Komponen-komponen utama unit komputer

Jika kita membuka kabinet sebuah komputer, maka didalamnya kita akan melihat Processor, Fan Processor, Motherboard, RAM,Hard disk, CD atau DVD ROM, dan PSU(Power Suply). Itu semua adalah bagian perangkat keras (hardware) dari unit komputer, dan merupakan bagian terpenting , karena tanpa salah satu dari bagian tersebut, kita tidak akan mungkin untuk menjalankan sebuah komputer. Jadi, jika Anda berkeinginan untuk dapat memperbaiki sendiri komputer yang kita pakai jika suatu ketika ada masalah, maka penting untuk mengenal beberapa hardware bagian utama dari komputer tersebut.

Advertisement

Berikut beberapa bagian utama komponen/hardware komputer yang penting untuk kita ketahui

CPU/processor:

Komponen utama dalam unit komputer

Prosesor adalah bagian utama dari unit komputer. Semua orang juga mengatakan bahwa processor merupakan jantung atau otaknya komputer. Prosesor bertugas untuk mengeksekusi data atau perintah yang dijalankan oleh pengguna komputer. Prosesor akan menghasilkan panas saat komputer dijalankan, sehingga untuk mengontrol panas, prosesor juga dilengkapi dengan heatsink dan kipas.

Motherboard:

Setelah prosesor, motherboard merupakan bagian utama dari unit komputer, karena semua bagian lainnya hanya terhubung dengan motherboard. Motherboard adalah papan sirkuit utama, yang dilengkapi socket CPU, slot RAM , slot AGP, slot PCI dan port untuk menghubungkan komponen utama lainnya yang terpisah.

RAM:

RAM kependekan dari Random Access Memory, yang merupakan memori utama untuk penyimpanan sementara. Tugas RAM adalah untuk menjembatani porosesor dalam mengambil data dari hardisk sebelum diolah.

Lihat Juga :  Mengenal Flash Memori dan jenis jenisnya

Hard Disk:

Hard disk drive juga merupakan perangkat penyimpanan utama komputer selain RAM, yang bertugas untuk penyimpanan data-data. Semua OS dan aplikasi atau software komputer diinstal pada hardisk.

CD atau DVD room:

Drive ini digunakan untuk membaca dan menulis CD atau DVD. Pada saat komputer belum diinstal dengan operating system, CD/DVDROOM adalah alat yang membantu mengambil semua data OS  yang disimpan pada keping CD untuk dinstall pada hardisk.

SMPS/Power Supply:

SMPS adalah kependekan dari Switching Mode Power Supply, yang merupakan catu daya utama untuk semua bagian hardware dari sebuah unit komputer. Semua kebutuhan tegangan yang berbeda-beda dari beberapa hardware, diatur juga dalam unit Power Supply.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *