Memilih warna yang cocok untuk web/blog

elemenKadangkala dalam mendesain sebuah template blog/situs, seseorang termasuk saya tidak terlalu memperhatikan tentang warna yang digunakan. Asal menurut kita sendiri bagus, yaudah itulah yang kita pakai.
Eit,, jangan egois begitu jika weblog kita ditujukan untuk dikunjungi  dibaca orang banyak. Pikirkanlah bagaimana agar pengunjung bisa kerasan dan nyaman saat menjelajahi weblog kita demi pageviews untuk SEO. Maka pilihlah takaran yang cocok baik untuk blog atau web. Bukankah visitor web/blog Anda adalah prioritas utamanya???…..

Advertisement

 

Pemilihan warna yang baik untuk desain blog atau website

Pemilihan Warna desain situs merupakan hal yang tidak kalah pentingnya karena akan menentukan respon dari pengunjung situs. Karena Warna adalah yang pertama kali dilihat oleh pengunjung terutama warna background, sementara content yang lain seperti text dan image masih dalam proses loading. Hal ini bukan hal yang sepele, karena akan menimbulkan kesan atau sebuah mood dari situs tersebut.

Sesuaikan dengan tujuan blog/web

Untuk mendapatkan warna design yang efektif, mulailah dengan memilih warna yang bisa merepresentasikan sebuah tujuan dan gagasan dari situs Anda. Susunan warna yang anda buat sebaiknya bisa cocok atau sesuai dengan tujuan dari situs Anda.

Jika misalnya situs yang Anda buat adalah situs komunitas, maka lebih kuat moodnya dengan warna warna yang hangat. Hal ini untuk membuat suasana bisa terlihat lebih santai.

Lihat Juga :  Cara agar template blog menjadi SEO friendly

Jika situs Anda adalah  sebuah situs Informasi,lebih tepat disebut blog, dimana artikel/tulisan anda yang akan mendominasi, maka sebaiknya warna yang disusun simple dan tidak mengganggu konten.

Kurangi penggunaan background gambar yang berat dan/atau warna mencolok

Misalnya tidak menggunakan background gambar secara penuh dengan warna yang mencolok, hal ini akan membuat tulisan menjadi kurang nyaman jika dibaca. Selain itu, backgound gambar yang besar bisa membuat muat halaman menjadi berat,sehingga pengunjung akan malas menemukan artikel kita yang lain.

Sebaiknya warna tulisan dan warna background dibuat dengan paduan yang serasi sehingga akan menampilkan typografi yang baik dan menjadi enak untuk dibaca.

Untuk situs informasi (blog) sepertinya lebih enak dengan background content warna putih dan garis tepi yang agak memudar dan dengan texbody/tulisan yang berwarna hitam. Sementara background body bisa menggunakan warna yang lembut misalnya seperti warna abu-abu. Satu lagi agar muat halaman lebih ringan, yaitu kurangilah penggunaan background image.

Bagaimanakah dengan blog ini?….apakah sudah serasi penggunaan warnanya?…. apakah anda merasa nyaman membacanya?,,,,,Terakhir, apakah muat halaman blog ini berat?….. Yaaa,,, harapan saya semoga sesuai dengan yang diharapkan pembaca dan anda.

Demikian tips sederhana, namun apabila diterapkan dengan baik, maka saya kira bisa menambah berbagai manfaat yang baik termasuk terhadap SEO.

Advertisement

3 thoughts on “Memilih warna yang cocok untuk web/blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *