Cara setting subdomain

Apakah subdomain itu?…
Subdomain adalah domain tingkat dua setelah domain utama, ini bisa menjadi pilihan jika ingin membuat banyak situs tanpa harus beli domain baru.
Cukup dengan memanfaatkan satu domain yang kita punya,kita sudah bisa membuat beberapa situs baru lagi.

Advertisement

Jika kamu belum paham tentang subdomain,contohnya seperti ini:
Saya sudah punya nama domain http://www.spiderbeat.com, dan ini adalah domain utama yang saya pakai untuk situs blog.Namun saya ingin membuat situs forum, tapi saya tidak ingin membeli domain baru lagi.
Nah saya akan membuat situs forum dengan menggunakan nama domain tingkat dua (subdomain) dari nama domain spiderbeat.com.Sebagai misal akan menjadi seperti ini: http://forum.spiderbeat.com.
Forum adalah subdomainnya dan spiderbeat.com adalah domainnya.

Subdomain tersebut saya buat dengan jalan menginstal satu situs untuk forum di dalam sebuah folder yang berada di public_html.
Sebenarnya setelah saya menginstal sebuah situs lagi didalam folder,halaman situs yang sudah terinstal di folder tersebut sebenarnya sudah bisa diakses.Akan tetapi Tapi alamat untuk mengakses halaman forum tersebut masih seperti ini http://www.spiderbeat.com/forum.

Agar http://www.spiderbeat.com/forum bisa diakses dengan alamat http://forum.spiderbeat.com,maka saya akan melakukan konfigurasinya melalui cpanel hosting.Seperti itulah kira kira yang saya maksud dalam postingan kali ini.

Cara setting subdomain

Subdomain bisa diibaratkan sebagai truk gandengan,Domain utama adalah kepala truknya dan subdomain adalah gandengannya.Berapapun jumlah subdomain bisa kita buat ,asalkan disk space dari hosting cukup untuk menampung seluruh file situs yang ada.

Lihat Juga :  Yang dimaksud dengan domain dan hosting

Cara setting subdomain pada Cpanel

Login kedalam cpanel hosting > masuk kedalam file manager > create new folder.
Buatlah satu folder untuk meletakkan dan menginstall file website baru di root public_html,saya contohkan pada gambar berikut nama foldernya adalah forum.

Cara setting subdomain

Cara setting subdomain

Jika kamu sudah bikin folder baru yang diberi nama forum tadi, sekarang instal aplikasi web baru kedalam folder tersebut.Jika sudah selesai semua proses instalasi, coba sekarang kamu akses urlnya apakah website sudah bisa bekerja dengan baik.Urlnya seperti contoh http://www.spiderbeat.com/forum/
Kamu bisa menginstall web baru menggunakan fasilitas fantastico/softaculous, yang diarahkan pada nama folder tersebut.Misalnya kamu menginstal script PHPBB. (PHPBB adalah nama CMS untuk situs forum).
Sampai disini jika sudah beres dan sukses,sekarang kembali kedalam halaman homepage.Kemudian temukan icon Subdomains,seperti gambar dibawah ini.

Cara setting subdomain

Isikan konfigurasi subdomainnya,misalnya contoh disini adalah  forum dan document root dengan public_html.Cek apakah sudah ada tanda centang warna hijau,artinya subdomain sudah tersedia.

Cara setting subdomain

Klik create!
Kamu akan redirect kedalam halaman konfirmasi yang menyatakan subdomain created alias sudah jadi.Mudah bukan?…

Sekarang subdomain sudah jadi dan sudah bisa diakses dengan alamat http://forum.spiderbeat.com/

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *