Cara membuat blog yang menghasilkan uang

Sebelum melangkah ke cara membuat blog, kamu sebaiknya mengerti dulu apa itu blog. Kan nggak lucu juga, masak ingin dapat uang dari membuat blog, tapi nggak tahu apa itu blog?. Sekilas tentang arti kata blog – Blog berasal dari dua kata yang digabung yaitu “web” dan “log”,  yang menjadi “weblog”. Karena mungkin untuk mempersingkat pengucapan, maka akhirnya disebutlah kata “blog” – adalah bentuk kata yang lebih simpel untuk diucapkan. Web adalah merujuk pada istilah world wide web atau bisa disingkat “www” yang artinya internet, dan log dalam bahasa inggris yang artinya catatan. Jadi blog bisa didefinisikan sebagai catatan yang dituangkan dalam bentuk aplikasi komputer yang bisa diakses melalui internet, sehingga siapapun orang yang berada diseluruh dunia bisa membacanya secara online kapan saja.

Advertisement

Platform blog

Platform blog(aplikasi pembuat blog) pertama didunia adalah  blogger.com, dan kamu bisa membuatnya secara gratis di sana. Blogger.com kini adalah milik google, yang dibeli sahamnya dari perusahaan pemilik pertama yaitu Pyralabs. Sekedar info, bahwa pendiri Pyralabs sekaligus pengembang Aplikasi blog yang pertama ini adalah seorang anak muda pada saat itu yang bernama Evan Williams. Baca juga : Cara membuat blog di blogspot

Selain menggunakan platform blog dari blogger.com, kamu juga bisa membuat blog menggunakan wordpress.org(CMS) atau wrodpress.com(web 2.0) yang juga gratis – yang dikembangkan oleh Matt Mullenweg. Masih banyak lagi paltform blog gratisan yang lain, baik dalam bentuk web 2.0 atau CMS, yang semuanya rata-rata bisa kamu gunakan untuk tujuan ini.

CMS : kependekan dari Content Management System – adalah bentuk aplikasi yang dibuat untuk mengelola sebuah blog, dibangun memakai bahasa pemrograman komputer(misalnya PHP), yang harus diinstal diserver web atau hosting sendiri agar bisa online. Baca juga : Cara membuat blog dengan CMS wordpress

Baca juga : Cara membuat blog gratisan

Dalam perkembangannya, blog kini telah banyak digunakan untuk berbagai keperluan; mulai dari hanya sekedar sebagai diari online untuk curhatan pribadi, sampai menjadi program publising dan portfolio perusahaan. Seperti yang sudah saya katakan tadi bahwa blog dibuat supaya bisa dibaca oleh orang diseluruh dunia, nah disinilah peluangnya bagi kita terutama jika ingin menghasilkan duit dari blog.

Dimana ada keramaian orang, maka disitulah ada peluang. 

Jika blog kamu bisa menarik banyak pembaca dan memiliki pengunjung setia – misalnya dapat kunjungan ribuan dalam satu hari, maka tak sulit bagi kamu untuk memonetisasi(membuat menghasilkan uang)  blog kamu tersebut!

Lihat Juga :  Cara menghilangkan beranda diblog

Sekarang kita akan bicarakan prosesnya : Buat sebuah blog – mendapatkan pengunjung – dimonetisasi – dapat duit. Namun supaya blog bisa menghasilkan duit, maka kamu harus bisa mendapatkan pengunjung dalam jumlah yang cukup.

Sekilas memang terlihat sederhana ya… Bikin blog, dapat pengunjung, lantas jadi duit.Tapi untuk itu kamu harus mengikuti prosesnya dengan baik dan benar agar berhasil mencapai tujuan.  

Apa yang harus saya lakukan?… 
Karena tujuan kamu adalah membuat blog yang memiliki banyak kunjungan dan memiliki pengunjung setia, maka  tulisan blog yang kamu buat haruslah bisa menyampaikan sebuah informasi dengan sebaik-baiknya. Tulisan kamu wajib memiliki manfaat, dicari banyak orang, dan sesuai dengan kata kuncinya. Jadi, Apalah artinya sebuah tulisan blog kalau itu tidak ada yang membutuhkannya 😀 .

Baca juga : Kesiapan mental seorang bloger

Bagaimana membuat tulisan atau artikel yang dicari banyak orang, sehingga bisa menghasilkan duit ?

Disini ada beberapa tips penting yang perlu kamu ketahui dan lakukan.

  • Kita bicara tentang strategi yang paling mendasar dulu:  Pertanyaan untuk diri sendiri ini kudu kamu jawab : ” Apa yang saya kuasai?.” . Bisa apa saja sih saya?…  Misalnya, Apakah kamu bisa komputer?… Oh, lebih spesifik lagi. Apakah kamu bisa menggunakan software Microsoft excel?…. Jika kamu menguasai program excel, maka kamu bisa menuliskan tutorial program excel di blog kamu. Saya yakin banyak yang mencari tutrorial excel diinternet. Namun itu adalah sebagai satu contoh saja, dan kamu bisa menuangkan ilmu kamu selain komputer, misalnya cara beternak burung kenari, ilmu reparasi motor, dsb. Blog saya ini adalah contoh yang paling mudah untuk kamu pelajari.
  • Saya tegaskan “Kamu sebaiknya menulis tentang apa yang kamu kuasai!”. Jika tidak, maka kemungkinan besar tujuan blog kamu akan gagal karena kamu pasti bingung dengan apa yang akan kamu tulis dan akhirnya bosan dan berhenti.
  • Menulislah dengan konsisten, artinya hindari hal hal yang seperti ini : 1 minggu rutin membuat artikel, tapi kemudian libur satu bulan, atau satu harian penuh menerbitkan 10 artikel, tapi kemudian libur 1 minggu. Terbitkan artikel dengan konsisten, 1 hari cukup 1 artikel, dan lakukan setiap hari atau boleh ada jeda 1 hari. Jadi jangan pernah berhenti mencari ide untuk tulisan-tulisan berikutnya, minimal hal ini kamu lakukan sampai target pengunjung telah tercapai.
  • Buatlah semua artikel adalah unik, artinya tidak mencontek atau copypaste dari blog lain. Selain itu, tulisalah dengan bahasa yang baik dan tidak menggunakan kata-kata terlarang atau kata-kata negatif, serta tidak melanggar hak cipta – misalnya yang paling umum adalah “copypaste”. Hal ini penting karena penyedia layanan blog pihak ketiga, serta broker iklan/pihak ketiga yang bisa diajak kerjasama untuk monetisasi blog umumnya memiliki peraturan yang ketat. __ Jadi apalah gunaya blog kamu ramai pengunjung, tapi nggak ada yang bisa menerima untuk diajak kerjasama. 😀
  • Langkah pertama untuk mendapatkan kunjungan adalah dengan berpromosi. Ada 3 sumber trafik sebuah blog, yaitu : Search engine, social media/forum/social bookmark, dan paid link(beriklan). Karena kamu saya anggap masih pemula, maka gunakan cara berpromosi yang gratis saja dulu. Kamu bisa membagikan link blog kamu di social media(fb, pinterest, istagram, twitter, dll), forum online, dan social bookmark(misalnya lintas.me). Untuk mendapatkan pengunjung dari search engine biasanya akan terjadi dengan sendirinya seiring berjalannya waktu, karena setap search engine seperti google memiliki robot yang secara otomatis bisa menemukan blog kamu dan menampilkannya dihasil pencarian mereka. Perlu diketahui bahwa robot ini memiliki algoritma yang bisa menyeleksi, apakah sebuah blog layak ditampilkan dihasil pencarian atau tidak. Tapi saya yakin apabila blog kamu bermanfaat dan tidak melanggar peraturan sebuah search engine, maka akan terhindar dari seleksi dan bisa ditampilkan. Saya rasa kamu juga perlu banyak mempelajari tentang SEO.
Lihat Juga :  Tips memilih nama domain

Mulai menguangkannya

Jika kamu sudah memiliki blog yang banyak pengunjung, kini tibalah saat dimana kamu bisa memanfaatkannya untuk menghasilkan uang. Kamu bisa mengikuti program monetisasi blog yang disediakan oleh pihak ketiga, misalnya sistem periklanan PPC(baca : Program PPC terbaik, affiliasi, atau menawarkan menayangkan iklan kepada pengusaha online. Baca juga : Cara-cara berbisnis online

Demikian secara singkat sudah saya jelaskan bagaimana langkah-langkah/proses membuat blog yang bisa menghasilkan uang. Mungkin kamu masih perlu banyak belajar mengenai hal-hal yang berkaitan dengan blogging lainnya, baik secara teknis/nonteknis – dan kamu bisa menelusuri banyak artikel tentang blog/web yang sudah saya terbitkan sebelumnya.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *