Komputer tidak bisa booting

Permasalahan yang sering terjadi pada PC salah satunya adalah komputer tidak bisa booting atau tidak menampilkan bios padahal semua kipas dan lampu nyala.Hal ini bisa terjadi karena bermacam macam sebab,namun disini dibedakan antara kondisi dan tampilan keseluruhan mulai dari PCnya sampai dengan keadaan dan tampilan monitornya.

Advertisement

Dalam mencari inti dari permasalahan (trouble shooting),silahkan dicoba kedua analisa berikut sesuai dengan keadaan atau masalah yang sedang terjadi:

1.PC hidup dan lampu mobo hidup tapi Monitor tidak menampilkan apa apa(bios tidak muncul).
a.Jika terdengar bunyi “beep” berulang kali bisa jadi terdapat masalah pada VGa dan Memory RAM.

Copot semua memory (jika lebih dari satu)dan bersihkan kaki slotnya kemudian pasangkan kembali dengan benar. Copot VGA dan bersihkan semua pin/kaki slot kemudian pasangkan kembali dengan benar.

Coba hidupin lagi,jika masih tetap nggak mau booting,lihat memorynya.Jika memory RAM terdapat lebih dari 1 slot,lepaskan semua dan dicoba cobain satu persatu.Jika semua memory tidak bisa membuat komputer normal kembali,coba cari pinjaman memory yang kompatibel.

Jika usaha diatas sia sia,kemungkinan besar permasalahan ada pada VGA.Coba cari pinjeman kalau ada.

Saran saya jika kamu tak ingin merugi karena resiko salah alamat dalam mendeteksi kerusakan, enaknya dibawa ke service center saja.

Komputer tidak bisa booting
IMG source:www.flickr.com

b.Terdengar suara “beep” hanya sekali saja,selanjutnya tidak terdengar suara apa apa lagi selain suara kipas.

Lihat Juga :  Antivirus komputer terbaik

Coba lepaskan kabel merah kuning hitam (tegangan) yang menuju hardisk,jika bios tidak muncul permasalahan bisa terjadi pada power suply.Periksa apakah semua suplay arus sudah sesuai dengan kebutuhan.Untuk memeriksa tegangan power supply harus dengan alat khusus atau bisa juga menggunakan avometer.

Bisa jadi hanya dudukan memory dan VGA tidak pas atau terhalang oleh kotoran sehingga tidak konek.Coba bersihkan semua slot kaki kaki memory dan VGA, kemudian pasang kembali.

Periksa kabel kabel IDE dan tegangan yang yang menuju hardisk,atau coba tukar kabel tegangan hardisk dengan kabel yang menuju cdroom.Barangkali saja ada soketan kabel tegangan hardisk yang nggak bisa nyambung/rusak.

Jika ke 3 cara pada poin diatas sudah dilakukan tetapi permasalahan belum selesai,kemungkinan besar motherboardnya ada masalah.Karena kemungkinan kerusakan pada mother board itu juga cukup tinggi.

2.Bios tampil dimonitor ,namun nggak bisa booting.
Biasanya ini terdapat permasalahan karena hardisk tidak terdeteksi oleh BIOS,Jika tidak terbaca akan ada pesan “disk boot failure”.. Jika hardisk tidak terdeteksi di BIOs lakukan pencarian sumber masalahnya sbb:

Periksa kabel kabel baik IDE atau SATA sampai hardisk terbaca di BIOS .Cek apakah ada tanda tanda hardisk hidup,ini ditandai dengan adanya getaran halus pada permukaan hardisk jika dipegang.

Jika hardisk sama sekali nggak bergetar,periksa sekali lagi kabel suplai setrum ,cari barangkali conektor nggak berfungsi.

Lihat Juga :  Cara Backup dan mengembalikan data bookmark, ekstensi dan password tersimpan Mozilla Firefox

Jika diatas dipastikan hardisk tidak ada masalah,kemungkinan OS windowsnya terdapat banyak file korup,atau terinveksi oleh virus.Berarti PC harus diinstal lagi windowsnya,jika belum pernah menginstall sendiri,silahkan browsing di blog lain ya?..atau bawa ke UGD tukang servis terdekat dikota kamu.

Jika upaya diatas tidak berhasil,kayaknya kamu perlu membawa PCnya kepada tukang profesional .Tips diatas hanya untuk pertolongan pertama saja,siapa tahu bisa beres tanpa mengunjungi tukang. Semoga membantu!!!!

Advertisement

Related Post

Kesamaan dan perbedaan antara internet dan intrane... Banyak sekali istilah-istilah dalam dunia komputer yang perlu untuk kita ketahui. Ada banyak istilah yang secara kosakata, terlihat hampir-hampir miri...
Kenapa komputer sering restart sendiri Sebagai seorang yang selalu akrab dengan komputer,paling tidak mengetahui sedikit permasalahan pada komputer.Penting sekali agar jika ada permasalahan...
Antivirus komputer terbaik Antivirus adalah program wajib yang harus ada pada setiap perangkat komputer.Berbagai jenis ancaman malmware dan virus bisa berasal darimana saja.Sehi...
Komputer Muncul pesan Virtual Memory Low Pesan yang muncul saat kita sedang asik asiknya beraktifitas dengan komputer ini disebabkan oleh RAM yang sudah penuh.Menjalankan banyak aplikasi seka...
Tips memilih FAN atau kipas prosesor (CPU) yang ba... Apakah prosesor komputer Anda terlalu cepat panas?. Jika demikian, maka Anda mungkin perlu untuk mendapatkan kipas CPU yang baru, karena kinerja FAN p...
CIRI CIRI MEMORY RAM RUSAK Sudah saya jelaskan apa itu yang dinamakan RAM,jenis jenis RAM serta Kegunaannya didalam komputer.Baca: Cara menambah memori RAM Sekarang akan kita ba...

3 thoughts on “Komputer tidak bisa booting

  1. Abdul Muhammad Reply

    Punyaku asus x101h gak bisa d intal linux ato win 7
    Permasalahan ada poin 2, sepertinya harddisk bisa terbaca karena tidak ada pesan "disk boot failure"
    Solusinya gimana tanpa harus d bawa k tukang???

    • MA YPI KLAMBU Reply

      ada bunyi krik-krik di hardisk gak bro? kl ada, berarti hardisk bisa jd bad sect ato rusak…kl gak ada bunyi krik2, pake solusi di atas aja, di jamin beres…kl jg lum bs jg,langkah terakhir aja. dah tw ndiri kan?

  2. Sutra Blue Reply

    Mas admin mau nanya, kalo komputer saya saat di colokkan ke Listrik lampu mobo nya nyala, tapi saat saya nyalakan kmputernya, kipas PS dan kipas prosesor nyala sebentar trus mati lagi dan PC ngga mau booting, di layar juga g keluar apa2, saya coba ulang dari langkah awal hasilnya sama, mohon bantuannya min.. Trims
    Apa ada hubung singkat ya di motherboardnya???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *