Cara Kerja Internet

Sebelum kita mengenal cara kerja internet, sebaiknya kita perlu tahu terlebih dahulu apa yang disebut internet.
Kata “Internet” mungkin sudah tidak asing lagi bagi banyak orang.Nama yang sudah familiar, hampir dikenal oleh banyak kalangan.Tapi belum tentu semuanya mengerti apa itu internet.
Internet adalah kependekan dari Interconected Network.Internet merupakan salah satu dari sekian jenis jaringan komputer, ciri khusus pada jenis jaringan komputer ini adalah bisa diakses siapa saja diseluruh dunia.Internet, merupakan jaringan komputer terbesar didunia.

Advertisement

Beberapa aspek yang saling mendukung dalam pelaksanaan internet antara lain

 

Modem

Modem adalah device yang membantu komputer agar bisa terhubung kepada internet. Modem bekerja untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog ataupun mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital.

Router

Router merupakan peralatan jaringan yang bertugas untuk mengarahkan aliran lalu lintas jaringan. Router yang ditempatkan berada diantara internet dan jaringan internal, maka router tersebut digunakan sebagai firewall.Pada umumnya Router dilengkapi dengan tabel data alamat-alamat IP, dimana ini untuk menyaring (filter) request komputer klien sesuai dengan kebijakan.

DNS (Domain name server)

DNS adalah alat yang bertugas untuk menterjemahkan sebuah alamt IP address kepada sebuah alamat domain atau sebaliknya.Alamat sebuah situs sebenarnya merujuk kepada alamat IP komputer server dimana situs tersebut diletakkan.Dengan adanya DNS, maka alamat sebuah situs bisa dicustomisasi sehingga mudah diingat.Misalnya menjadi sebuah alamat web seperti www.spiderbeat.com.Yaitu mengganti sebuah alamat IP seperti contoh 00.23.21.786 menjadi sebuah nama yang gampang diingat.

Lihat Juga :  Tips agar akun email aman

Web server

Web server berada pada komputer yang disediakan oleh provider webhosting,  yang terhubung dengan jaringan internet melalui ISP.Webserver adalah tempat situs web diletakkan, diinstal untuk bisa dijalankan.Webserver akan menerima permintaan dari browser klien, dan kemudian memenuhi permintaan tersebut sehingga situs bisa tampil.Lalu lintas informasi dari dan oleh web server kepada web browser user ini dilakukan melalui Hypertext Transfer Protocol atau HTTP.

 

ISP(Internet Service Provider)

ISP adalah sebutan untuk perusahaan penyedia layanan koneksi ke internet. Agar komputer dan server bisa dihubungkan kepada jaringan internet seluruh dunia, maka ISP ini yang bertugas memenuhi kebutuhan tersebut.ISP memiliki beberapa modem, dimana para pelanggannya bisa melakukan dial up dengan account PPP.

Urutan cara kerja internet bisa diurutkan demikian: Kta sedang mengakses situs internet melalui browser, maka kita disebut sebagai request.Kemudian request dikirimkand ari komputer anda, kemudian disaring oleh router, request akan diloloskan oleh router jika memenuhi kriteria. Kemudian request tersebut akan di terima oleh DNS lalu diterjemahkan menjadi sebuah alamat IP. lalu di broadcast kepada seluruh alamat ada dalam daftar DNS.Jika alamat IP tersebut tersedia, maka akan dicari letak web server pemiliki IP nya. Jika sudah ditemukan, maka content tersebut akan dikirimkan kepada yang request.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *