Memahami Sistem Mesin Motor Bakar Pembakaran Dalam

Motor Bakar Pembakaran dalamMotor Bakar adalah alat(mesin) yang menghasilkan tenaga dari suatu proses pembakaran bahan bakar. Sementara itu Motor Pembakaran Dalam (Internal Combustion Engine) adalah motor atau mesin, yang dimana proses pembakaran bahan bakar terjadi diruang tertutup yang disebut dengan ruang bakar. Reaksi eksotermis dari bahan bakar dan oksidatior akan menciptakan gas dengan suhu dan tekanan yang tinggi, yang kemudian akan dibakar supaya bisa melepaskan energi yang besar untuk menggerakkan rotor/poros mesin.

Advertisement

Mengenal mesin Motor Pembakaran Dalam

Jenis mesin motor pembakaran dalam yang paling banyak digunakan dalam memudahkan pekerjaan sehari-hari adalah motor bensin. Motor bensin ini menggunakan bahan bakar bensin, yang secara umum banyak diaplikasikan untuk mesin mobil-mobil transportasi, mobil angkutan, dan mesin sepeda motor. Motor bensin ada 2 jenis menurut cara kerjanya, yaitu jenis motor bensin 2 langkah(diciptakan pertama kali). Dan jenis yang kedua adalah mesin bensin 4 tak, dikenal paling efektif dan irit bahan bakar.

Selain motor bensin, ada juga motor diesel – menggunakan bahan bakar solar, secara umum banyak diaplikasikan untuk kendaraan-kendaraan /alat berat seperti mesin industri, mobil keruk, tank, truk besar, kapal laut, pembangkit listrik tenaga disel, dll. Motor disesel juga banyak digunakan untuk mobil kecil dan mobil niaga – namun dengan teknologi terbaru, sehingga efek getaran tinggi dan suaranya yang kasar bisa diatasi.

Lihat Juga :  Perbedaan Antara Toyota Avanza Seri E, G, S, dan Veloz

 Jenis Motor pembakaran dalam lebih luas

Mesin pesawat seperti pesawat jet, helikopter atau roket yang menggunakan mesin turbin gas juga bisa dimasukkan kedalam golongan mesin pembakaran dalam. Mesin turbin jet ini membakar bahan bakar secara terus menerus, sehingga menghasilkan semburan gas panas yang kuat, konsumsi bahan bakar yang tinggi,  serta putaran yang sangat tinggi sehingga tidak cocok digunakan untuk transportasi darat khususnya mobil.

Baca juga :

Kalau ada Motor Bakar Dalam, berarti ada juga dong yang namanya motor bakar luar?…

Istilah External Combustion Engine atau motor pembakaran luar, sudah diaplikasikan untuk menggerakkan alat transportasi berbasis teknologi sebelum ditemukan teknologi motor bakar dalam. Alat transportasi canggih pertama kali yang menggunakan mesin tersebut adalah kereta api uap dan kapal uap. Ya, mesin Uap adalah jenis mesin motor bakar luar, yang bekerja dengan memanaskan fluida (biasanya air) ditempat terpisah untuk menghasilkan uap bertekanan tinggi untuk menekan piston dan menggerakkan rotor.

Kekurangan mesin pembakaran dalam

Diatu sisi, mesin pembakaran dalam adalah jenis mesin yang paling efisien, ringkas dan bertenaga, namun tetap saja memiliki kelemahan. Kelemahan utama dari motor bakar dalam adalah suaranya yang bising, dan polusi udara dari gas buang yang dihasilkan. Maslaah polusi ini dianggap sebagai masalah global yang serius, sehingga banyak negara didunia menerapkan kebijakan emisi rendah dari gas buang untuk mesin kendaraan. Karena kekurangan ini juga, banyak produsen mobil yang mencoba untuk menciptakan suatu kendaran hybrid yang ramah lingkungan – yang menggunakan motor listrik atau bahan bakar bio atau setidaknya menciptakan mesin yang paling rendah emisi dengan cara memaksimalkan efisiensi penggunaan bahan bakar.

Lihat Juga :  Tips Mengendarai Motor Matic

Awal terciptanya mesin pembakaran dalam

Mesin pembakaran (motor bensin dan disesel khususnya) seperti yang banyak kita kenal digunakan untuk mobil dan motor ini tidak serta merta ditemukan dan tercipta begitu saja oleh seseorang, namun memiliki sejarah panjang yang saling diilhami oleh penemu-penemu sebelumnya. Sejak Leonardo Davinci tahun 1509 yang menggambarkan mesin kompresi hingga pada tahun 1893 dimana Rudolf Diesel(penemu mesin diesel) menerima paten mesin diesel dan kemudian tahun 1900 ia memperkenalkan Mesin berbahan bakar biodiesel dari kacang pada pameran dunia. Dan pada tahun yang sama, Wilhelm Maybach merancang mesin untuk Daimler Motor yang diperlukan untuk mesin mobil pertama yang bernama Daimler-Mercedes.

Demikian artikel ringkas tentang motor bakar dalam. Baca juga artikel terkait lainnya yang sangat berhubungan dengan mesin berikut :

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *