Cara membuat Website Toko Online

Perkembangan teknologi khususnya teknologi informasi semakin pesat saja.Menurut data sebuah lembaga pemberitaan,tahun 2010 saja pengguna internet di indonesia sudah mencapai 57 juta lebih.Bayangkan berapa jumlahnya sekarang setelah 2 tahun kemudian.
Selain didukung oleh prasarana yang semakin memadai,masyarakat sekarang merasa informasi yang lebih cepat diterima sudah seperti menjadi kebutuhan.
Informasi apa saja bisa diperoleh dari internet secara gratis setiap saat.
Dengan kejelian membaca kebutuhan akan informasi pengguna internet yang semakin membeludak,telah membuat beberapa pebisnis di internet meraih kesuksesan besar.Ya,mereka datang dari berbagai bidang,namun pada intinya informasi adalah produk utama mereka.

Advertisement

Bahkan saat ini sudah banyak pengelola situs pribadi (blog),dengan hanya memiliki kemampuan menulis dan sedikit pengetahuan IT sudah mampu menghasilkan profit yang besar.

Sebegitu mudahnyakah membuat sebuah situs pribadi?,,,,exactly!!
Saat ini sudah sangat jauh bro perbedaanya,kalau dulu sebuah situs hanya mampu ditangani oleh orang yang berpendidikan dan berkemampuan khusus.Biaya tetek bengek sebuah situs dulu sangat mahal,sehingga hanya pebisnis besar atau personal kayaraya saja yang mampu membiayai.

Kalau sekarang tahu sendiri kan?… hanya cukup dengan mendaftarkan akun,bahkan kita sudah bisa membuat blog gratis.

Selain blog,yang lagi ngetrend  sekarang adalah mengelola toko online (e-commerce).Sekarang ini banyak orang yang sudah merasa tidak perlu lagi membuka toko secara real,mereka cukup hanya dengan membuka lapak diinternet dengan biaya bulanan berkisaran puluhan ribu saja.Dan semua kegiatan maintenance situspun seluruhnya bisa ditangani sendiri.

Seperti yang dilakukan tetangga saya,dia seorang pengusaha toko oleh oleh.Selain melayani pembeli melalui lapak toko yang sudah dibangunnya,sekarang dia mengembangkan jangkauan pemasarannya juga  melalui internet.
Anda pun atau siapapun tanpa berlatar pendidikan khusus saat ini bisa membuat toko online sendiri.Dengan biaya yang sangat murah dan tanpa dibantu oleh tenaga ahli dibidang website.

Bagaimana caranya agar saya bisa membuat situs toko online sendiri?…
Pertama cukup meyediakan komputer plus internet,membuat alamat email dan perhatikan langkah langkah berikut:

Ketahuilah lebih dulu tentang webhosting dan domain,Baca berikut ini: Yang dimaksud dengan domain dan hosting
,Seluk beluk webhosting yang perlu diketahui,Apa yang disebut webhosting  Dan Cara memilih webhosting yang bagus

Lihat Juga :  Cara membuat Password yang kuat

Jika anda sudah memahami isi dari beberapa artikel diatas,saatnya mulai untuk membuat toko online sendiri.

Platform seperti wordpress (patform blog) bisa juga dijadikan sebagai sebuah toko online.Caranya pun cukup mudah,anda hanya tinggal mendapatkan template atau plugin wordpress untuk toko online.
Untuk membuat blog wordpress hosting sendiri baca: Cara Membuat Blog WordPress

Namun sebenarnya ada cara yang lebih mudah lagi,hanya cukup menginstal satu kali saja toko sudah jadi.
Fasilitas instal otomatis ini biasanya sudah disediakan oleh webhosting.Namun kadang hanya berbeda saja menyebutnya,misalnya ada fantastico,ada quickinstall dan ada softaculous.Semuanya sama yaitu auto installer atau instal situs secara otomatis.

Sekarang saya hanya mencontohkan fasilitas autoinstaller yang disebut dengan softaculous.Karena softaculous ini kebetulan adalah fasilitas yang disediakan oleh webhosting langganan saya.

Berikut caranya menginstal website toko online dengan softaculous:

1.Anda sudah order paket webhosting plus nama domain,kemudian login kedalam c-panel hosting menggunakan alamat URL cpanel dan username+password yang sudah diberikan penyelenggara webhosting.

2.Cari bagian yang seperti gambar berikut,dan klik softaculous.

Cara membuat Website Toko Online

3.Sekarang anda sudah berada didalam halaman fasilitas autoinstaller dari softaculous.Lihatlah daftar dalam gambar berikut,ada banyak sekali jenis situs toko online yang ada.Namun disini saya hanya mencontohkan jika menggunakan CMS toko online dari Zen Cart.Karena Zen Cart ini sudah banyak yang menggunakan.Klik Zen Cart jika anda menghendaki web buatan zen cart.

Cara membuat Website Toko Online

4.Setelah masuk kehalaman CMS ecommerce Zen Cart,lihatlah ke bagian bar atas.Disana ada beberapa link,diantaranya ada link “Demo” dan “Install”.Pilih demo jika anda ingin melihat seperti apa tampilan dan fasilitas fasilitas toko online dari zen cart.Jika anda sudah merasa cocok dengan tampilan situs toko online zen cart ini,silahkan klik Install.

Cara membuat Website Toko Online

5.Lakuan pengisian form untuk melakukan set up,lihatlah petunjuk pengisian  dibawah gambar!:

Cara membuat Website Toko OnlineCara membuat Website Toko Online

Choose Protocol: Pilih menu yang http://www,sebab jika pilih yang tanpa www situs tidak bisa diakses tanpa www.

Lihat Juga :  HTML Tag Table

Choose domain: Jika anda memiliki domain addon dan subdomain,pilih salah satu domain yang dikehendaki.kalau cuma satu domain saja,ya domain itulah yang dipakai untuk mengakses toko anda.

In directory:Contoh pada gambar diatas tertulis zencart,jadi toko online anda secara otomatis akan terinstal pada folder zencart.Artinya situs bisa diakses hanya dengan url http://www.tokoku.com/zencart atau disebut menggunakan subdomain (root subfolder).
Jika anda menghendaki toko online anda terinstal pada root domain utama ,In Directory ini anda kosongkan saja.Sehingga toko anda nanti menggunakan nama domain utama yaitu http://www.tokoku.com.

Database Name: Adalah nama database situs anda.Bisa anda ganti ataupun dibiarkan saja seperti defoult.Database nantinya dipergunakan sebagai tempat penyimpanan data data yang di upload di situs toko anda,termasuk username,password dll.

Store Name: Isi dengan nama situs anda,bisa diganti lagi nanti jika toko anda sudah jadi melalui admin area.

Stor Owner: Bisa anda isi dengan nama anda.

Store adress: Isi dengan alamat dari toko anda ,jika memiliki bangunan toko dirumah.

Table Prefix: Adalah nama table didalam database,biarkan saja seperti default.

Admin Username:Buat username anda,nantinya dipakai login kedalam admin area.

Admin Password:Buat Password anda,nantinya digunakan untuk login kedalam admin area.

Admin Email:Masukkan alamat email anda,untuk menerima segala laporan dari aktifitas yang dilakukan didalam toko online anda.Jika anda lupa password admin,nanti bisa direset melalui email tersebut.

Email instalation details to: Isikan dengan alamat email anda tadi,laporan penginstalan akan dikirim kealamat email tsb.

Install: Periksa sekali lagi apakah pengisian form diatas sudah benar.Mulai klik install dan biarkan sistem menginstal situs toko online anda sampai selesai.Tidak ada satu menit mugki sudah selesai proses ini.

Nah,sekarang toko online anda sudah jadi.Silahkan memasukkan foto foto,harga dari barang yang akan anda jual.Membuat halaman contact us,about Us,terms of service,posting dll.
Mudah bukan??….

Cara membuat Website Toko Online
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *