Penting sebelum menjual komputer Anda

Seperti kita ketahui bahwa komputer memiliki memori yang dapat menyimpan data-data digital Anda.Komputer bisa jadi menjadi tempat praktis untuk menyimpan data-data penting pribadi, sehingga tidak jarang banyak yang suka menyimpan data seperti no rekening bahkan password.Menyimpan data data penting seperti password pada penyimpanan komputer tidak direkomendasikan, karena rentan dicuri orang pada saat komputer diperbaiki atau hal lain seperti komputer dijual.

Advertisement

Nah agar anda tidak beresiko data penting anda pada komputer hilang atau jatuh ketangan orang lain, berikut tips sebelum menjual komputer Anda:

1.Membackup data

Ini adalah hal wajib, dan saya yakin kebanyakan orang akan melakukannya jika itu dirasa perlu.Bakup data bisa dilakukan dengan cara mengcopy semua data kedalam hardisk eksternal.Jika Tidak memiliki hardisk eksternal, bisa juga menyimpan data pada layanan penyimpanan seperti virtual dropbox.

2.Hapus semua software

Jika Anda memiliki software yang berbayar, sebaiknya dihapus saja.Hal ini untuk menghindari lisensi software yang anda miliki dipergunakan oleh orang lain.


3.Bersihkan hardisk

Didalam penyimpanan hardisk anda bisa saja tanpa sengaja anda menyimpan sesuatu yang pribadi atau data penting.Hapus semua folder dan file yang ada pada hardrive secara manual.Cara yang paling baik adalah menggunakan bantuan software untuk mereset hardrive komputer Anda.Karena jika menggunakan cara manual, data yang sudah dihapus bisa dihadirkan kembali.

4.Install ulang

Agar komputer anda benar-benar bersih, sebaiknya lakukan instal ulang sebelum dijual.Komputer yang baru diinstall ulang dan semua software sudah dibersihkan juga akan membuat kinerja komputer kembali ringan seperti awal.Jadi selain menjadi lebih aman, orang yang akan membelinya pun akan terkesan, sehingga bisa terbeli dengan harga yang pantas.

Lihat Juga :  TIPS MEMBELI SEPEDA MOTOR BEKAS

5.Bersihkan Komputer

Agar orang yang akan membelinya berminat dengan harga yang pantas, sebaiknya komputer juga harus dibersihkan dari segala kotoran dan debu.Seperti membersihkan LCD, membersihkan kibord dan membersihkan body.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *