5 Cara Cek HP Android Yang Asli atau Palsu/KW secara Jitu

Beragam merk ponsel ber OS-Android semakin marak bermuculan dipasaran, hal ini semenjak munculnya OS Android yang open source alias bebas digunakan oleh produsen manapun. Sebut saja Merk hp android yang lebih dulu terkenal seperti Samsung, Asus, Lenovo, LG dan pendatang baru yang langsung meroket seperti siaomi, oppo, nouvo, dll. Namun sayangnya selalu ada saja produk yang mendompleng brand vendor terkenal atau istilahnya Ponsel KW atu boleh disebut palsu atau abal-abal atau lebih kerennya lagi disebut supercopy.

Advertisement

Nah untuk itu konsumen harus waspada dan jeli bisa membedakan mana hp yang KW dan mana yang Asli, karena jangan sampai terkecoh oleh penampilan yang bagus dan dengan harga yang sama namun kualitas bagaikan bumi dan langit.

Kalau akan beli barang baru sih gampang, kita hanya perlu datang ke dealer resmi atau toko yang sudah punya nama bagus di masyarakat. Produk yang asli selalu disertakan buku garansi yang berstempel khusus. Lalu bagaimana kalau kita belinya dari pihak ketiga atau barang seken/tangan kedua misalnya dari teman?..

Baca juga : Cara Mengatasi HP Android OPPO Error Maaf, Launcher Telah Berhenti

Begini 5 Cara Cek untuk Mengetahui apakah Hp Android Palsu/replika/KW atau Asli:

Melihat secara fisik

Tentu ini adalah hal pertamakali yang perlu dilihat. Barang asli tentunya memiliki bahan termasuk casing luar yang lebih baik daripada yang KW. Pasti ada bedanya, hanya saja kamu perlu mengenal dan memahami ciri dari hp tersebut sebelumnya entah itu dari melihat milik teman.

Biasanya screen terlihat lebih buram, bahkan body sangat terlihat lebih kasar. Berikutnya, cobalah sensitifitas dari touchscreennya. Touchscreen adalah hardware khusus yang bertugas untuk mengenali perintah sentuh atau scrool dari sidik jari. Jika ponsel KW, biasanya touchscreen sudah terasa lemot responnya ketika di scrool atau di ketuk walau sama-sama masih baru.

Satu lagi, produk asli merk beken biasanya ada yang dilengkapi dengan kode semacam hologram sebagai segel. Misalnya kalau samsung hologramnya ada tulisan SEIN.

Melihat Dari Nomor IMEI

Apakah IMEI?… saya tidak akan menyebutkan kepanjangannya, sebab walaupun saya sebutkan kamu belum tentu mengerti , hehe. Yang jelas IMEI adalah Nomor seri/kode produksi atau identifikasi unik yang dimiliki setiap perangkat, dan bukan hanya HP saja. Yang jelas, IMEI pasti berbeda untuk setiap perangkat.

Bagaimana cara cek IMEI? gampang saja kamu hanya perlu pencet tombol *#06# diponsel, selanjutnya nomor IMEI ponsel akan muncul. Melihat IMEI juga bisa dilakukan langsung, biasanya terletak dibelakang baterai. Lalu buat apa nomor IMEI tersebut?…. Ya kamu tinggal mencocokkan nomor IMEInya yang muncul dilayar hp tadi dengan IMEI yang ditulis di dosbooknya.

Lihat Juga :  Tips Mengendarai Motor Matic

Lalau bagaimana jika tidak ada dosbooknya?.. ya jangan dibeli hp tersebut daripada menyesal, karena dari situ saja sudah mencurigakan dan kamu berpotensi besar kena tifu barang palsu.

Oke jika kamu masih maksa, soalnya yang jual teman sih. Biar sama-sama enak dengan teman, kamu cukup buka situs imei.info melalui hp atau PC kamu. Setelah kamu cek IMEI hp di situs tersebut, maka akan muncul informasi data terkait ponsel tersebut. Tinggal cocokkan saja, apakah sudah sesuai bechmarknya.. :p

Cek HP Menggunakan Aplikasi

Ini jika kamu masih ngotot dan bersedia lebih sibuk hanya untuk mengenali HP KW atau replika atau super copy.

Di Playstore tersedia beberapa aplikasi yang secara khusus untuk digunakan mengenali lebih jauhsebuah ponsel android. Kamu bisa memilih AnTuTu Benchmark atau CPU-Z.

Disitu, dari aplikasi benckmark AnTuTu kamu bisa menguji performa sebuah ponsel sekaligus mengetahui data spesifikasi ponsel. Kemudian, kamu browsing aja ke situs resmi atau situs yang bisa dipercaya terkait spesifikasi ponsel tersebut. Sudah pasti kalau hp kamu supercopy bakalan tidak sama hasil datanya dari bechmark dan situs resmi.

Tapi,,,, ada tapinya nih. Biasanya data dari antutu bechmark bisa dimanipulasi dari sisi softwarenya. Maka dari itu apabila ponsel tersebut sudah terinstal antutu sebelumnya tanpa sepengetahuan kamu, bisa dipastikan itu barang KW.

Dengan Cara Cek dari hasil Jepretan Kamera

Untuk cara yang satu ini memang lebih advanced, dan hasilnya sudah bisa dibilang pasti akurat. Sayangnya kamu harus repot menyediakan laptop / PC untuk dapat melakukan cara ini; dan kamu juga perlu tahu kualitas hasil jepretan kamera dari ponsel merk/type tersebut sehingga bisa membandingkannya. Kamu bisa membandingkan dengan jenis kamera dan kualitas gambarnya dari data/spesifikasi kamera ponsel tersebut. Copy gambar ke ponsel, klik kanan pada kursor, kemudian klik properties. Kalau windows XP klik summary => advanced.

cara cek hp asli atau palsu

Lain-lain

Sudah barang tentu harga pasaran ponsel yang asli itu sama saja, kalaupun beda hanya beda dikit. Kalau lebih murah secara dramatis maka kamu wajib curiga. Siapa sih penjual yang mau rugi?… Kalau ini pakai logika sederhana saja. Biasanya kalau dijual secara online demikian, pasang harga diluar batas wajar alias jauh lebih murah; maka kamu patut curiga.

Demikian sih, semoga dapat hp yang seduai dengan keinginian, orisinil, murah, awet, dan special edition ;p

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *