Cara Mudah Parkir Mobil Pararel Tanpa Aba-aba

Parkir pararel adalah menata mobil berjajar searah terhadap mobil lainnya. Sebenarnya parker pararel sangat mudah jika mendapatkan tempat dibagian depan sendiri, atau dibagian belakang sendiri, yang sulit itu jika harus mengisi tempat kosong yang berada diantara dua mobil. Cara ini memang lumayan sulit dan berisiko tinggi membentur kendaraan lain apabila tidak ada petugas parkir yang berpengalaman yang memandunya… Tapi jangan khawatir, semua ada tekniknya.. Jika Anda mengetahui tekniknya dengan benar, maka model parkir seperti ini bukanlah hambatan yang berarti.

Advertisement

Nah berikut rahasia teknik driver profesional dalam memarkir pararel kendaraanya tanpa panduan petugas parkir

1.Pastikan jarak antara kedua mobil depan dan belakang cukup untuk mobil Anda

Lebar tempat parkir 1,5 meter lebih panjang dari kendaraan adalah yang lebih aman, dan jangan lakukan sendiri jika Anda ragu kecuali ada ijin dari petugas parkir. Jadi intinya pastikan dulu jarak yang ada aman dan memadai.

Catatan :

  • Jika Anda masih pemula, hindari jika tempat parkir dijalanan menanjak atau menurun atau jalanan berlubang. Hal ini karena perlu memainkan pedal gas dan kopling, dan cukup riskan bagi pemula… kecuali menggunakan mobil jenis A/T atau matic
  • Jangan menggunakan pedal gas (asumsi jalanan rata dan bagus). Kaki kiri memainkan kopling, sementara kaki kanan bersiap diatas pedal rem! (manual).

2. Sejajarkan mobil Anda

Maju dan Posisikan bagian belakang kendaraan Anda sejarar dengan bagian belakang mobil yang sudah terparkir sebelumnya didepan yang berada disamping mobil Anda.

Lihat Juga :  Mobil Matic atau Manual?

cara parkir pararel 1

3. Mulai memasukkan ekor mobil terlebih dahulu

Caranya, putar penuh roda kemudi kekiri(asumsinya parkiran ada disisi sebelah kiri). Masukkan gigi mundur dan secara perlahan kopling dilepaskan dan mobil mulai mundur dengan pelan-pelan sambil melihat kaca spion kanan dan kiri bergantian

 

cara parkir pararel 2

Tekan kopling dan injak rem apabila kaca spion kanan sudah melihat bagian depan pojok kanan mobil yang terparkir dibelakang dan spion kiri sudah melihat ujung kiri kendaraan yang parkir dibelakang.

cara parkir pararel 3

Selanjutnya rem dan injak pedal kopling jika mobil manual, dan sampai disini kendaraan Ada harus berhenti dulu. Sekarang saatnya meluruskan dulu posisi roda agar benar-benar lurus.

4. Memasukkan badan kendaraan

Sekarang jalankan kendaraan Anda lurus sepanjang kira-kira 0, 5 meter atau posisi moncong kendaraan anda lurus dengan bagian belakang kendaraan yang sudah terparkir didepan mobil Anda. Untuk dapat melihatnya, Anda bisa menandai dengan melihat apabila pilar depan kiri mobil Anda berada terlihat sedikit berada dibelakang ujung kanan kendaraan yang sudah terparkir didepan mobil Anda. Jika sudah Anda pastikan demikian, sekarang hentikan mobil Anda untuk sementara.

Saatnya kini untuk memutar setir kekanan secara penuh, mulai lepaskan pedal kopling secara perlahan hingga mobil anda mundur pelan-pelan (jangan injak gas).

cara parkir pararel 4

Lihat kedua kaca spion mobil Anda, apabila sudah melihat ujung depan kanan dan kiri kendaraan dielakang anda, bisa dipastikan mobil Anda sudah terparkir dengan benar. Hentikan kendaraan Anda, luruskan posisi kemudi, dan handrem plus kalau perlu masukkan gigi 1.

Lihat Juga :  Cara mengatasi sepeda motor yang tiba tiba mogok

cara parkir pararel 5

Catatan : Sambil benar-benar pastikan kondisi belakang daam jarak aman melalui kaca spion kiri kakan plus spion tengah di ruang kemudi.

cara parkir pararel 6

 

5. Done

Note:

  • Untuk latihan, gunakan pancang kayu sebanyak empat buah sebagai pengganti mobil betulan.
  • Jangan lakukan sendiri dengan mobil asli jika belum pernah mencoba samasekali dengan cara latihan sampai berhasil beberapa kali.
  • Jangan mencoba melakukan ini tanpa mobil berhenti samasekali pada saat-saat tertentu, atau ikuti petunjuk diatas dengan benar dan baik.

Picture Credit  : http://www.wanadrive.com/

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *