Cara Membuat ScreenShot tanpa plugin menggunakan microsoft paint

Screen Shot atau disebut juga dengan capture adalah file beformat gambar yang diambil dari tampilan layar komputer. Orang membuat screen shot untuk berbagai macam tujuan, misalnya gambar digunakan bukti untuk bermacam kerperluan.

Advertisement

Membuat screenshot bisa dilakukan dengan menambahkan plugin yang biasanya dibuat untuk kelengkapan browser tertentu untuk memenuhi kebutuhan ini. Akan tetapi , anda bisa membuat screenshot hanya dengan berbekal windows dan memanfaatkan software bawaan , yaitu Paint.

Berikut Cara memembuat screenshot tanpa plugin menggunakan software bawaan windows, yaitu software Microsoft Paint:

1. Pilih layar komputer anda yang ingin anda buat screenshotnya, atur posisi tampilan yang ingin anda buat screenshotnya. Kemudian tekanlah tombol “Print Screen” pada keyboard.

2.Bukalah software Paint yaitu, Start > All programs > Acessories > paint

3.Pada Paint, lihatlah pada bar atas. KLik Edit dan kemudian pilih “Paste”

4.Sekarang tampilan layar yang akan anda buat screenshot sudah tampil didalam software Paint. Sekarang screenshot yang anda buat sebenarnya sudah dapat disimpan dan dibagikan/digunakan. Namun gambar masih dalam keadaan utuh dan ukurannya masih sesuai dengan ukuran tampilan komputer anda.

Jika anda ingin mengambil pada bagian tertentu, anda bisa memotongnya.

Caranya, arahkan pointer mouse anda pada toolbar sebelah kiri, dan pilih Select tool. Kemudian garis pada hasil screenshot¬† tadi pada bagian yang ingin diambil -> Klik kanan pada bagian gambar yang sudah digaris > Pilih Copy . Setelah itu, arahkan pointer dan pilih pada bar atas, pilih file > New > Ada peringatan “Save Changes to Untiled ?”, pilih “no” ->¬† lalu lalu bidang kerja paint akan kosong > lihat kembali pada bar atas > Pilih Edit > Paste.
Sekarang yang terlihat pada bidang kerja adalah screenshot dari layar komputer dari bagian yang anda kehendaki. Selanjutnya anda bisa menambahkan tulisan atau apapun menggunakan macam-macam “tool” yang tersedia pada toolbar yang ada disebelah kiri.

Lihat Juga :  Sejarah Microsoft Windows

Jika anda rasa sudah selesai pekerjaan ini,  anda hanya tinggal menyimpannya. Caranya; lihat bar atas > File > Save as > Berikan nama > pilih ekstensi , JPEG,PNG,GIF atau yang lain. Ekstensi gambar PEG,PNG,GIF adalah gambar matang dan sudah tak perlu dirubah lagi. Jika anda ingin screenshot dengan kualitas gambar yang terbaik (jernih), silahkan disimpan dengan eksktensi PNG.

5. Selesai.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *