Cara memilih VGA yang bagus dan cocok

VGA atau Video Graphic Array adalah sebuah hardware yang bertugas mengolah grafik.VGA juga banyak disebut dengan GPU atau prosesor kedua selain CPU,karena disini lah proses pengolahan data yang berupa grafik dilakukan.Untuk bisa menghasilkan grafik yang bagus,VGA dengan spesifikasi semakin tinggi adalah pilihan.Namun anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dari komputer anda untuk memilih sebuah VGA.Berbagai macam spesifikasi dan merek yang beredar dipasaran,berikut tips tipsnya dalam menentukan pilihan untuk membeli sebuah VGA yang cocok untuk keperluan PC anda.

Advertisement

Tips Memilih Video Graphics Array (VGA)

 Cara Memilih VGA yang bagus dan cocok
IMG Source flickr.com
  • Pilihlah brand VGA yang kualitasnya sudah terpercaya.Tanyakan kepada toko yang anda percaya juga.
  • Pilihlah VGA yang beresolusi yang tinggi. Akan tetapi pastikan ukuran resolusi VGA sesuai dengan ukuran resolusi monitor Anda. Umumnya, resolusi minimal monitor saat ini adalah 1.0224 x 768 pixel.
  • Pilihlah VGA yang memiliki nilai refresh rate yang tinggi. Apakah itu Refresh Rate? Refresh rate adalah kecepatan kedip rata-rata computer. Karena Semakin tinggi nilai refresh rate dari  VGA, maka tampilan monitor tentu akan semakin bagus.
  • Sesuaikan model VGA dengan modul yang ada pada motherboard. Sebaiknya pakailah model AGP 2x, AGP 4x, atau AGP 16x.
  • Pastikan VGA yang memiliki port DVI atau Video Visual Intervace. Port DVI merupakan jenis port yang tersambung ke monitor. Apabila masih menggunakan port VGA, sebaiknya anda harus membeli konverter port VGA ke port DVI.
  • Pastikan VGA tersedia fasilitas S-Video in (Video In/TV Out) atau VIVO (Video Out Video In). Ini berguna sebagai konektor untuk mengirim gambar dari camera video VCR ke computer. Fungsi lain daripada fitur ini adalah untuk  mengirim sinyal ke perangkat lain,seperti proyektor (infocus) atau TeleVisi.
  • Apabila anda adalah gamer (suka main game), belilah VGA yang bisa di overlock. Apa itu overlocking? Overlocking salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan kinerja VGA. Agar bisa di overlock, pastikan VGA mempunyai system pendingin yang mumpuni karena overlock akan menyebabkan VGA cepat panas.
  • Pastikan VGA mendukung teknologi API atau Application Program Interface.API adalah progam yang berfungsi untuk menampilkan gambar 3D. Program API yang biasa digunakan sebagai berikut :  
  • OpenGL :Kelebihan program Open GL adalah dapat meng update driver VGA yang terbaru melalui internet. Selain daripada itu, OpenGL bisa digunakan untuk semua system operasikomputer. Namun  kelemahan OpenGL ini hanya terbatas pada penggunaan interface grafik. -DirectX :Kelebihan DirectX karena dilengkapi direct3D(mengolah grafik),DirectSound (mengolah suara) dan DirectPlay ( mengolah jaringan). Aplikasi aplikasi ini sudah didukung oleh update terbaru yang bisa di dapat melalui situs resminya.

  • Jika membeli baru,tentu saja harus Pastikan bahwa VGA yang dibeli dilengkapi dengan  yang garansi minimal 1 tahun.
  • Advertisement

    Mungkin Anda juga Menyukainya :

    3 thoughts on “Cara memilih VGA yang bagus dan cocok

    1. Anonymous

      1. Mana ada AGP 16X bro…
      2. VGA keluaran 2009 ke atas udah pasti support DirectX dan OpenGL. 3. Refresh rate itu tergantung dari monitor (biasanya CRT yang masih bisa diatur refresh ratenya), bukan VGA.
      4. Untuk resolusi, tergantung dari RAM VGA. VGA sekarang minimal punya RAM 512 MB, jadi untuk resolusi 2048 x 1536 udah gak masalah.
      5. Fasilitas VIVO dan S-Video In sudah jarang ada di VGA keluaran terakhir. Ini dibutuhkan hanya untuk edit video.
      6. VGA baru, garansi minimal memang satu tahun. Kecuali anda beli VGA bekas.

      Reply

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *