Menghasilkan uang dari blog

Mendapat uang dari blog atau istilah kerennya Monetize blog adalah idaman banyak orang baik bloger ataupun lainnya.Memiliki blog yang bisa menghasilkan uang?…..pasive income,,kedengarannya merdu sekali.Itu memang tidak berlebihan karena sudah buanyak blogger yang sudah berhasil mengenyam manisnya pasive income.Walaupun kita Tidur,bermain atau melakukan pekerjaan yang lain,tetapi uang terus mengalir kedalam rekening setap waktu.
Sebuah mimipi yang indah dan bisa menjadi kenyataan untuk siapapun termasuk Kamu,dan tidak mengenal batasan usia maupun gender.
Kerja santai sekaligus minimalis resiko namun berpotensi mendapat penghasilan tak terbatas.Tidak diperintah perintah,tidak ada deadline,tidak ada ancaman,tidak ada jam kerja dan lain sebagainya….
Wah,ngomongnya nglantur nih……….tapi begitulah kenyataanya…..
Lalu bagaimana caranya agar blog bisa menghasilkan uang?….
Untuk memonitize sebuah blog ada banyak caranya,Cara yang paling simpel dan banyak diminati bloger adalah mengikuti program PPC.
PPC adalah pay perclick,dibayar untuk tiap klik iklan diblog Kamu.
Contohnya: Kamu bisa mengikuti program dari  adsense google, penyelenggara lokal Indonesia pun juga banyak.

Advertisement

PTR atau Pay To Review,Kamu mereview sebuah produk dan kamu dibayar untuk review yang dilakukan.
Untuk porgram program seperti itu,maka blog kamu akan masuk kategori sebagai PUBLISHER BLOG.
Itul adalah beberapa cara umum bagaimana menghasilkan uang dari blog dan masih banyak cara yang lain.

Apakah semudah itu lalu kita mendapat uang?..

Untuk bisa menghasilkan uang dari blog,Tentu saja kita harus memiliki beberapa blog yang sudah memiliki nilai jual.
Blog yang gimana sih yang memiliki nilai jual?…
Membuat blog yang memuat kontent original dan sangat bermanfaat adalah kunci utama agar blog memiliki nilai jual.Dengan membangun blog yang memuat kontent original dan bermanfaat ,yang lainnya pasti akan mengikuti dengan sendirinya.Seperti: Trafik,Page rank dll.

Untuk memiliki blog yang memiliki nilai jual ini sebenarnya cukup sederhana,hanya dibutuhkan passion sebagai bloger yang kuat.
Tidak sedikit blogger yang bertujuan monetize blog,namun pada akhirnya mereka menyerah.Diperlukan kesabaran tingkat tinggi,karena menurut saya membuat banyak postingan orisinil itu cukup menguras pemikiran.Perbanyaklah wawasan dan pengetahuan dengan cara banyak membaca.Ketahui passion kamu,disuitulah nanti kamu akan bisa dengan mudah dalam membuat artikel.

Lihat Juga :  Linkwithin hanya tampil dihalaman postingan

Bagaimana cara awal untuk membangun blog yang memiliki nilai jual?…..
Jika dari awal blog memang ditujukan untuk monetisasi,alangkah baiknya dari awal sudah dipersiapkan.Persiapkan sebuah domain tingkat atas atau disebut dengan domain name TLD.Domain TLD adalah domain yang kamu daftarkan atas nama kamu sendiri.Ada banyak ekstensi domain TLD,misalnya net,org,com,biz dll.Sebagai contoh domain dot com adalah seperti yang saya pergunakan untuk blog ini yaitu www.spiderbeat.com.
Baca:Apa yang dimaksud dengan Domain dan Hosting

Banyak pilihan dari extensi bisa kamu pergunakan,seperti misalnya menggunakan ekstensi dot com (.com=commercial).kamu juga bisa menggunakan ekstensi nama domain TLD lainnya,misalnya dot org (org=organization).
Extensi Ini tidak terlalu harus yang ini ataupun yang itu,namun alangkah baiknya jika Kamu menggunakan dot com,karena blog adalah blog komersial yang kamu kelola sendiri.Tidak ada aturan khusus sih sebenarnya,dot com sepertinya memang lebih pas untuk blog bisnis pribadi.

Apakah saya pasti berhasil untuk memonetize blog saya?..

Tips: Jika Kamu baru saja melangkah,jangan memikirkan Monetizenya lebih dulu,kebanyakan bloger gagal karena terlalu memikirkan hasilnya saat blog belum setengah jalan.

Fokus lah pada blog kamu,fokus lah pada artikel dan yang lain pasti akan mengikuti dengan sendirinya.

Sediakan modal awal hanya beberapa ribu rupiah untuk membeli domain .com ,pergunakan  platform blog/penyedia layanan blog dari blogger.
Dengan menggunakan fasilitas dari blogger,kamu tidak perlu untuk memikirkan hosting dan beragam permasalahannya.Sehingga kamu nantinya bisa terfokus hanya kepada konten artikel blog kamu.Baca: Cara membuat blog dibogspot

Blogspot sangat cocok untuk pemula (seperti saya) karena tak perlu pusing lagi untuk memikirkan biaya/modal tambahan.

Yang paling penting dilakukan pada masa awal menerjuni bisnis ini adalah,pikirkanlah untuk membuat konten/artikel blog yang UNIK.Selalu mendapat ide untuk mengupdate artikel secara teratur dan berlanjut.Cukup 1 artikel perhari sudah bagus,daripada 5 artikel sehari tapi liburnya satu minggu.

Selalu belajar dan berusaha untuk meningkatkan performa blog Kamu,istilahnya SEO atau search Engine Optimization.Ingat,pergunakanlah selalu teknik SEO yang tidak melanggar aturan.Selalu akrab dengan webmaster tools agar blog kamu berkembang setiap hari di SERP.

Lihat Juga :  Menciptakan style berbeda untuk tiap halaman blogspot

Gampangnya kata,jangan memikirkan uang duluan,tetapi pikirkanlah dulu bagaimana caranya blog kamu untuk bisa populer dengan kontent terbaik karya sendiri.Jika kamu hanya berfikiran uang melulu sementara blog baru jalan,dijamin deh kamu bakalan cepat bosan dan akan segera menyerah.
baru kemudian jika tiba saatnya blog kamu sudah populer,banyak pengunjung,percayalah secara uang laksana akan datang sendiri,,,,

Bagaimana cara membikin blog yang UNIK?..
Cari saja kemampuan yang ada pada diri Kamu,misalnya Kamu seorang ahli desain bangunan bisa menulis blog niche yang membahas Tutorial desain bangunan.
Apa yang kamu mampu,itulah yang Kamu tulis maka blog Kamu disebut sebagai blog yang UNIK.
Atau apapun yang mampu kamu tulis dan mampu mendorong orang untuk mencari dan membacanya,maka tulislah…

Saya tidak bisa menulis…
Tidak bisa menulis adalah hal yang wajar jika belum terbiasa,nanti akan terbiasa juga jika kamu setiap hari selalu menuangkan ide diatas screen blog kamu.
Seorang presiden belum terbayang akan mampu memimpin negara selagi dia masih duduk di SMA.Kamupun mungkin berfikiran seperti itu,tidak pernah bermimpi jika suatu saat nanti memiliki blog berpenghasilan ratusan dollar/hari.Hal itu mungkin saja bisa terjadi, asal tekad dan komitmen yang tak kenal menyerah demi 1 tujuan.Dan semuanya diawali dengan kemauan belajar dan bekerja keras.
Jangan takut tulisan jelek dan diejek orang,karena itu hanya perasaan kamu saja dan justru akan melemahkan semangat Kamu.Yang penting keep Posting dan promosi,dan tunggu pasive income suatu saat nanti…….

Kesimpulannya,hanya hasil dari kerja keras yang dibayar…seperti halnya menghasilkan uang dari blog,sama kayak pekerjaan offline yang lainnya.

Jika ada yang menawarkan bisnis online cepat,modal 100 ribu hasil ratusan juta perhari tanpa ada pangkal yang bisa dinalar,maka berhati hati saja…

Begitulah ulasan kali ini dan….
Tetap semangat…..

Advertisement

One thought on “Menghasilkan uang dari blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *