Cara Menggunakan Power Ampli BTL dengan baik agar Aman dan Maksimal

Banyak cerita yang beredar Mengenai power ampli BTL dikalangan penggemar audio atau para sound engineer. Power BTL ditengarai mampu menghasilkan daya keluaran yang dahsyat, namun dengan biaya yang relatif sedikit dari pada power OCL. Benarkah demikian?…

Advertisement

Yup betul sekali 2 buah Power ampli OCL yang di BTL mampu melipat-gandakan daya keluaran hingga 3,5 lipat jika di konfigurasi dengan benar. Bahkan dengan tegangan trafo 32VAC saja power BTL sudah mampu menggetarkan loudspeaker yang berdaya 1000 watt yang pada umumnya bisa dilakukan oleh power berdaya tinggi dengan catudaya 64VDC. Cobalah bayangkan sendiri kedahsyatan dari power BTL ini.

Namun bukan tanpa cacat, setiap kebaikan pasti ada kekurangannya. Kekurangan dari power BTL ini ialah jika penggunaan kurang pas atau konfigurasi kurang baik, maka risikonya adalah TR Final jebol mendadak karena overheat atau spul speaker terbakar tiba-tiba. Nah untuk itulah jika kamu tertarik dengan power BTL,  maka kamu harus memahami beberapa hal agar final amplifier dan speaker aman dan mendapatkan daya yang optimal.

Cara Menggunakan Power Ampli BTL dengan baik agar Aman dan Maksimal

Mengkonfigurasi power BTL dari 2 buah power ampli OCL

BTL adalah penggabungan dari dua power OCL atau OTL, maka karakteristik kedua power haruslah sama persis agar cacat audio bisa diminimalisir sekecil mungkin. Cara mengkonfigurasi 2 buah power untuk dijadikan BTL biasanya dengan cara membalik fasa signal input yang dimasukkan ke salah satu power ampli, dan salah satu power yang satunya mendapatkan signal yang diumpankan ke bagian non-inverting dan yang satunya melalui jalur inverting. Yang pada intinya, nantinya kedua output dari masing-masing power ampli yang di BTL ini berbeda fasa.

Lihat Juga :  Cara Mudah Merakit Sendiri Power Audio Mobil yang Bassnya Mantab

Power OCL adalah jenis power sejuta umat ini diakui sebagai power yang cukup stabil dan mampu menciptakan daya besar untuk sebua power BTL. Ada dua cara dalam membalik fasa, yaitu dengan membuat rangkaian khusus atau dengan cara bridge langsung pada rangkian. Namun disini khusus untuk power OCL 150 WATT kamu tak perlu repot membuat rangkaian khusus pembalik fasa, karena kamu cukup menyediakan 1 buah resistor saja.

Kamu juga bisa membeli kit jadi BTL yang sudah jadi sehingga tak perlu lagi bersusah untuk membalik fasa sendiri.

Gambar : Skema Cara Mengkonfigurasi 2 power ampli OCL 150 untuk dibridge /  BTL tanpa menggunakan rangkaian pembalik Fasa input.

Keterangan :

  • Input power yang digunakan adalah inputn power pertama, dan input power kedua di gabung ke ground.
  • Jumper dengan tahanan R33K pada kaki basis transistor diferential (lihat gambar) menuju titik jalur speaker power OCL yang pertama.
  • Output masing-masing power adalah fasa untuk speaker

Menggunakan supply yang cukup

Sudah saya katakan diatas bahwa power BTL dengan catu 32V trafo sudah bisa menggetarkan speaker 1000 watt. Dan karena prinsip power BTL adalah melipat gandakan daya output, maka hal ini hannya bisa dilakukan dengan power berdaya menegah. Jadi aneh kalau power ampli berdaya tinggi di BTL kan?…. maka akan sekuat apa loudspeakernya nanti?… Sedangkan tegangan 32V trafo saja power BTL sudah mampu mengimbangi power dengan tegangan 64V.

32V adalah supply yang ideal, karena jika kekurangan tegangan maka daya output power BTL akan kecil dan jauh dari harapan. Sedangkan jika lebih besar maka tr Final akan kepanasan yang efeknya bisa rusak ataupun penurunan daya.

Lihat Juga :  Mengenal Perbedaan Kelas atau Class dalam Driver Power Amplifier

Jangan menggunakan lebih dari 2 buah speaker  untuk power BTL

Lho kenapa bisa demikian?…. karena menambah speaker akan berpengaruh terhadap impedansi, dan impedansi yang salah terlalu tinggi atau rendah akan merusak TR finalnya. Misalnya speaker kamu 8ohm, ketika dipararel dengan speaker yang sama maka akan menjadi 4 ohm, dan power BTL akan membacanya menjadi 2ohm. Dan inipun sudah cukup berisiko untuk power BTL. Jadi disarankan untuk menggunakan 1 speaker 8 ohm yang berdaya besar untuk power BTL kamu. Kamu bisa menggunakan speaker 1000 watt untuk 2 set  sanken untuk masing-masing power ampli yang di BTL. Jika kamu ingin menggunakan 2 buah speaker, maka kamu bisa menggunakan 2 buah speaker 16 ohm yang dipararel, atau 4ohm yang dirangkai seri jika tidak menemukan speaker 16 ohm. Baca juga : Cara Menyambung Banyak Speaker yang Benar pada Audio Sound System

Berikan TR Final pendingin yang cukup

Karena power BTL mampu melipat gandakan ouput, maka tr final seakan bekerja dengan cara dipaksa. Untuk itu, pendinginan pada power BTL harus maksimal agar TR final tidak jebol atau daya output tidak menurun.

Gunakan trafo dengan kualitas bagus

Sama dengan TR final, trafo pun akan bekerja dengan lebih keras untuk poweer BTL, jadi gunakan trafo yang berkualitas bagus agar tidak kebakaran ditengah konser musik atau tanggapan kamu. Termasuk elco harus bisa lebih baik dan lebih besar daripada biasanya.

Demikian cara cara atau tips dan cara aman menggunakan BTL/bridge power amplifier yang perlu kamu ketahui agar bisa menghasilkan audio yang jernih berdaya tinggi, dengan biaya lebih murah dan aman tentunya.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *