Penyebab dan cara mengatasi hp Android Ngelag dan Lemot

Mengatasi Android ngelagNgelag, lemot , atau kurang resposif adalah masalah yang paling umum kita temui pada gadget dan komputer. Jadi semua sistem komputasi, baik pada hp android atau hp dengan operating system lain adalah sama saja. Semuanya dapat mengalami lag atau lemot saat dioperasikan.
Penyebab utama gedget lemot ini apa sih?,,,, Ya, sebelum kita mengetahui cara untuk mengatasi hp lemot atau ngelag, sebaiknya kita ketahui dulu prinsip dasarnya.
Sebenarnya sama dengan kitanya, kalau otak kita sedang banyak fikiran, kita juga akan semakin lama ngasih respon jika ditanya. Mungkin begitu juga halnya dengan hanphone atau gedget dan komputer. Pada Komputer atau gadget, untuk mengolah data sehingga dapat memenuhi keperluan kita juga menggunakan otak. Otak pada gadget adalah prosesor, yang dibantu oleh RAM. Jika otak gadget kwalahan, akibatnya juga sama yaitu lemot. Kalau manusia butuh ingatan, pada gadget butuh memori. Jika ingatan terlalu penuh, maka proses untuk mengambil ingatan yang tersimpan juga semakin lama. Untuk mengatasi hal itu, kemampuan berfikir atau prosesing pada prosesor dan kapasitas memori juga harus lebih besar. Karena itu, semakin tinggi spesifikasi prosesor dan kapasitas RAM maka akan semakin cepat dalam melakukan proses. Baca juga: Cara memilih tablet Android .

Advertisement

Lalu Apa saja hal yang membuat hp android menjadi ngelag atau lemot.

 

Lihat Juga :  Pentingnya proses shutdown saat mematikan komputer

Memori RAM penuh

Semakin lama hp android kamu dioperasikan untuk berbagai keperluan menjalankan aplikasi, maka akan semakin menumpuk chace yang tersimpan pada memori ini. Jalan terbaik untuk mengatasinya adalah melakukan restart gadget. Namun jika kamu tak ingin melakukan restart, kamu bisa menginstal aplikasi menghapus chace seperti misalnya aplikasi history eraser.

Menjalankan banyak aplikasi

Selain lebih cepat memenuhi memori , membuka banyak aplikasi sekaligus juga memberatkan CPU. Kecuali kalau spesifikasi CPU dan kapasitas RAM android kamu cukup besar, mungkin tak terlalu bermasalah. Namun bagaimana jika CPU dan RAM terbatas?,,, tentunya melakukan multitasking bukanlah tindakan yang bijaksana. untuk itu, tutup aplikasi yang tidak terlalu digunakan, pakailah hanya 1 saja.

Memori penyimpanan

Coba, berapa banyak kapasitas memori penyimpanan yang dipergunakan pada hp android kamu. Jika Kamu menginstal aplikasi, sebaiknya mempergunakan memori eksternal. pergunakan memori internal hanya untuk aplikasi penting atau default saja. Yang penting, baik memori internal maupun eksternal, jangan sampai terisi hingga 80%. Pergunakan memori secara ideal tak lebih dari 66%, sehingga gadget android kamu tetap ringan.

Mempergunakan wallpaper animasi dan Tema

Tema juga bisa semakin memperberat RAM, untuk itu pilih tema dan wallpaper yang sederhana saja. Widget-widget atau launcher juga bisa memicu keleletan android kamu. Kalau memang ingin terlihat lebih gaya, boleh saja menggunakan wallpaper animasi,widget,launcher android  atau tema yang rumit asalkan spesifikasi hp android kamu mendukung (high end).

Lihat Juga :  Antena penguat signal modem

Aplikasi utility

Untuk mengoptimasi atau memaksimalkan penggunaan gadget, agar lebih mudah kamu bisa memanfaatkan aplikasi utility. Aplikasi-aplikasi utility tersebut misalnya advance task manager,RAM boster atau rakun optimizer.

Jadi, kenapa hp menjadi ngelag hanyalah masalah ketidak seimbangan penggunaannya saja.  Kalau memang spesifikasi hp terbatas, sebaiknya tidak usah terlalu dipaksakan. Dan yang terpenting, dapatkan gadget android kamu sesuai kebutuhan. Misalnya hp untuk para gamer, sebaiknya menggunakan ponsel yang khusus diciptakan untuk bermain game. Karena bermain game sekarang ini juga memerlukan hp dengan GPU dan CPU yang relatif tinggi.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

One thought on “Penyebab dan cara mengatasi hp Android Ngelag dan Lemot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *