Category Archives: Uncategorized

Fungsi / Kegunaan Komponen Elektronika, Transistor, Dioda, Resistor, Trafo, dan Capasitor

kondensator dan kapasitor

Transistor, Dioda, Resistor, Trafo, dan Capasitor adalah lima komponen inti elektronika yang menjalankan fungsinya masing masing agar sebuah rangkaian elektronika bisa bekerja. Masing masing komponen bekerja dengan cara saling mendukung komponen lainnya agar sebuah rangkaian dapat bekerja sesuai dengan yang diinginkan. Salah satu komponen bisa rusak karena sebab tertentu yang bisa mengakibatkan sebuah rangkaian berhenti … » Baca selengkapnya..

Tips Sebelum Membeli Tablet

Tablet semakin hari semakin populer semenjak diperkenalkan. Kebutuhan akan perangkat komputasi portabel yang lebih simpel, namun tidak meninggalkan kecanggihannya mungkin yang menjadi pertimbangan. Ada banyak sekali pemain tablet dipasaran, mereka menawarkan berbagai ukuran tampilan, dimensi, spesifikasi, fitur hingga operating sistem. Salah satu operating system yang paling populer dan paling banyak diaplikasikan vendor ponsel adalah OS … » Baca selengkapnya..

Sejarah Microskop – Penemu microscop

Microskop merupakan peralatan paling penting dalam dunia kedokteran dan penelitian.Namun siapa penemu microscop masih belum jelas hingga saat ini. Pada awalnya, sebagian kalangan percaya jika mikroskop tersebut ditemukan oleh  Galileo, namun pendapat itu kemudian diperdebatkan. namun yang jelas,  pembuatan mikroskop yang paling hebat adalah oleh Zacharias Jansen pada tahun 1595  dari Middleburg, Belanda. Zacharias Jansen … » Baca selengkapnya..

Cara membuat Website Toko Online

soft

Perkembangan teknologi khususnya teknologi informasi semakin pesat saja.Menurut data sebuah lembaga pemberitaan,tahun 2010 saja pengguna internet di indonesia sudah mencapai 57 juta lebih.Bayangkan berapa jumlahnya sekarang setelah 2 tahun kemudian. Selain didukung oleh prasarana yang semakin memadai,masyarakat sekarang merasa informasi yang lebih cepat diterima sudah seperti menjadi kebutuhan. Informasi apa saja bisa diperoleh dari internet … » Baca selengkapnya..

Yang dimaksud dengan domain dan hosting

Internet bukanlah sesuatu yang asing lagi,dan sudah menjadi bagian dari kebutuhan.Semua orang diabad teknologi ini seolah haus informasi,dan internet adalah jawaban yang paling mudah untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Ini beda dengan beberapa tahun yang lalu dimana internet baru saja diperkenalkan,biaya fasilitas dan akses yang mahal dan terbatas.Saat itu hanya orang orang tertentu saja yang bisa … » Baca selengkapnya..

HTML tag Alignment

Tag Alignment adalah tag HTML untuk mengatur posisi horizontal text.Pengaturan posisi text ini menggunakan tag alignment “div” dengan syntax sebagai berikut; <div align=”left,right atau center”>Text yang diatur posisinya</div> Contoh penggunaan; <div align=left>Teks rata kiri</div> <div align=right>Teks rata kanan</div> <div align=center>Teks rata tengah</div> Tampilan di browser : Teks rata kiri Teks rata kanan Teks rata tengah

HTML Tag META

Tag META adalah tag HTML yang berfungsi untuk memberikan informasi isi dari dokumen HTML kepada crawl search engine. Tag META berada diantara tag <head> dan </head>  sehingga tag META tidak akan tampil di halaman situs alias tidak ditampilkan oleh web browser. Ada macam macam tag META,namun disini yang penting kita ketahui cukup 3 saja. Tag … » Baca selengkapnya..

HTML Tag List

Tag List adalah membuat format list atau daftar.Tag list dibagi menjadi dua kategori yaitu Numbered dan Unumbered. 1.Numbered List adalah tag HTML yang menggunakan angka urutan sebagai tanda point. Contoh; <OL> <LI> Apel <LI> Jeruk <LI> Manggis </OL>  Hasilnya; Apel Jeruk Manggis 2.Unumbered List adalah tag HTML yang menggunakan bullet sebagai tanda point. Contoh; <UL> … » Baca selengkapnya..

HTML tag tunggal

Tag tunggal pada HTML penting juga untuk diketahui,apa dan bagaimana itu tag tunggal HTML?…Tag tunggal adalah tag yang tidak berpasangan antara pembuka dan penutup. Tag tunggal adalah; <br>–> Untuk Membuat garis baru. <hr>–> Untuk membuat garis baru dan sekaligus menampilkan sebuah garis. Contoh dan penggunaan  tag <hr>; <hr> Tag <hr> bisa juga diberikan atribut dan … » Baca selengkapnya..

HTML Tag Body

Diantara tag body pembuka dan penutup merupakan daerah penempatan konten yang akan tampil di sisi klien dan terlihat pada suatu halaman situs.Jadi semua elemen dan fungsi interaktive (interface) yang biasa kamu lihat dan pergunakan itu tempatnya berada diantara tag body ini. Pada intinya tag body ditulis seperti ini,<body> berpasangan dengan tag penutupnya </body> Dan semua … » Baca selengkapnya..

Contoh membuat table bag. 2

Berikut adalah macam macam model dari tabel,sekaligus contoh dan demonstrasi hasilnya.Silahkan bereksplorasi sendiri dengan membuat model model yang anda kehendaki dengam mengembangkan dari contoh model tabel  yang ada disini. Dasar 3 kolom x 2 baris table A B C D E F <table border> <tr> <td>A</td> <td>B</td> <td>C</td> </tr> <tr> <td>D</td> <td>E</td> <td>F</td> </tr> </table> … » Baca selengkapnya..

HTML Tag Table

Terkadang kita perlu menyampaikan informasi yang disusun dengan berdasarkan tabel.Dan hal ini perlu kita sampaikan dalam bentuk dokumen HTML.Untuk membuat format seperti ini maka akan kita wujudkan dengan menggunakan HTML tag table <table>.Tag table ini juga memerlukan tag lainnya untuk menampilkan data dalam bentuk tabulasi. Berikut uraiannya: Tag Parent Fungsi <table> </table> — tag utama … » Baca selengkapnya..

HTML cara menyisipkan gambar

Menyisipkan gambar didalam  postingan platform blog blog modern sebenarnya tidak perlu pusing lagi menuliskan codenya secara manual,karena otomatis meregenerated sendiri codenya.Fitur seperti itu disebut dengan WYSIWYG,atau kependekan dari what you see is what you get.Sama halnya Jika kita membangun sebuah website dengan bantuan software,(misalnya Adobe Dreamweaver dan microsoft frontpage). Namun pada kondisi tertentu kita terpaksa … » Baca selengkapnya..

Bagaimana cara membuat hyperlink

Outboundlinks-Inboundlinks

Hyperlink atau lebih umum disebut link dan sering juga disebut sebagai ANCHOR TEXT namun sebenarnya ada sedikit perbedaan maksud. Hyperlink dalam bahasa indonesianya tautan adalah merupakan sebuah pintu bagi user untuk masuk ke dokumen HTML lain atau bagian tertentu dari sebuah dokumen HTML. Hyperlink bisa diletakkan pada TEXT ataupun sebuah gambar atau image. Secara default,maksudnya … » Baca selengkapnya..

Pengertian dari HTML adalah

Baik,sebelum anda mempelajari syntax-syntax dari HTML, alangkah baiknya jika mengenal apa artinya terlebih dulu.Karena kata orang, tak kenal maka tak sayang.. 😀HTML adalah kependekan dari Hypertext Markup Language dan pengertiannya adalah sekumpulan text atau file ASCII yang berisi intruksi atau perintah  program untuk web browser  untuk menampilkan  tampilan grafis sebuah halaman website. File HTML dapat … » Baca selengkapnya..

Descendant selector CSS

Descendant selector didalam pemrograman CSS Adalah selector yang bisa diatur secara khusus untuk sebuah ID atau CLASS (parent class atau parent ID) yang dibuat webmaster dalam pendefinisian suatu elemen. Beberapa contoh selector yang bisa diatur sebagai Descendant selector; p (paragraf) h1,h2,h3,h4,h5,h6 (headjng) ul li (list) img (gambar) .widget (hanya pada widget,biasanya untuk template blogspot) a … » Baca selengkapnya..

CSS Margin dan padding

marginpadding

Mengenai apa bagaimana CSS Margin dan padding ini akan saya bahas secara singkat saja,asalkan gampang dimengerti.Saya akan coba terangkan dengan gaya bahasa embongan saya semoga lebih mudah dimengerti.Wakaka… Margin Dalam CSS istilah margin adalah memberi jarak atau spasi ke arah luar sebuah  elemen/komponen. Padding Padding adalah memberi jarak atau spasi ke arah dalam  sebuah elemen/komponen. … » Baca selengkapnya..

CSS border – membuat garis pembatas

Border adalah properti dari CSS untuk menciptakan garis tepi /garis pembatas pada suatu elemen blog. Border termasuk properti CSS shorthan seperti margin dan padding.Shorthan adalah perintah yang ditulis lebih pendek/singkat. Perintah panjang penulisan CSS border adalah seperti contoh; .div{ border-right:1 px solid red; border-left:1 px solid red; border-bottom:1 px solid red; border-top:1 px solid red; … » Baca selengkapnya..

Penggunaan Pseudo class pada CSS

Kenapa dinamakan pseudo?……. Maaf ya saya tidak tahu kenapa disebut dengan pseudo,mungkin beberapa contoh dan penggunaan pseudo pada CSS ini bisa dipahami maksudnya. Pada umumya yang disebut dengan pseudo ini adalah pemberian khusus pada tag “a”. Apa itu tag “a” . Tidak hanya untuk tag “a” saja,masih banyak contoh yang bisa disebut dengan pseudo class … » Baca selengkapnya..

ID dan CLASS dalam CSS

ID dan CLASS dalam pemrograman CSS Adalah selector yang dibuat oleh seorang webmaster dalam memanipulasi pada satu elemen pada halaman HTML / web. ID didefinisikan dengan menggunakan tanda ” # ” dan CLASS didefinisikan dengan menggunakan tanda titik ” . ” . Kalau CLASS digunakan untuk memanipulasi banyak elemen dengan satu selector. Contoh Penulisan ID … » Baca selengkapnya..