Kesamaan dan perbedaan antara internet dan intranet

Banyak sekali istilah-istilah dalam dunia komputer yang perlu untuk kita ketahui. Ada banyak istilah yang secara kosakata, terlihat hampir-hampir mirip. Jadi jangan sampai salah tulis, karena walaupun sekilas terlihat mirip, pengertianya bisa sangat berbeda. Dalam hal ini kita akan membahas tentang perbedaan istilah dalam jaringan komputer, yaitu internet dan intranet. Secara umum, orang mengenal istilah internet, adalah bisa berhubung dan berinteraksi dengan suatu www atau website melalui perangkat/komputer. Disini mari kita perdalam lebih banyak lagi pengertian tentang apa itu internet, sehingga bisa lebih mudah menjelaskan tentang arti dari intranet. Hal ini karena internet dan intranet sebenarnya memiliki beberapa fitur mendasar yang sama.

Advertisement

Istilah internet dan intranet

Internet
Internet adalah nama yang diberikan kepada jaringan global atau jaringan komputer yang bisa diakses oleh pengguna dimanapun diseluruh dunia. Dalam hal ini istilah yang paling penting untuk ketahui adalah alamat Internet Protocol, atau sering disebut dengan IP atau IP address. Alamat IP dialokasikan secara khusus kepada setiap komputer agar bisa saling mengenali diinternet. IP address adalah deretan angka yang unik, seperti misalnya adalah 25.568.11.205. Jaringan komputer dalam internet agar bisa saling berhubungan dengan dengan menggunakan standard protocol internet suite atau TCP / IP. Alamat-alamat website seperti http://www.spiderbeat.com harus diterjemahkan dulu kedalam alamat IP, sebelum bisa diakses melalui web browser komputer Kita. Apapun browser yang kita pergunakan, seperti Internet Explorer, Netscape, Google Chrome, atau Mozilla Firefox, pertama kali akan mengakses Domain Name Server (DNS) komputer untuk mengetahui dan mengembalikan alamat IP,  atau akan memberikan pesan kesalahan jika nama tersebut tidak ditemukan. Inilah alasan mengapa tampil pesan kesalahan, apabila DNS tidak menemukan alamat IP yang dimasukkan di address bar browser.

Intranet
Intranet juga mengacu pada sebuah jaringan komputer, yang biasanya digunakan dalam sebuah organisasi besar, seperti kantor, lembaga atau instansi yang memiliki banyak komputer dan printer yang harus terhubung secara bersama-sama. Jaringan komputer dan printer ini hanya memiliki koneksi dalam lingkup organisasi, atau tidak bisa terhubung dengan dunia luar. Salah satu drive yang dipilih dari salah satu Komputer akan dijadikan sebagai direktori halaman web yang akan membentuk intranet. Semua Komputer lainnya dalam jaringan ini akan mengakses intranet dengan menggunakan browser untuk mengakses direktori ini. Navigasi yang lain dilakukan dengan cara yang sama, seperti halnya seperti yang kita lakukan di internet. Sebuah jaringan Intranet ketika terhubung ke internet, maka intranet akan berada di belakang firewall. Jika organisasi menginginkan intranet memungkinkan untuk mengakses internet, maka hal ini akan disebut dengan extranet. Ini adalah firewall yang akan mengontrol akses antara intranet dan internet, dimana yang memungkinkan mengakses ke internet hanya oleh anggota tertentu atau semua anggota organisasi. Ini adalah bagaimana organisasi tertentu bar akses dari situs jaringan sosial di intranet mereka untuk beberapa anggota organisasi .

Lihat Juga :  Tips Membeli Komputer Bekas

Kesamaan dan perbedaan antara Internet dan intranet

Kesamaan

Intranet bisa dianggap lebih dari sekedar sebuah alat bisnis yang bisa membuat sebuah organisasi bisa terhubung dengan cara yang terstruktur. Namun walau bagaimanapun harus di ingat, bahwa intranet adalah merupakan bagian dari internet. Dengan demikian, intranet juga memiliki beberapa fitur yang mendasar seperti internet, seperti berikut ini :

  • Intranet juga menggunakan protokol internet termasuk TCP / IP dan FTP.
  • Meskipun akses terbatas, intranet juga bekerja menggunakan web browser. Beberapa organisasi memiliki alat/sofware web browsing yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka.
  • Sebuah Organisasi yang memiliki layanan intranet juga seringkali memiliki instant messenger sendiri atau alat komunikasi yang mirip denganYahoo Messenger atau Gtalk.
  • Fitur keamanan seperti firewall dan kebijakan enkripsi yang diterapkan juga menggunakan fitur yang sama, atau serupa seperti yang dimiliki oleh internet. Sejumlah organisasi memiliki teknik enkripsi yang berbeda, sehingga setiap pengguna yang tidak diinginkan tidak mungkin bisa masuk.

Perbedaan

  • Internet adalah sistem konektivitas jaringan yang ditujukan untuk semua orang. Jadi siapa pun bisa mengakses sebuah halaman situs web online dari mana saja di seluruh dunia. Didalam internet, siapa saja boleh melihat setiap halaman web yang ada, kecuali halaman web tertentu yang memang dibatasi untuk pengguna tertentu yang dipilih secara online melalui User ID dan Password. Sementara Intranet adalah Sistem konektivitas jaringan dalam sebuah organisasi atau di luar organisasi. Pengguna hanya dapat mengakses halaman web tertentu atau informasi terkait lainnya dari itu dan ini akan memiliki alamat IP yang berbeda. Di sini Anda harus menjadi pengguna yang juga memiliki wewenang untuk mengakses halaman web.
  • Salah satu fitur yang membuat intranet berbeda dari internet adalah perubahan kunci dinamis yang paling canggih, sehingga merupakan salah satu yang membuat intranet lebih aman dari internet. Berdasarkan sistem keamanan ini, password login pengguna akan berubah pada interval waktu tertentu. Pengguna kemudian memasukan password baru yang akan diberikan setelah interval waktu tertentu. Hal ini akan meminimalkan kemungkinan penyalahgunaan data atau serangan terhadap layanan intranet. Dengan demikian, intranet dianggap sebagai koneksi jaringan yang lebih aman daripada internet.
  • Potensi komersial internet jauh lebih besar dari intranet. Pendapatan setiap perusahaan melalui iklan internet, berita maupun layanan lainnya jauh lebih besar dari pada pemanfaatan melalui jaringan intranet. Situs di internet adalah sumber pendapatan yang sangat baik bagi para pemiliknya. Sementara itu layanan di intranet hanya ditetapkan oleh sebua perusahaan atau organisasi itu sendiri, bukan fokus  untuk mencari pendapatan.
  • Internet lebih umum dan dengan pengguna yang lebih besar, menyediakan akses yang lebih baik ke semua layanan berbasis web dan cukup user friendly. Sementara Intranet adalah versi yang diprivatisasi, dan jauh lebih nyaman dan aman daripada internet. Intranet semata-mata merupakan metode ekonomis untuk menjaga komunikasi antar anggota dalam organisasi secara terstruktur, yang memungkinkan pertukaran data yang lebih cepat, aman sepanjang waktu.
Lihat Juga :  Cara memeriksa kondisi Hardisk

 

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

3 thoughts on “Kesamaan dan perbedaan antara internet dan intranet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *