Cara Menghemat Baterai Laptop

Jika kamu adalah orang yang menyukai nongkrong disuatu tempat seperti kafe,warung kopi,mall atau dimana saja sambil beraktifitas menggunakan lapop atau notebook.Dalam kondisi seperti itu mungkin kamu juga sering mendapati baterai laptop kamu tidak mampu bertahan lama.Hal seperti itu mungkin tidak menjadi masalah jika kamu membawa charger dan disana disediakan colokan listrik untuk melakukan charge baterai.
Lalu bagaimana kalau hanya membawa laptop saja dengan kapasitas energi didalam baterai apa adanya?…
Agar laptop kamu bisa lebih bertahan lama untuk hidup,mungin tips ini akan berguna.
Sebelum kita bahas tentang tips untuk menghemat baterai laptop agar bertahan lebih lama,ketahui dulu bahwa kemana saja daya dari baterai tersebut dialirkan kedalam komponen laptop.Dengan begitu kamu akan tahu tentang langkah langkah yang diperlukan agar baterai laptop bisa lebih tahan lama.
Microsoft telah membuat sebuah diagram yang berguna untuk mengetahui kemana saja arus listrik dari baterai dipergunakan pada laptop windows.Dalam diagram tersebut kita bisa melihat hardware atau perangkat mana saja yang menggunakan daya yang lebih besar atau lebih kecil.

Advertisement

Dari melihat gambar diagram tersebut,ternyata layar LCD adalah bagian komponen yang paling besar memakan energi.Dari situ kita bisa melihat dan melakukan efisiensi dalam penggunaan baterai agar bisa lebih awet.

Berikut langkah agar baterai laptop bisa lebih hemat:

Cara Menghemat Baterai LaptopWalaupun tidak termasuk dalam daftar diagram,perangkat yang menggunakan USB itu sebenarnya juga lebih cepat menghabiskan baterai laptop anda.Seperti external hardisk,flashdisk mouse dll.
Komponen lain seperti LAN,modem,Wifi dan bluethoot juga membutuhkan daya dari baterai.Oleh karena itu jika tidak sedang digunakan sebaiknya dilepas atau dinonaktifkan.

Lihat Juga :  Faktor yang bisa mempengaruhi kecepatan Internet

Cara Menghemat Baterai Laptop
Layar LCD laptop adalah bagian komonen yang paling menguras daya baterai (43% dari total kebutuhan).Setting kapan layar laptop kamu akan mati otomatis jika laptop sedang tidak digunakan.Kamu juga bisa melakukan penghematan daya untuk layar dengan melakukan penyetelan kecerahan.Aturlah kecerahannya seredup mungkin,asalkan mata Kamu masih bisa melihat dengan jelas.

Cara Menghemat Baterai LaptopSelanjutnya kamu bisa masuk kedalam power plan setting,setting kapan hardisk untuk berhenti dengan cepat setelah tidak ada transfer data.Menggunakan pilihan daya rendah untuk prosesor,graphic card,adapter nirkabel dll.Kamu juga bisa mengatur kapan kipas prosesor laptop akan hidup,atau dibiarkan sesuai dalam keadaan default.

Selain menghemat baterai dari faktor hardware diatas,kita juga bisa mengefisiensi penggunaan baterai dari penggunaan software.Software yang berjalan dibelakang layar akan membuat prosesor terus bekerja,sehingga akan mengkonsumsi daya lebih besar.Anda bisa mematikan software software  tersebut jika memang tidak diperlukan.
Kamu bisa menggunakan software aerofoil untuk melakukan tugas tersebut dengan otomatis dan mudah.

Cara Menghemat Baterai LaptopMenggunakan mode hybernate jika laptop kamu tidak sedang dipergunakan.Dalam Modus hybernate ,laptop tidak sepenuhnya mati dan hanya menggunakan sedikit daya untuk menghidupi memori.Hal ini bisa menjadi pilihan jika kamu tidak ingin mematikan aplikasi saat laptop sedang tidak dipergunakan.Jika memungkinkan,hal ini adalah pilihan yang baik.

Hal hal lain yang bisa membuat cepat habisnya daya baterai adalah kondisi dari baterai itu sendiri.Seiring masa penggunaannya, baterai laptop akan mengalami penurunan fungsi penyimpanan daya.Selain faktor umur,perilaku pengguna juga bisa mempercepat penurunan tersebut.Baca juga: Cara Agar Baterai Laptop Awet.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *