Kenapa komputer sering restart sendiri

Sebagai seorang yang selalu akrab dengan komputer,paling tidak mengetahui sedikit permasalahan pada komputer.Penting sekali agar jika ada permasalahan sedikit pada komputer anda tidak akan kebingungan dan tetap tenang.
Salah satu permasalah yang sering timbul adalah  komputer tiba tiba restart sendiri . Hal ini memang sepele, karena tidak jarang pekerjaan yang belum disave menjadi berantakan gara gara masalah ini.Maka kenalilah penyebab komputer sering restart sendiri,agar hal seperti ini tidak akan menimpa anda lagi.

Advertisement

Ada beberapa penyebab masalah komputer sering restart sendiri yang sudah lumrah terjadi, yaitu:

1. Power Supply (PSU)

Power supply merupakan alat pada komputer yang berfungsi untuk mendidtribusikan tegangan  listrik yang sudah disesuaikan untuk kebutuhan yang bisa mencukupi daya untuk rangkaian elektronik pada komputer.
Power suply yang bermutu rendah sangat rentan sekali untuk rusak karena tegangan listrik rumah yang tidak stabil.Walaupun sudah diberi stabilizer,PSU yang bermutu rendah tidak akan bisa menjamin akan bisa awet.

Pilihlah PSU yang berkualitas baik,tanyakan kepada toko atau teknisi yang menangani.Dilihat dari harga tentu saja sudah berbeda,ada harga ada barang.

Jika PC sudah menggunakan stabilizer namun masih saja sering restart,silahkan cek kondisi PSUnya (ada alatnya).Walaupun anda baru membelinya,itu bukan jaminan.

2. Fan / Kipas processor
jangan menganggap remeh fungsi Kipas pendingin komputer, Walaupu sekilas tampak paling sederhana,namun fungsi kipas heatsink ini amat penting.Dengan adanya kipas yang kondisinya masih baik,maka suhu dari prosesor akan tetap terjaga kestabilannya.

Lihat Juga :  Tips Cara agar modem smartFren tidak lelet alias kenceng

Kipas ini lambat laun  akan menurun RPMnya,wajar karena umur pemakaian.
.Jika putarannya sudah menurun maka tidak akan mampu membuang kelebihan suhu yang dihasilkan prosesor dengan sempurna.Sehingga suhu prosesor processor akan meningkat diluar batasan normal yaitu 50 derajat C.Jika demikian maka komputer anda akan beroperasi lambat,hang bahkan bisa matot .

Sebelum mengecek secara fisik keadaan fan prosesor,bisa di cek kinerjanya (putarannya) apakah masih kencang dan normal apa tidak.Software ini sekaligus dapat memeriksa suhu prosesor,apakah masih normal 50 derajat atau lebih.
Jika ketahuan putaran fan mulai menurun dan suhu prosesor diluar batas wajar,bisa dipastikan fan tersebut sudah mengalami keausan.Bisa anda ganti sendiri,murah untuk harga sebuah fan.Kalau mobil van itu yang mahal 🙂

Kenapa komputer sering restart sendiri
IMG Source:flickr.com

3. Virus
Virus ,malmware dan sejenisnya bisa bekerja sendiri dibelakang layar.Karena sifat nya yang merusak,bisa jadi program program negatif tersebut melakukan flood kepada prosesor sehingga menyebabkan proses menjadi lambat.
Hal in jika fan prosesor masih bagus tapi suhu prosesor tetap melebihi batas,bisa jadi akibat virus dan lain lain.
Virus bisa merupakan salah satu penyebab kenapa  komputer anda bisa restart sendiri.

Scan PC kamu menggunakan Anti virus terbaik dan software cleaner untuk membersihkan virus atau membersihkan registry error .

—————-

Masalah diatas merupakan masalah masalah utama yang sering menjadi penyebab kenapa sebuah komputer menjadi sering restart sendiri.Langkah pertama ini penting,cek kondisi Power suply.Power suplay yang sudah tidak normal maka arus yang dihasilkan tidak stabil sesuai kebutuhan masing masing komponen/unit.
Baca Juga :Cara Mengatasi CPU Usage 100%

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *