuk dapur pacu, kedua type avanza E dan G ini menggunakan mesin yang sama yaitu 4 silinder 16 valve DOHC VVT-i 1300 cc. VVT-i adalah teknologi injeksi bahan bakar Toyota terbaru, yang sudah digunakan pada mesin avanza sejak tahun 2007.

Khusus untuk toyota avanza type G, sejak keluaran tahun 2014 ada versi yang berbeda lagi yaitu type G 1.5 Luxury(varian mewah seri avanza) dimana yang menggunakan mesin yang lebih besar yang berkapasitas 1500 cc.

Veloz

Veloz adalah seri toyota avanza yang tertinggi dikelasnya, dan tentu saja nggak bisa dibandingkan dengan seri Edan G. Veloz memiliki perbedaan yang mencolok baik eksterior maupun interior yang lebih mewah. Kaki-kaki yang lebih besar yaitu diberikan velg alloy 15 inch, serta body yang  sedikit lebih besar dari saudaranya.

Secara mendasar, veloz hadir lebih gahar dan sporty abis dengan spoiler, bumper depan belakang, fog lamp, headlamp dan grill yang didesain berbeda. Dari isis interior, velos hampir sama dengan saudaranya new avanza, hanya saja desain interior yang serba black dan kemudinya yang dilapisi dengan kulit berkualitas. Sementara dari sisi mesin velos tersedia 2 pilihan, yaitu mesin 1.3Ldan 1.5L. Walapun masih sama dengan avanza seangkatannya, yaitu menggunakan mesin DOHC 16 valve dengan dual VVT-i, namun mesin veloz di katakan memiliki performa  yang lebih gahar namun lebih irit berkat sematan EFI sejak new veloz.

Baca juga : Pilih Mana?, Toyota Avanza atau Nissan Grand Livina

Bagaimana dengan avanza seri S?

Kalau nggak salah New Avanza S (1.5 S VVT-i) diluncurkan akhir 2006, yang merupakan seri avanza yang paling lengkap pada tahun itu, yaitu yang mendukung mesin berkapasitas 1.500 cc VVT-i, sensor parkir belakang, sistem rem ABS, serta pelek alloy 15 inch. Namun seri S ini sudah tidak diproduksi lagi seiring ditandai dengan munculnya varian All new avanza pada tahun 2011, dan mungkin Veloz adalah gantinya.

Lihat Juga :  Apa perbedaan, kunggulan dan kekurangan antara Mesin DOHC dan SOHC

Transmisi

Semua seri tersedia pilihan untuk transmisi Manual (M/T) , atau transmisi otomatis (A/T).

Keamanan

Sistem pengereman ABS untuk keluaran tahun 2015 keatas, dan sudah dibekali airbag. Sementara veloz secara khusus dilengkapi dual airbag, yaitu untuk satu untuk penumpang di samping pengemudi dan pengemudi.

Beli yang mana?

Kalau disuruh memilih, ya tentu saja orang akan lebih memilih veloz lah, dimana secara keseluruhan tampil lebih mulai dari eksterior dan interior daripada para saudara kandungnya avanza seri G dan E. Velos adalah varian tersendiri, nggak sejajar dengan seri G dan E. Namun jika Anda lebih menggemari mesin yang lebih bertenaga dari seri Avanza, mungkin seri G luxury adalah pihan Anda dimana yang dibekali dengan mesin berkapasitas 1500cc.

Lalu kalau disuruh memilih antara seri G dan seri E, tentunya pasti G lah – secara sudah dilengkapi head unit, velg alloy, dan spoiler. Tidak ada kesimpulan lain selain budget yang menentukan pilihan, karena sesuai hukum dagang dimana ada harga ada barang.

Jika ingin membeli mobkas avanza keluaran sebelum 2011, type new avanza S bisa menjadi pertimbangan tersendiri karena mendukung fitur lebih terdepan daripada type G dan seri E termasuk mesin yang lebih besar yaitu 1500 cc serta tambahan sensor parkir belakang.

Namun secara keseluruhan, semua seri avanza dan veloz adalah jenis mobil idaman bagi Anda yang menyukai kendaraan keluarga yang irit, bandel,  terjangkau, dan tidak merepotkan dalam perawatannya.

Note: Data diolah dari banyak sumber, tidak menjamin keakuratannya. Hanya sebagai gambaran paling mendasar saja.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *