Cara Membuat Website

Sebagai seorang yang ingin mengembangkan suatu bisnis,cara berpromosi melalui internet bisa jadi merupakan cara efektif yang layak untuk di pikirkan.Dengan semakin cepatnya perkembangan teknologi khususnya teknologi informasi dimana internet sudah hampir menjadi kebutuhan wajib setiap orang .Inilah saatnya anda mengambil kesempatan untuk mengembangkan bisnis anda dengan berpresentasi melalui internet dengan cara membuat website sendiri.Cara pemasaran baru yang efektif dengan prasarana murah melalui internet.

Advertisement

Memiliki sebuah situs untuk saat ini bukan hanya bisa dimiliki oleh perusahaan besar saja,bahkan UKM atau Industri rumah tangga/perorangan pun bisa mempromosikan produk dengan memiliki situs sendiri.Bahkan tidak harus memiliki kemampuan mengenai web programing pun semua orang bisa membuat situs  sendiri,sehingga memiliki situs sendiri bisa menjadi sangat murah (berkisaran ratusan ribu saja) dan bahkan GRATIS!.

Banyak bukti dari sebuah usaha kecil yang menjadi maju dan selalu kebanjiran pelanggan dalam dan luar negeri hanya dengan berpromosi melalui situs sendiri.Anda tertarik?….

IMG source: www.flickr.com
Cara membuat website sendiri

Lalu bagaimana cara membuat situs yang mudah tanpa harus menguasai web programing dan sekaligus murah..

Berikut ini beberapa cara mudah yang bisa anda pergunakan untuk membuat website sendiri.

Menggunakan Website builder

Ini adalah pilihan pertama untuk membangun situs,yaitu memanfaatkan web bulder.Web builder adalah sebuah layanan dari internet yang memudahkan awam untuk membuat sebuah situs.Dimana seseorang bisa membuat situs hanya dengan melakukan petunjuk yang ada.Interface dari situs layanan webbuilder sangat memudahkan,interface tersebut dikenal juga dengan sebutan WYSIWYG (What-You-See-Is-What-You-Get).Apa yang anda lihat,itulah yang akan anda dapatkan.Jadi anda sudah bisa membuat sebuah situs hanya dengan pasang ini dan pasang itu.Web builder sangat mudah,tidak dibutuhkan keahlian khusus untuk membuat sebuah situs.

Contoh website penyedia web builder dan sudah populer adalah ewisoft dot com
,tetapi ewisoft tidak gratis,tetapi anda bisa mencobanya gratis trial.Jika berminat silahkan mencobanya gratis,dan boleh membayarnya nanti kalau memang sudah cocok.

Lihat Juga :  Kelebihan forex trading dari bisnis investasi lain

Web builder gratis yang lain adalah wix dot com .Silahkan untuk berexperimen membangun situs sendiri dengan memanfaatkan web builder tersebut.

Blog Gratis
Bikin blog adalah cara yang paling banyak diminati karena selain mudah,anda juga bisa mendapatkan blog anda secara full gratis.Anda bisa membuat situs anda sekarang juga di www.blogger.com.

Menginstall website sendiri.

Untuk bisa menginstall website sendiri, maka anda harus menyewa webserver kepada penyedia webhosting.Baca tutorial webhosting lengkap di: Apa yang disebut dengan domain dan hosting

Cara menginstall situs diwebhosting ada dua cara:

Cara Manual:
Jika anda memilih menginstal situs secara manual,maka anda harus mempersiapkan file yang membangun situs anda terlebih dahulu.
File yang membangun situs adalah terdiri dari dokumen dokumen HTML maupun PHP yang sudah dihububgkan (setting)  antara yang satu dengan yang lain.Hal ini biasa dikenal dengan CMS (Content Mangement System),atau aplikasi situs yang sudah jadi.

Untuk mengupload CMS kedalam server webhosting,diperlukan perangkat lunak yang disebut FTP (File Transfer Protokol).FTP akan menghubungkan komputer anda dengan webserver agar bisa mentransfer file dari situs yang akan anda install disana.Tidak berhenti disitu saja,jika situs anda membutuhkan penyimpanan didatabase.
Anda juga harus mengkonfigurasi database agar terhubung dengan situs anda didalam server.

Untuk menginstall website sendiri secara manual,paling tidak sedikit pengetahuan tentang database dan PHP dasar.

Cara Otomatis.
Dengan menggunakan cara instal otomatis,kita sudah bisa menginstal dengan hanya 1 klik install saja!!.Jauh lebih mudah jika kita menggunakan cara manual.
Fitur seperti ini hanya disediakan oleh webhosting tertentu,namun sepertinya saat ini sebagian besar webhosting sudah menyediakan.

Fasilitas autoinstaller  atau banyak disebut juga dengan fantastico adalah pilihan untuk membangun situs bagi awam.

Dengan membuat situs melalui fasilitas autoinstaller,webmaster hanya perlu melakukan beberapa konfigurasi ringan dan mudah saja.Memasukkan username admin,paswword,alamat email dan kemudia hanya tekan tombol “Install” hanya beberapa detik saja situs sudah jadi.Nah mudah bukan?……jadi tidak diperlukan kemampuan pemrograman untuk bisa membuat situs sendiri dengan autoinstaller.

Lihat Juga :  Tips sebelum membeli Mobil

Mulailah order webhosting sekarang,buat situs pribadi anda dengan cara mudah.

Dengan fasilitas autounstaller yang sudah disediakan,anda bisa membuat sebuah situs jenis apapun yang sudah disediakan disana. Dari mulai situs blog,e-commerce (toko online) hingga situs forum dan jejaring sosial.

Yang paling diminati banyak orang saat ini adalah situs toko online,anda juga bisa membuat toko online dengan mudah menggunakan fantastico.
Jika anda seorang pengusaha toko,kenapa tidak meng-onlinekan saja sekalian toko anda.Meraih jangkauan pemasaran yang jauh lebih luas lagi melalui internet.Meningkatkan omzet bulanan usaha berlipat lipat anda hanya dengan modal beberapa ratus ribu saja.

   Tetapi angan khawatir,cukup hanya dengan sering browsing  saja sudah cukup untuk sekedar mengetahui apa itu webhosting,HTML atau PHP.
Menginstall web di hosting sendiri adalah cara yang lebih banyak diminati.

Selain lebih profesional,dengan menghosting situs sendiri anda akan memiliki kuasa penuh atas semua kontrol di website anda.Hal ini anda akan bebas mengendalikan,memberi pengaturan atau apapun untuk situs anda tanpa harus bergantung pihak ketiga (Penyedia).Seperti contoh jika menggunakan layanan web builder atau blog gratis,dimana kita masih harus mentaati Terms Of Service Admin.

Anda hanya cukup dengan membayar berlangganan kepada penyedia webhosting,yang sebenarnya tidak semahal  seperti apa yang anda pikirkan.Bahkan ada yang memberikan harga sewa hanya Rp 1000,- perbulan.Baca: Cara memilih Webhosting yang bagus

Memiliki situs sendiri sebagai Media promosi internet, bisa menjadi pilihan cara promosi efektif sekaligus murah meriah.Bahkan jangkauan wilayahnya bisa mencakup wilayah dalam dan luar negeri.

Diibaratkan sebagai salesman ,website adalah salesman yang paling setia dan akan bekerja terus menerus selama 24 jam.Website tidak akan menuntut apa-apa dari hasil kerjanya.Kenapa tidak anda manfaatkan jika anda merasa bisa membuat website sendiri setelah membaca tips diatas.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *