Cara mengatasi dan memperbaiki Remot TV macet

Remote merupakan bagian yang tak terpisahkan dari sebuah televisi masa kini.Khususnya untuk yang gemar bermalas malasan nonton TV sambil tiduran.Adanya memang sudah begini,teknologi sudah maju masak masih main colok untuk mengoperasikan TV.Iya kalau jaman dulu,karena memang belum mengenal yang namanya remote control.

Advertisement

Remote TV yang sering ngadat memang bikin bete,apalagi sekarang yang sudah banyak sekali saluran siaran yang bisa dinikmati.Masak sih harus berdiri duduk berdiri duduk hanya gara gara tak ingin melewatkan acara acara stasiun lainnya.Ditambah dengan semakin banyaknya iklan sponsor yang semakin padat saja jam tayangnya.Remote yang ngadat akan membuat tangan menjadi semakin gatal.

Tenang saja sebab remot orisinil yang ngadat jarang sekali diakibatkan oleh terbakarnya komponen tertentu.Karena remote hanya menggunakan daya dari baterai,dan remote orisinil tentunya lebih bagus kualitasnya.Paling paling hanya kerusakan ringan yang sebenarnya sangat mudah untuk diperbaiki sendiri.Kecuali remote sudah hancur berantakan gara gara dibanting, disaat lagi suntuk habis putus ama pacar.

Sebenarnya membeli remote baru harganya cukup murah dan mudah didapatkan.Namun remote kontrol yang banyak dijual adalah remote universal(bukan orisinil) yang bermutu rendah.Pada umumnya lebih boros baterai ,kurang sensitif dan gampang sekali rusak tanpa sebab.

Sebelum anda memutuskan untuk membeli remote TV baru,coba deh beberapa tips sederhana untuk membetulkan remote berikut.Siapa tahu remote anda yang orisinal tersebut bisa digunakan kembali dengan lancar.
Sebelum anda memfonis remot anda bermasalah, pastikan dulu bahwa baterai yang digunakan benar benar masih dalam kondisi yang maksimal.

Lihat Juga :  Antena TV yang Bagus

Kerusakan kerusakan Umum yang terjadi pada remote orisinil dan cara mengatasinya:

Semua Tombol tombol sama sekali tidak berfungsi
1.Periksa sekali lagi apakah baterai masih baik,dan pastikan memasangnya sudah benar (tidak terbalik).

2.Jika sudah pasti penyebabnya adalah bukan baterai,bongkar remote kemudian bersihkan terminal baterai dari korosi (yang bersinggungan dengan kutub baterai) .Untuk membersihkan pergunakan kain kasar yang sudah dicelup alkohol/minyak tanah.

3.Periksa apakah kaki kaki pada lampu LED infra merah masih terpasang dengan baik.Seringkali kaki lampu LED pada remote tersebut lepas karena sering terjatuh.Jika lepas,solderlah dengan sempurna seperti sediakala.

Tombol sebagian berfungsi dan sebagian lainnya kadang macet bahkan tidak merespon sama sekali:

Ini permasalahannya sudah jelas,yaitu karbon yang melapisi karet pada bawah tombol sudah habis.
Langkah mengatasinya:

  • Bongkar remote tersebut -> pisahkan papan tombol (dari karet) terhadap papan sirkuit (PCB).
  • Bersihkan permukaan PCB yang bersentuhan dengan bagian bawah papan tombol menggunakan kain yang dibasahi alkohol.
  • Ambil pensil 2B (biasa dipakai ujian menggunakan kertas komputer),jangan terlalu runcing ujungnya.-> Gesek gesekkan ujung pensil pada setiap bagian bawah tombol (yang bersentuhan dengan sirkuit PCB) sampai hitam merata seluruhnya.Ini dimaksudkan untuk menambah ketebalan karbon yang mulai menipis/habis.
  • Pasang kembali dengan benar seperti semula,dan coba digunakan.
  • Taraaaa,,,,,99% dijamin remote sudah tidak suka macet lagi fungsi tombolnya.
Lihat Juga :  Tips Memilih VGA

Semoga remote anda bisa dipergunakan dengan baik kembali setelah menerapkan tips diatas.Dan jika remote ngadat kembali hanya dalam waktu pemakaian beberapa hari,rupanya anda memang harus membeli remote yang baru lagi.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

2 thoughts on “Cara mengatasi dan memperbaiki Remot TV macet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *