Penyebab ban sepeda motor cepat aus dan rusak

Ban adalah peranti penting kendaraan bermotor, termasuk salah satu faktor dalam menentukan keselamatan berkendara.Oleh karena itu ban juga sangat penting untuk diperhatikan kelayakannya.Jika ban sudah aus sebaiknya segera untuk diganti dengan ban yang baru dan berstandard SNI.
Adakalanya ban yang kita pakai lebih cepat aus, ketahui penyebabnya karena ban tergolong mahal harganya.Perlu diketahui, rata rata usia pemakaian dan keausan yang normal adalah pemakaian ban 1,5 – 2 tahun

Advertisement

Ada banyak faktor penyebab ban sepeda motor lebih cepat aus atau rusak.

Berikut beberapa contoh kerusakan/keausan pada ban motor, dan hal utama yang menjadi penyebabnya.

Ban kurang angin

Ban kurang angin bisa semakin mempercepat umur ban, terutama jika dipakai untuk beban berat.Ban yang kurang angin akan lebih mudah terkena paku, atau cepat rusak bahkan sobek jika menabrak lubang atau menabrak batu dijalan.

Ban aus sebelah

Shock breaker yang tidak seimbang tekanannya, velg yang tidak balance, rangka yang tidak center adalah penyebab ban aus sebelah.Jika yang aus adalah roda belakang, bisa jadi swing armnya yang bermasalah.Ban yang aus sebelah ini adalah masalah yang sering ditemui.Segera perbaiki karena selain ban cepat aus , motor pun tidak akan enak dikendarai bahkan bisa membahayakan.

Ban benjol

Ban yang benjol diakibatkan oleh konstruksi benang penahannya sudah putus, bisa karena menabrak benda keras.Shocbreaker yang mati juga dapat menyebabkan benang penahan kontruksi putus, karena beban yang tertumpu pada ban tidak diredam oleh shocbreaker.

Lihat Juga :  10 Tips Merawat Mesin Mobil sebelum perjalanan jauh

Ban sering berjemur

Ban yang sering dipanaskan akan menyebabkan cepat keras dan getas, terbentur sedikit saja ban akan mudah retak. Jangan sering parkir sepeda ditempat yang tidak ada pelindung dari panas matahari.

Terkena minyak

Usahakan ban tidak terkena minyak apapun, Minyak atau zat lain seperti olie dan bensin bisa membuat ban lebih lembek dari biasanya sehingga lebih cepat aus.Jadi jika mencuci motor harus sekalian ban disikat yang bersih ya?,,,,

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *