Inilah Kerusakan Umum dan Sering terjadi Pada Mobil

Kerusakan umum pada mobilAda banyak kasus kerusakan yang pernah terjadi pada mesin mobil, dari mulai mobil menjadi kurang nyaman dikendarai, hingga mesin mobil tidak dapat dihidupkan samasekali. Dengan mengenal beberapa kerusakan umum ini, diharapkan kita tidak terlalu panik ketika tiba-tiba menemuinya pada mobil kita. Disini kita tak bertujuan untuk memperbaikinya sendiri seperti mekanik mobil yang berpengalaman, hanya saja untuk awam mungkin berguna untuk memperkirakan kemana dan apa kira-kira yang perlu di cek, distel, atau ada komponen yang perlu diperbaiki bahkan diganti.

Advertisement

Mengetahui kerusakan-kerusakan umum pada mobil secara ringkas dengan bahasa orang awam

Mobil jalannya tersendat-sendat

Tersendat-sendat kemungkinan besar dapat disebabkan oleh pengiriman bahan-bakar yang kurang lancar. Mengenai dimana dan bagian apa yang bermasalah dari sistem bahan bakar, tergantung dari jenis penggunaan bahan bakar mesin.

Mobil solar :

Mobil tersendat-sendat pada mobil bermesin disesel bisa masuk angin, atau kemasukkan angin pada pipa-pipa bos pump. Hal ini bisa terjadi jika tangki sampai kosong sehingga udara terhisap masuk kedalam pipa bahan bakar. Jika tidak masuk angin , tekanan kompresi yang rendah dapat menyebabkan tenaga berkurang. Hal ini pada mesin diesel bisa disebabkan oleh bospump yg sudah aus dan perlu direparasi. Selain itu semua, aliran bahan bakar yang tidak lancar pada mobil solar umumnya karena filternya sudah harus diganti.

Mobil bensin

Mobil bensin terdiri dari dua sistem bahan bakar, yakni sistem bahan bakar injeksi dan karburator. Pada mobil bensin yang berjalan tersendat-sendat umumnya pada sistem pengiriman bahan bakar ini, juga sangat sering diakibatkan oleh masalah busi yang setengah-setengah mati atau bahkan ada yang mati salah satunya. Bagaimana cara mengetahuinya, apakah disebabkan oleh busi atau system bahan bakar?…. Pertama hidupkan mesin dalam putaran idel. Lepas satu persatu hubungan busi(pasang kembali jika setelah dilepas sesaat dan ganti yang lainnya), dan bedakan apakah ada pengaruhnya pada mesin. Jika ada pengaruhnya, berarti busi masih bagus, tapi apabila terasa tidak ada pengaruhnya, maka busi tersebut mati.  Jika setiap busi yang dilepas berpengaruh, maka masalah mungkin ada pada sistem bahan bakar.

Lihat Juga :  Beda sepeda motor sistem injeksi dan karburator

Jika pada mobil injeksi, pemeriksaan hanya bisa dilakukan dengan peralatan yang memadai. Mesin yang tersendat-sendat bisa disebabkan kerusakan ECU,  setelan yang berubah, atau selang yang kemasukan udara akibat kehabisan bahan bakar. Hal ini hanya bisa diketahui oleh teknisi yang memiliki peralatan untuk sistem injeksi. Pada mobil karburator, mesin tersendat-sendat bisa disebabkan oleh campuran bahan bakar dan udara yang tidak seimbang atau bensin yang mungkin bercampur air. Masalah lainnya bisa juga disebabkan oleh filter bahan bahan bakar yang sudah kotor dan waktunya untuk diganti.

Mesin mobil kepanasan/Overheat

Jangan dibiarkan saja ketika mesin mobil overheat atau kepanasan, karena akibatnya bisa fatal. Masalah umum mesin yang terlalu panas adalah menurunnya tenaga mobil, yang menyebabkan tarikan berkurang dan kurang kuat ditanjakan. Hal ini biasanya disebabkan oleh sistem pendinginan yang bermasalah, bisa karena katup termostat yang rusak atau ada sumbatan kotoran pada radiator. Khususnya untuk mobil tahun 2000 keatas atau mobil sedan yang menggunakan kipas elektrik, bisa terdapat masalah pada sistem kelistrikan untuk kipas ini. Kipas bisa tidak jalan atau tidak jalan ketika mesin sedang butuh pendinginan.

Mesin mobil yang terlalu panas bisa disebabkan juga oleh pemakaian olie yang salah atau tidak diganti pada waktunya,  atau karena tersumbatnya salura/filter olie karena kotoran. Pembakaran yang kurang sempurna juga bisa menyebabkan mesin mobil terlalu panas.

Mesin terasa tidak bertenaga

Jika baru-baru saja dirasakan, menurunnnya tenagan mesin secara mendadak bisa disebabkan oleh beberapa hal diatas, namun jika lambat laun, masalah ini bisa disebabkan oleh menurunnya tekanan kompresi atau pencampuran bakan bakar yang kurang bagus(khusus mesin karburator). Pada mobil injeksi, penurunan tenaga mesin bisa juga disebabkan injektor bahan bakar yang sudah mulai aus dan perlu direparasi. Kopling yang menipis menyebabkan slip dan menurunkan tenaga, dan menurunnnya kompresi pada ruang bakar adalah penyebab yang umumnya dikarenakan umur pakai kendaraan.

Lihat Juga :  Tips Agar sepeda motor irit bensin

Ausnya klep/katup, kotornya ruang bakar menyebabkan menurunnnya performa mesin, namun hal ini tidak terjadi secara tiba-tiba.

Mesin mobil berasap putih dari knalpot

Asap putih dari kenalpot menandakan jika ada oli yang ikutan terbakar. Hal ini sangat mempengaruhi performa mesin dan jika dibiarkan lama-lama akan mengotori ruang bakar dan semakin akan melemahkan mesin. Kondisi mobil berasap seperti ini tidak terjadi tiba-tiba, tapi melalui proses yang lama dan akan dipercepat karena pemakaian gigi yang salah atau medan berat yang harus dilalui setiaphari. Apa yang harus diperbaiki?…. tentu saja ring olie, karena komponen ini yang mencegah rembesan oli bisa masuk keruang bakar mesin.

Aki sering tekor

Aki mobil yang sering tekor bisa disebabkan oleh aki yang memang sudah aus, pengisian yang tidak terjadi atau ad masalah pada sistem pengisian yang umumya bermasalah pada dinamo isi. Namun hal-hal yang tak terduga bisa menjadi penyebabnya misalnya ada peralatan listrik hubungan pendek yang membuat perlatan listrik tetap bekerja meskipun kontak mobil dimatikan.

Mesin sulit dihidupkan

Mesin sulit hidup bisa disebabkan oleh timing pembakaran yang kurang tepat, yang menyangkut pada setelan pengapian. Pada mobil karburator, masalah seperti ini seringkali disebabkan oleh karburator. Pada mobil injeksi, mungkin pompa bahan bakar atau injektornya yang sudah melemah. Kalau mesin disesel, bisa disebabkan olah sistem pemanasan yang kurang bekerja dengan baik atau menurunnnya tekanan injeksi oleh kerusakan pada bospomp atau injektor.

Demikian kerusakan umum pada mobil-mobil. Pengetahuan ini ditulis untuk orang umum, bukan untuk kalangan teknisi, sehingga hanya menjelaskan teori basicnya saja. Semoga berguna dan anda sekarang jadi tahu apa yang harus dilakukan ketika menemui kondidi kendaraan Anda jika mengalami kondisi seperti dijelaskan diatas.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *