Cara Mudah Merakit Sendiri Power Audio Mobil yang Bassnya Mantab

Jika Kalian memiliki hobby elektronik, merakit power audio mobil yang bassnya  jleb nendang sampai kedada bukanlah hal yang amat sulit. Hal ini karena kamu bisa memodifikasi sendiri daya keluaran yang diinginkan sesuai selera. Tidak perlu ahli dibidang elektronik, kamu hanya perlu membeli modul elektronik yang sudah jadi saja ditoko lalu tinggal merangkainya sebentar selesai. Yang perlu kamu ketahui cukup cuma mengeti mana jalur tegangan, mana jalur input/output audio itu saja serta pengetahuan dasar elektronik. Berikut saya akan membagikan skema pengkabelan serta modul apa saja yang perlu kamu beli ditoko untuk merakit sebuah power audio mobil stereo + subwoofer , yang tentunya mantab habis.

Advertisement

Skema dan cara merakit power audio mobil sederhana, dengan hasil maksimal untuk pemula

Untuk merakit power audio mobil ini, kamu harus memperhatikan dengan seksama pada skema dan “wejangan” yang saya berikan agar hasilnya memuaskan. Pertama, kamu harus memastikan memiliki speaker yang memadai, karena speaker adalah salah satu faktor utama. Untuk speaker subwoofer kamu memerlukan speaker berdiameter12″ maksimal 200watt dengan desain box yang baik, sedangkan untuk speaker midel, kamu cukup menyediakan 2 box salon kecil masing-masing minimal 6″ plus twitter. Berikut modul/kit elektronik dan beberapa bahan/komponen yang perlu kamu sediakan untuk membuat power audio mobil DIY.

1.  Kabel

Untuk kabel input/output kamu wajib menggunakan kabel head/skerm 3 phase stereo, sedangkan untuk kabel tegangan kamu dapatkan jenis kabel tunggal besar yang berkualitas.

kabel head skerm input output amplifier

2. RCA dan terminal speaker

Kamu sediakan RCA female untuk input dari Head Unit, serta 2 terminal speaker.

3. Modul Filter Subwoofer

Modul ini sangat mudah kita dapatkan dengan aneka model, namun saya sarankan pilihlah model yang menggunakan IC 8 pin atau double op-amp biasanya JRC458. Selain lebih murah, kualitas low atau subnya cukup bagus dan bersih.

Lihat Juga :  Kerusakan Umum pada Driver POWER Amplifier OCL 150 watt

4. Modul tone control

Modul tone control bisa kamu beli model yang tanpa potensio subwoofer, dan yang menggunakan tegangan simetris 15volt.

5. Modul Power ampli 150Watt OCL stereo

Modul ini digunakan untuk speaker midel, jadi untuk transistor finalnya biarkan saja pakai standard yaitu TIP3055 dan TIP2955.

6. Modul Power ampli 150 OCL mono

Untuk power yang ini kita pilih power mono saja karena saya disini hanya menggunakan 1 buah speaker untuk subwoofer. Hanya saja, untuk transistor finalnya pakai transistor sanken atau toshiba karena subwoofer ini butuh daya yang lebih besar.

7. Modul inverter DC 12V to DC 24V simetris

Modul inverter gunanya untuk mengubah tegangan 12V aki ke tegangan simetris 24V. Kamu bisa memilih yang 32V biar lebih mantab, namun kamu juga perlu memodifikasi semua power amplifier OCL 150W terutama mengganti elco yang biasanya 35V menjadi 50 – 100V.

8. IC 78/7915

IC 7815 dan 7915 adalah IC stabilizer , yang disini akan kita gunakan sebagai penurun tegangan 24V dari inverter dengan asumsi kit filter subwoofer dan tone control membutuhkan tegangan simetris 15volt. Ya, biasanya memang membutuhkan tegangan sebesar itu yaitu 15Volt simtetris.

9. Switch untuk power On dan Subwoofer On

Sediakan saklar untuk power On off, untuk mematikan seluruh power jika tidak digunakan. Satu saklar lagi untuk mematikan atau menghidupkan subwoofer ketika sedang tidak diperlukan kehadirannya.

10. Resistor

Resistor sebanyak 4 buah yang memiliki resistansi 47K juga perlu kamu sediakan, untuk digunakan sebagai pembagi input.

11. Capasitor milar

Capasitor milar 2n2 2 buah digunakan untuk mengurangi suara detak pada speaker ketika power dihidupkan atau speaker sub woofer dihidupkan.

Lihat Juga :  Kelebihan Kekurangan SMPS untuk Audio Sound Lapangan

12. Sekering

Sekering ini penting untuk menghindari kerusakan atau kebakaran jika power mobil ada yang koslet. Dapatkan sekering 3-5 amper.

13. Terminal untuk DC In dari aki

Saya lupa nggak fotoin gambarnya, pokoknya tanya saja ke toko beli terminal DC 12V dari aki, yang tinggal tancap

Berikut skema pengkabelan power audio mobil DIY

Cara merakit sendiri power audio mobil bass mantab

Catatan :

  • Perhatikan jalur ground atau negatif dari aki mobil terhubung ke body power audio yang terbuat dari seng(usahakan box power dari seng atau logam) untuk menghindari storing.
  • Jalur ground pada sirkit/modul rangkaian jangan dihubungan dengan body, serta ground pada jek RCA jangan terhubung ke body power atau negatif aki.
  • Gunakan kabel input dari Head Unit yang berkualitas bagus agar tidak storing.
  • Bautkan body IC 78/7915 ke pendingin atau body power dari logam perlu di berikan isolator.
  • JIka bassnya kurang los, maka ganti/tambahlah ELCO pada inverter dengan kapasitansi yang lebih besar misalnya 10000mf 60V sebanyak 2 buah.
  • Perhatikan pin REM pada inverter, harus dihubungkan ke positif aki atau bisa juga dihubungkan ke jalur Remote pada head unit supaya power otomatis OFF jika Head Unit off. Namun saran kamu bisa menghubungkan langsung ke jalur + aki dengan saklar untuk mematikan power secara individual.
  • Pesan: Jangan tergesa-gesa, terutama pastikan pengkabelan jalur tegangan benar jangan sampai terbalik plus dan minusnya.

Coba juga ya! : Cara Merakit Stereo Amplifier 150W dengan Microphone, Subwoofer filter dan Radio USB

Demikian cara merakit sendiri power audio mobil 3 channel lengkap dengan subwoofer untuk memperoleh bass yang menggelegar. Untuk pertanyaan jika ada kesulitan silahkan oret-oret di komentar.

Advertisement

2 thoughts on “Cara Mudah Merakit Sendiri Power Audio Mobil yang Bassnya Mantab

  1. Udin

    Bisa minta foto aplikasinya ke mobil mas? Blm pny gambaran gmn mau mengaplikasikan ke mobil saya.. mengenai pengaturan posisi box power & speakernya.
    Bisa minta no WA mas?

    Reply
    1. Supri Post author

      Buatan saya komplit seperti skema diatas sudah 1/2 tahun lalu, bukan untuk sendiri tapi bikinin orang dan nggak sempat ambil fotonya. Kalau yg saya pakai sendiri cuma kit subwoofernya saja, soalnya Head Unitnya udah pakai speaker Low/high yg terpasang dipintu sudah cukup keras…. 😀

      Power dan speaker lebih enak diletakkan dibagasi belakang supaya ringkas dan nggak riweh. Lalu Speaker mid bisa dipasang di sisi kira dan kanan, sementara utk speaker subwoofer biasanya ditengah. Itu kalau untuk mobil sejenis minibus atau jeep, kalau sedan biasanya cukup pakai utk midnya pakai speaker pintu dan powernya hanya utk subwoofer saja

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *