Cara Setting Kamera untuk mengambil gambar di malam hari

Pada saat akhir malam lkburan Anda, mungkin Anda ingin mengambil beberapa gambar untuk berbagi kenangan selama perjalanan Anda dengan teman-teman saat kembali ke rumah. Namun Ketika Anda melihat hasilnya, Anda hanya melihat hambar yang kabur atau cahaya gambar yang sangat lemah. Jangan berkecil hati. Ada beberapa pengaturan yang sangat sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan gambar yang tepat pada malam hari, apakah Anda menggunakan kamera DSLR atau kamera point-and-shoot. Kedua jenis kamera ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan pengaturan untuk mengambil gambar pada malam hari yang lebih baik.

Advertisement

Berikut ini beberapa tips Cara Setting Kamera untuk mengambil gambar di malam hari

Shutter Speed ​​dan Pengaturan fotografi Malam Hari

  • Bila menggunakan Kamera SLR, Anda harus menyesuaikan pengaturan kecepatan rana(shuter speed) untuk waktu exposure yang lebih lama. Ini akan memungkinkan cahaya untuk masuk ke dalam kamera dalam jangka waktu tertentu. Untuk mengatur kecepatan rana, ubah dial dengan kecepatan TV atau mode shutter speed.
  • Tergantung pada hasil akhir dari gambar apa yang ingin Anda jadikan, kecepatan dapat diatur dari 1/1000th, dari satu detik per 1 detik atau bahkan yang lebih lama. Tetapi mulailah dari 1 detik dan meninjau gambar, untuk menentukan apakah masih membutuhkan time exsposure yang lebih banyak atau kurang. (Jika Anda sangat nyaman dengan penyesuaian pada kamera, Anda juga bisa menyesuaikan aperture untuk mengontrol jumlah cahaya yang masuk ke lensa.)
  • Jika Anda menggunakan kamera point-and-shoot, ubah pengaturan kamera ke “pengaturan malam” (biasanya ditampilkan dengan simbol gambar bulan sabit pada dial pengaturan). Mengubah kamera pada mode ini akan mematikan lampu kilat, serta akan memperlambat shutter speed dan bukaan lensa kamera agar memungkinkan cahaya masuk yang lebih banyak(Catatan: banyak SLR juga memiliki pengaturan malam juga, jadi jika menyesuaikan shutter atau aperture terlalu sulit, mulailah dengan pengaturan malam.)
Lihat Juga :  Tips Membeli HP bekas/second

Tips Tambahan

  • Bila Anda memiliki kamera set, opsi-opsi tambahan akan memungkinkan untuk membuat Anda bisa menembak lebih baik:
  • Untuk kecepatan rana yang panjang, gunakan tripod atau meja untuk menstabilkan kamera. Hal ini untuk mengurangi blur dan kamera goyang. Tripod bisa menggunakan yang berupa ukuran penuh atau versi meja.
  • Matikan lampu kilat, jika ini tidak disetting secara otomatis pada kamera Anda. Menggunakan cahaya ambient akan menciptakan gambar yang lebih hangat dan lebih alami. Menggunakan lampu kilat pada kamera bisa membuat fokus pada latar depan(foreground) secara langsung, hal ini sayangnya akan menyebabkan background yang memudar menjadi hitam.
  • Ambil beberapa gambar untuk memastikan mendapatkan gambar yang benar. Menggunakan fungsi digital akan memberikan kebebasan untuk mengambil gambar, meninjau segera dan mengambil kembali seperlunya.

Opsi Lanjutan

Ketika Anda sudah lebih nyaman memotret pada malam hari, ada opsi tambahan yang dapat Anda coba untuk meningkatkan gambar Anda.

  • Pertimbangkan untuk menggunakan fitur bracketing untuk mendapat beberapa eksposur pada satu waktu. Sekali lagi, Anda dapat meninjau gambar segera untuk memverifikasi pengaturan yang terbaik.
  • Sesuaikan setting ISO pada kamera untuk menyesuaikan situasi untuk cahaya rendah. Pengaturan ISO untuk menentukan seberapa sensitif sensor kamera terhadap cahaya. Pengaturan mulai dari 800 atau 1600 akan lebih baik untuk situasi cahaya kurang. Namun, Anda akan mendapatkan lebih banyak “grain” dalam gambar. Jika Anda mencari gambaran yang lebih jelas dan Anda menggunakan tripod, Anda dapat menggunakan rating ISO 100 atau 200.
  • Pasang kabel opsional shutter release untuk mengurangi guncangan pada kamera lebih jauh. (Biasanya hanya digunakan untuk kamera SLR.)
Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *