Cara Memasang Transistor Final Sanken pada PCB Driver OCL Safari 400 watt

Cara Memasang TR Final pada driver power safari 400 watt, biasanya sanken tidaklah begitu sulit karena driver ini sebenarnya masih dalam satu Class Driver power amplifier seperti power 150 ocl. Terkenal dengan power safari karena PCB safari adalah yang paling banyak beredar disebagian besar Indonesia, walaupun sebenarnya PCB dengan desain semacam ini banyak dibuat oleh industri lain. Ada PCB driver model safari yang sudah dilengkapi tempat untuk memasang kaki-kaki transistor final, namun banyak juga yang hanya di beri ubang untuk kabel dengan kode A,B,C,D,0,=, dan + . Nah, PCB yang hanya di beri lubang dan kode huruf ini terkadang membuat bingung pemula karena belum memahami konsep dan skema yang biasanya sudah disertakan. Kalau bagi yang ahli dengan elektronik khususnya driver class AB semacam power safari ini mungkin bukan kendala berarti, dan jika ini jadi masalah bagi kamu maka berikut caranya :

Advertisement

Cara memasang TR final pada PCB Driver OCL Safari 400 watt sanken

Komponen tambahan yang perlu kamu sediakan adalah  resistor kapur 0,5ohm 5watt dan resistor  10 ohm 1/2watt yang masing-masing sebanyak 2 biji.

Cara memasang final sanken pada PCB driver safari

Perhatikan secara seksama pengkabelan diatas, periksa sekali lagi untuk memastikan jangan sampai ada yang keliru; sebab kalau sampai keliru seringkali tidak bisa diulang lagi karena tr final bisa langsung short.

Lihat Juga :  Penyebab dan cara mengatasi Suara Mendengung Amplifier Rakitan

Menambahkan TR final untuk menambah Daya/watt power amplifier

Nah, apabila kamu sudah berhasil memasang TR final sanken seperti pada gambar diatas, mungkin kamu akan berfikir bagaimana caranya menambah daya. Ya, gambar diatas adalah menggunakan TR final sanken hanya sepasang alias 1 set, sehingga secara teori daya maksimal masih bisa 200 watt saja. Nah untuk dapat mencapai 400 watt, maka setidaknya kamu perlu untuk menambah 1 set final sanken lagi ; dengan asumsi bahwa 1 set final sanken menurut datasheet memiliki daya 200wat, maka jika kamu pasang 2 set berarti 200watt plus 200watt = 400 watt. Dengan catatan bahwa daya output power amplifier bergantung dengan faktor lain yaitu arus dan beban, artinya berapa ampere trafo power supply dan impedansi speaker juga diperhitungkan.

Berikut gambar cara menambahkan 1 set final sanken pada power safari 400watt :

 

memasang tr final pada PCB driver safari

Caranya gampang, kamu cukup menambahkan satu tingkat lagi, artinya kamu juga perlu menyediakan R 10 ohm dan r kapur 0,5ohm 5watt masing-masing 2 biji. Kamu bebas menambahkan TR final hingga 10 set, tergantung dari speaker dan tentunya arus/amper trafo yang sesuai.

Keunggulan power safari 400 watt

Driver ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan power 150 watt hanya saja lebih sedikit komponen yang dipakai. Banyak yang berpendapat bahwa power safari ini memiliki karakter suara bass yang lebih ulem atau empuk, serta umumnya mampu disupply hingga 32volt trafo. Pendapat lain juga mengatakan jika driver ini baik untuk sub dan power amplifier rumahan dan sound lapangan kelas daya menengah.

Lihat Juga :  Mengenal Perbedaan Kelas atau Class dalam Driver Power Amplifier

Demikian cara memasang TR final pada driver power amplifier safari 400 watt. Tetap lakukan dengan teliti agar tidak terjadi kesalahan yang bisa langsung merusak TR final.

Advertisement

3 thoughts on “Cara Memasang Transistor Final Sanken pada PCB Driver OCL Safari 400 watt

  1. Borneo

    Permisi mau tanya mas kalau untuk transistor final toshiba 5200 gimana buat 3 set atau 4 set, kalau ada minta layout skema nya dong mas masih pemula msh pemula soalnya tks?

    Reply
    1. Supri Post author

      sama saja skemanya, hanya tinggal ganti sanken dengan toshiba. Kalau mau nambah 4 set dan seterusnya, ya tinggal nyontoh jalur yg sudah ada. Hanya tambahkan perset set TR final, yaitu 1 set resistor 10Ohm dan 1 set resistor kapur

      Reply
    2. Supri Post author

      Berapa setpun bisa, asal supplynya sesuai dengan kebutuhan rangkaian final yang ada. Toshiba 5200 sejoli bisa menghasilkan daya 150 watt perset, kalau sanken 2sc2922 sejoli. jadi masih lebih besar sanken,,

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *