Jenis jenis Pemanas air Gas

Setelah kemarin kita membahas tentang pemanas air tenaga surya (solar water heater) beserta cara kerja dan beberapa jenis yang ada dipasaran,kini mari kita ketahui tentang pemanas air gas beserta jenis jenisnya yang ada.
Pemanas air gas (Gas Water Heater) ini juga banyak digunakan dimasyarakat,karena lenih praktis,simpel dan mudah penggunaanya.

Advertisement

Berikut ada 3 jenis pamanas air Gas yang paling banyak digunakan:

1.Pemanas air Gas didalam ruangan tanpa tangki
Ini adalah jenis pemanas air gas yang paling banyak digunakan.Pemanas air gas ini sangat simpel karena tidak menggunakan tangki penyimpanan air.Dengan demikian maka sebelum kita mendapatkan air panas,kita harus mengalirkan air terlebih dahulu menggunakan kran yang tersedia.Ketika air mulai dialirkan maka alat ini baru bekerja memanaskan air.
Kelemahannya:
Kita harus nunggu beberapa saat sampai air sudah cukup untuk digunakan,namun jangan khawatir karena waktu pemanasan tidak akan lama.
Alat ini dipasang didalam ruangan, maka kelemahannya adalah jika terjadi kebocoran Gas.namun hal ini bisa diatasi dengan ventilasi kamar mandi yang cukup serta memasang alat detektor kebocoran gas.
Kelebihannya:
Kelebihan utamanya adalah alat ini lebih irit bahan bakar (gas),karena hanya digunakan saat dibutuhkan saja.
Pemasangan didalam ruangan juga ada untungnya,yaitu lebih praktis ketika melakukan penyetelan suhu air.

2.Pemanas air Gas diluar ruangan tanpa tangki
Alat ini sama dengan yang nomor 1,yaitu tanpa menggunakan tangki.Bedanya hanya tempat menaruhnya saja yang diluar ruangan/kamar mandi.
Kekurangan dan kelebihan hampir sama dengan yang nomor satu.Hanya saja
Lebih aman dan nyaman karena tidak perlu takut lagi dengan kemungkinan adanya kebocoran Gas.
3.Pemanas air gas dengan tangki penyimpan air
Beda Pemanas air jenis ini dengan jenis pada nomor 1 dan 2 yaitu menggunakan tangki penyimpanan air.
Kelebihannya:Air panas akan selalu siap digunakan kapan saja dari alat ini dan dengan jumlah lebih banyak.Hal ini karena kesetabilan suhu air panas yang disimpan didalam tangki secara otomatis akan dijaga terus .
Kelemahannya tentu hanya lebih boros bahan bakar (Gas).

Lihat Juga :  Cara memperbaiki Port USB yang tidak berfungsi

Cara Kerja pemanas air gas:

Cara kerja dari ketiga jenis alat pemanas air gas diatas pada dasarnya sama saja.Yaitu dengan cara memanaskan air dengan kompor gas seperti seseorang yang memasak air.Bedanya mungkin hanya pada pengaturan suhu dan otomatisasi, dan bentuk dari alatnya.
Ketika kran air panas dibuka,maka air dingin akan mengalir dan dideteksi oleh alat yang bernama flow sensor.Setelah itu sistem akan otomatis menyalakan burner untuk memanaskan heat exchanger,dan kemudian air dingin akan mengalir melaluinya.Heat exchanger tersebut akan memanaskan air dingin sesuai dengan suhu yang kita kehendaki.Ketika kran air panas kita tutup berarti sudah selesai,karena ketika air berhenti mengalir maka flow sensor tidak lagi mendeteksi air dingin.Dengan demikian maka sistem akan mematikan burner, maka proses selesai dan begitu seterusnya.Baca Juga: Pemanas air Listrik.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *