Cara membersihkan buram pada lampu depan mobil(headlamp)

Seiring dengan bertambahnya usia mobil, bagian-bagian yang dulunya terlihat mengkilat kini mulai menjadi kusam dan kehilangan kilaunya. Hal ini yang paling jelas terlihat adalah permukaan cat body mobil, atau permukaan lain yang terbuat dari logam maupun plastik. Tidak ketinggalan pula dengan lensa/kaca lampu depan, yang bisa terlihat buram atau seperti berkabut seiring bertambahnya usia. Semua penyebabnya sama, yaitu baik cat mobil, permukaan logam yang dikrom, maupun lampu depan mobil (headlamp) yang kelihatan kotor dan buram adalah hasil dari proses oksidasi. Namun lapisan buram pada kaca lampu depan mobil seperti kabut ini bisa dibersihkan sendiri dirumah menggunakan bahan-bahan yang umumnya mudah ditemukan didapur.

Advertisement

Anda sebenarnya bisa saja membawanya ke salon mobil, tapi kalau Anda ingin mencoba pengalaman baru atau  ingin menambah kesibukan dihari libur Anda, maka tidak ada salahnya Anda melakukannya sendiri.

Berikut cara sederhana untuk membersihkan kaca lampu depan mobil sendiri dirumah :

Persiapkan alat dan bahan :

  • Baking soda
  • Pasta gigi putih
  • Handuk lembut kering
  • Deterjen cair pencuci piring
  • Lap mobil
  • Polishing/kain pemoles

Cara pengerjaan :

1. Campurkan seperempat cangkir deterjen cair pencuci piring ke dalam 1 ember kecil air, kemudian gunakan untuk mencuci dan membilas permukaan kedua lampu depan untuk menghilangkan kotoran.

2. Lap kering permukaan kaca lampu dengan handuk lembut.

3. Campurkan 3 bagian pasta gigi dengan 1 bagian baking soda. Aduk campuran ini menjadi merata betul secara menyeluruh.

Lihat Juga :  Tips Cara Belajar yang Baik

4. Oleskan campuran pasta ini pada lensa/kaca lampu dengan kain polishing yang lembut dengan gerakan tangan melingkar kecil (seperti proses memoles mobil). Gerakkan tangan dengan menggosok untuk mengikis partikel hasil oksidasi. Setelah beberapa waktu Anda menggosok, Anda akan melihat perubahan warna pada kain polishing Anda.

5. Gosok memutar terus kain polishing untuk memolesnya hingga terlihat sudah tidak ada lagi kotoran dipermukaan kaca/lensa lampu depan. Setelah dirasa sudah bersih, cuci permukaan dengan sabun dan air lalu dibilas dengan baik.

6. Campurkan setengah cangkir baking soda kedalam satu ember air bersih, kemudian kembali mencuci permukaan yang sudah dipoles. Bilas dan lap kering .

7. Lap lampu dengan handuk lembut kering hingga bersih, sehingga kaca lampu terlihat jelas (Anda juga bisa melap kering menggunakan lap mobil). Lanjutkan untuk lampu yang kedua.

Catatan :

Cara ini bukanlah cara pencucian mobil biasa, tapi sudah merupakan pemolesan kaca lampu untuk menghilangkan hasil oksidasi. Cara menggosok yang sudah dijelaskan dalam langka diatas adalah untuk menghilangkan partikel dan mencuci permukaan lampu secara menyeluruh.

Prosedur cara diatas perlu dilakukan secara berkala, karena seiring berjalannya waktu lampu mobil akan menjadi buram kembali.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

2 thoughts on “Cara membersihkan buram pada lampu depan mobil(headlamp)

  1. jadiBersih

    Hallo Mas Supriadi, terimakasih sudah berbagi tips diatas. Menurut saya memperhatikan kebersihan kaca lampu depan pada mobil memang perlu dilakukan. Jangan hanya memperhatikan bodi mobil atau kaca saja, tapi lampu depan tidak. Kan tidak lucu jika bodi mobil kinclong, kaca depan juga oke, tapi ketika melihat ke arah lampu depan warnanya kekuningan, kusam dan buram. Benar kan?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *