Perlunya Memanaskan mesin sepeda motor sebelum dipakai

Mungkin anda masih ingat saat disekolah dulu,dimana guru olahraga selalu menekankan pemanasan sebelum melakukan olahraga yang sebenernya.Pemanasan bisa dilakukan dengan lari lari kecil,senam atau jalan ditempat.Bukan tanpa alasan,karena olahraga berat tanpa pemanasan bisa berakibat fatal.Otot,pembuluh darah dan jantung masih belum lemas,jika dipaksa secara spontan bekerja berat tentu akan terkejut.Akibat yang paling ringan adalah otot bisa mengalami kejang kejang,salah urat dan kram.

Advertisement

Itu kalau tubuh manusia,lalu bagaimana dengan mesin sepeda motor?,,,Jika dilihat dari sistem kerjanya,itu tidak beda jauh seperti pada cerita diatas.Jadi akibat mesin yang dipakai beban berat sebelum dipanasin juga bisa tidak baik bagi mesin.

Anda mungkin sudah mengalami kesulitan menghidupkan mesin motor saat dipagi hari.Itu artinya mesin belum memenuhi standar suhu minimum agar bensin dan udara bisa tercampur dengan sempurna.
Agar mesin bisa berputar idel dengan langsam, mesin harus sudah memenuhi temperatur suhu minimum.Suhu ideal minimum yang disarankan adalah sekitar 70 – 80 derajat celcius.Untuk itulah mesin perlu dipanasin sebelum sepeda motor di pakai.

Sebelum mesin mencapai suhu minimum,tidak boleh digeber geber atau sepeda dibuat berjalan.

Kenapa demikian?,,,,Sebelum mencapai suhu tersebut keadaan olie masih dingin, sehingga olie belum bisa bersirkulasi dengan baik kepada seluruh bagian mesin yang berputar.

Cara pemanasan mesin sepeda motor

Hidupkan mesin,kalau agak sulit bisa menggunakan cuk supaya lebih mudah hidup.Menghidupkan mesin yang agak sulit dipagi hari setelah motor tidur adalah lumrah.Penyebabnya adalah belum tercampurnya bahan bakar dan udara dengan sempurna.Satu lagi,untuk menghidupkan motor habis tidur gunakan starter manual(kick starter),agar lebih mudah karena tekanan kompresi yang lebih besar.Selain itu,hal ini bisa  untuk menghemat aki dan motor starter.

Lihat Juga :  Perlukah memanasi mesin mobil setiap hari sebelum di pakai?

Jika sudah hidup , biarkan motor berputar idel hingga terdengar langsam.Gunakan waktu pemanasan sekitar 1 sampa 2 menit sampai memenuhi temperatur mesin minimum (70-80 derajat celcius).Sebelum itu jangan coba coba terlalu menggeber mesin,karena bisa mengakibatkan onderdil mesin cepat aus.
Perlu diingat jangan terlalu lama juga,misalnya diatas 2 menit apalagi diatas 5 menit.Terutama untuk mesin berpendingin udara, karena pendinginan pada mesin mengandalkan udara saat motor berjalan.

Mesin motor yang telah dipanasin lebih mudah distart,bukaan gas terasa lebih ringan.Itu tandanya sirkulasi pelumas dan pencampuran bensin dan udara sudah berjalan dengan baik dan lancar.Sekarang sepeda sudah boleh anda geber atau dijalankan.
Jika anda selalu rutin dan sabar memanaskan mesin sebelum sepeda motor dipakai,saya yakin mesin motor anda akan lebih lama lagi untuk mengunjungi bengkel.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *