Cara Perawatan Mobil Bensin, agar Tetap Aman dan mesin Awet

cara-perawatan mesin mobil bensinMenurut penelitian, sebanyak 5% kerusakan fatal pada mobil adalah terjadi karena kelalaian pemilik dalam perawatannya. Mesin mobil adalah hal yang kompleks, tak hanya mengaplikasikan sistem yang lebih kuat, tetapi juga bagian sistem yang lebih rentan ~ yang bisa membuatnya gagal hanya dengan sedikit kelalaian seperti pompa bensin elektrik atau sensor sistem injeksi. Sementara itu perangkat keamanan utama seperti sistem pengereman juga bisa sewaktu-waktu rusak jika kurang diperhatikan.

Advertisement

Berikut beberapa tips penting perawatan mesin mobil bensin yang perlu dilakukan oleh pengemudi

Perhatikan petunjuk manual dengan seksama

Setiam merk kendaraan tentu dibuat dengan teknologi, inovasi, dan peruntukan berkendara yang berbeda.  Jadi Selalu memperhatikan manual yang pasti disertakan saat Anda membelinya. Namuan praktis yang baik adalah mengganti filter oli secara teratur, setiap 3.000 mil atau setiap setelah 3 kali ganti olie.

Periksa semua zat cair pada mesin mobil

Zat atau bahan cair yang penting pada mesin termasuk minyak rem, minyak power steering, olie mesin/ transmisi /gardan, air pencuci untuk wiper kaca depan, dan air radiator. Semua jenis Cairan ini sangat berperan besar untuk keselamatan dan performa kendaraan Anda. Jangan sampai lalai dalam memperhatikan semua unsur zat cair ini, karena kesalahan sedikit bisa berakibat sangat buruk pada kendaraan terutama mesin.

Periksa aki

Periksa kutub kabel aki dan bersihkan jika ada korosi sesuai kebutuhan. Cairan aki  juga harus diperiksa dan diisi jika sudah lower, kecuali dalam kasus aki yang berjenis free maintenance.

Periksa vbelt mesin secara teratur.

Vbelt atau sabuk mesin akan aus jika sudah sampai pada batas kilometer pemakaian, dan akan mempengaruhi performa mesin. Ketahui jika ada retakan, serta periksa berapa lama belt harus diganti. Putusnya vbelt pada saat mobil berjalan jangan sampai terjadi, karen bisa saja membuat mesin mobil  rusak parah bahkan hancur.

Gunakan Jenis bensin yang sesuai

Jika pabrik merekomendasikan bensin yang beroktan tinggi dan bebas timbal, maka jangan sampai Anda melanggar pedoman ini. Hal ini berarti mesin mobil anda sudah menggunakan sistem bahan bakar yang lebih rumit misalnya EFI, yang membutuhkan bensin tanpa timbal atau kotoran yang bisa membuatnya tersumbat dan gagal bekerja. Untuk mobil-mobil yang lenbih lama yang menggunakan karburator, premium mungkin masih oke-oke saja untuk mesin mobil Anda.

Lihat Juga :  Agar gambar TV LCD menjadi jernih

Jangan berlebihan mengisi bensin, plus jangan terlalu sedikit

Mengisi tangki penuh bisa menyebabkan rembesan pada tutup tangki, dan pada beberapa kasus mungkin bisa lebih berisiko. Selain itu, jumlah bensin didalam tangki yang nyaris habis bisa menyebabkan endapan kotoran pada tangki ikut terhisap oleh pompa bensin, yang bisa mengakibatkan pompa tersumbat, macet atau menyebabkan sumbatan pada sistem injeksi.

Kuras tangki bensin

Jika anda sering menggunakan bensin premium, endapan kotoran pada dasar tangki mobil anda bisa lebih cepat menumpuk. Seperti sudah dijelaskan diatas, akumulasi kotoran yang ikut terhisap pompa bensin bisa membuat mesin berhenti bekerja alias mati. Untuk itu disarankan menguras tangki mobil bensin setiap 3 tahun, terutama jika sering menggunakan bensin mengandung timbal (biasanya premium).

Parkir mobil ditempat teduh

Panas Matahari yang ekstrim pada musim kemarau bisa membuat bagian dalam mobil Anda panas dan juga menguapkan bensin anda dari dalam tangki. Untuk itu parkir mobil Anda di bawah naungan  bangunan atau pohon-pohonan jika memungkinkan. Gunakan pelindung anti sinar ultraviolet yang bagus agar panas matahari tidak langsung masuk seluruhnya kedalam dalam mobil. Kalau memang harus dipanas-panaskan di bawah terik matahari, pakailah pelindung/penutup untuk melindungi cahaya matahari masuk dari kaca depan, dan juga buka sedikit kaca agar udara bisa bersirkulasi dengan baik sehingga interior tidak panas seperti  oven kue.

Mengontrol tekanan angin pada ban secara berkala.

Meskipun ban tidak bocor, karena tekanan beban berat mobil dan panas, tekanan angin akan cepat berkurang. Jadi penting untuk sering mengontrol tekanan angin pada ban(sekurangnya sebulan sekali), dan pompa seseuai dengan rekomendasi pabrik(biasanya terletak di pintu mobil). Tekanan angin yang kurang atau berlebih bisa memperpendek umur ban. Sementara kalau kurang, bisa menyebabkan konsumsi bbm lebih boros.

Menjaga mesin tetap seimbang

Memperbaiki mesin mobil yang sudah tidak lagi selaras atau gagal saat tes emisi dapat meningkatkan penghemata BBM sekitar 4 persen. Jadi pastikan untuk melakukan tune-up sesuai dengan kilometer yang direkomendasikan. Anda juga perlu memperhatikan usia pakai busi, karena busi yang sudah habis umur pakainya dapat mengurangi efisiensi bahan bakar mobil sebanyak 30 persen. Namun untuk mengecek busi harus dilakukan oleh teknisi berpengalaman.

Lihat Juga :  Cara mudah membuat navbar menu dropdown

Ganti filter udara berkala

Ketika  filter udara mesin penuh dengan kotoran, debu dan apapun, maka itu menyebabkan mesin bekerja lebih keras lalu mobil Anda menjadi kurang efisien dalam penggunaan bahan bakar. Mengganti filter udara yang kotor dapat meningkatkan penghematan bbm sebanyak 10 persen.  Ide yang baik adalah memeriksa filter udara mesin mobil Anda pada setiap ganti oli.

Baca juga : Apa akibat jika Olie mesin berlebihan/kebanyakan?

Gunakan olie  yang tepat untuk mesin mobil

Anda bisa menghemat bensin  1 sampai 2 persen ketika menggunakan olie yang disarankan oleh pabrikan. Gunakan oli yang sesuai dengan API dan mengandung aditif tertentu yang diperlukan untuk menurunkan kerugian akibat gesekan.

Pengoperasian kendaraan yang efisien

Hal ini maksudnya adalah pekerjaan mengemudi seperti memindahkan gigi dan menekan pedal perseneling. Gunakan gigi transmisi sesuai dengan kecepata yang disarankan untuk kendaraan anda. Gunakan / tekan pedal kopling seperlunya saja; banyak pengemudi yang tanpa sadar kakinya terus menimpa pedal kopling, hal ini bisa membuat bahan bakar lebih boros plus mempercepat umur kanvas kolping. Tips : Pada jalanan yang menanjak dan kondisinya macet dan harus berhenti, sebaiknya berhenti menggunakan rem tangan, bukannya menahan laju dengan kopling dan gas. Baca juga : Cara mengemudi Mobil Manual/Matic ditanjakan yang Padat dan Merayap

Jangan terlalu berhemat untuk perawatan, datanglah ke bengkel bersertifikat resmi

Kinerja mobil Anda tergantung pada pemeliharaan mesinnya. Buku manual pemilik kendaraan akan memberitahukan semua hal mengenai cara perawatan yang dibutuhkan. Jika Anda ada pertanyaan, tanyakan pada bengkel mobil Anda, dan mereka dapat menunjukkan pemeliharaan terbaik yang direkomendasikan untuk mobil Anda. Ikuti panduan perawatan mobil yang sudah ditentukan dalam buku manual pemilik. Hal ini tidak hanya akan mereka meningkatkan efisiensi, tetapi  juga akan menghemat uang untuk biaya perbaikan dalam jangka panjang.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *