Kelebihan Kekurangan Linux

Pernah dengar atau baru dengar Linux?….tapi saya yakin jika kamu datang kesini pasti masih baru akan mengenal linux lebih jauh lagi.
Linux adalah operating system,seperti halnya kita dalam mengenal windows(jika belum tahu sama sekali).
Linux dikenal sebagai OS yang open source,atau kode sumber terbuka yang artinya free.Namun kebanyakan orang yang tidak terbiasa akan bilang kalau LINUX itu ribet dan sulit.Benarkah kata mereka memang demikian?,,,Simak selengkapnya kelebihan kekurangan LINUX berikut ini:

Advertisement

Kelebihan Linux

  • Kamu cukup tinggal menginstalnya tanpa harus membeli lisensi (gratis),karena linux adalah sistem operasi Open source.
  • Linux generasi sekarang lebih mudah digunakan hampir semudah menggunakan Windows.Dalam segi tampilan,linux ternyata masih lebih bagus.
  • Linux lebih aman dari inveksi penyakit komputer seperti virus,trojan,spyware dan beragam jenis malmware lainnya.Walaupun mungkin bisa saja ,namun kemungkinannya jauh lebih kecil.Jikalau memang ada virus yang sudah menjangkiti pengguna tertentu,akan sulit untuk menyebar kepada pengguna yang lain.Hal ini karena sejak awal linux sudah didesain multi-user.
  • Linux adalah varian dari UNIX yang terkenal stabil jika dijalankan tanpa henti.Pada linux pun demikian karena masih mewarisi sifat UNIX tersebut. Dengan demikian maka jarang ditemui komputer pengguna linux yang tiba tiba hang saat digunakan lebih lama,sehingga terpaksa harus direstart kembali.
  • Linux memiliki kompabilitas kebelakang yang lebih baik.Sehingga hardware komputer generasi jadul masih dapat berjalan dengan baik dengan linux.Walaupun demikian linux versi lama tetap mampu digunakan untuk membaca dokumen dokumen yang lebih baru.Pada windows kita seakan dituntut untuk terus mengikuti perkembangan perangkat keras terbaru.
  • Linux didukung oleh banyak komunitas yang tersebar diseluruh dunia.Sehingga kita bisa memperoleh informasi pengembangan terbaru dari sistem operasi ini secara gratis.
  • Kita boleh melakukan memodifikasi linux secara gratis tanpa lisensi,bahkan bisa mengembangkan varian linux sendiri.
  • Berikut ini bisa jadi sebagai kelebihan sekaligus kekurangan linux.Karena banyak sekali varian varian linux bermunculan seperti Ubuntu,Debian, Red Hat dan masih banyak lagi. Satu sisi kita bisa memilih salah satu varian sesuai dengan kebutuhan,disisi lain juga akan bikin bingung bagi yang akan mencoba linux.
  • Linux sangat cocok untuk  menjalankan komputer dengan spesifikasi yang minim,karena linux lebih kecil memakan resource dibanding windows.Berbagai varian linux populer menyediakan untuk versi 32bit dan 64bit.
  • LINUX bisa berjalan dalam dua modus,yaitu modus text dan modus GUI.Namun kekuatan utamanya adalah pada modus text/terminal.
  • Modus GUI sendiri memiliki banyak pilhan desktop environment-nya seperti KDE, Gnome, BlackBox, XFCE.
Lihat Juga :  Perbedaan antara windows 32 bit dan windows 64 bit

Kekurangan Linux:

  • Dukungan dari vendor-vendor perangkat keras masih kurang begitu baik kepada linux.
  • Untuk menginstal software pada linux prosesnya tidak semudah dan sepraktis pada windows.Misalnya, agar lebih mudah saat menginstal maka kita harus memiliki CD repository atau dengan terhubung internet.Jika tidak maka kita harus mendownload paket terlebih dahulu satu persatu.
  • Buat administrator komputer yang berjalan diatas linux harus sudah terbiasa dengan UNIX dan turunannya.Jika tidak maka dituntut mau untuk mempelajarinya terlebih dahulu.Sebenarnya ini bisa menjadi kelebihan,namun hanya kepada seseorang yang selalu haus belajar dan suka mencari pengetahuan baru.
  • Aplikasi aplikasi pada LINUX saat ini memang belum seperti pada windows.Dan bagi yang belum terbiasa dengan UNIX sama sekali,strukture direktori dan hak akses pada linux bisa jadi akan cukup membingungkan.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan linux.Dan sekarang apakah kamu sudah cukup siap untuk memulai LINUX?,,,
Dengan menggunakan linux sebenarnya kita tidak bertujuan untuk mempersulit diri sendiri.Namun kita sedang mempelajari logika logika dalam komputer.Maka suatu saat nanti akan tahu bagaimana operating sistem dan suatu program itu bisa berjalan pada sebuah komputer.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *