Cara Mengatasi terjadinya Duplikat Content pada blogger

SEO dasar yang paling penting untuk optimasi search engine adalah meminimalisir terjadinya duplikat konten.Semakin banyak duplikat kontent yang terjadi,maka harapan untuk semakin memperamping alexa adalah sulit.Yang ada hanya semakin menggendutnya alexa rank blog,dimana hal ini posisi SERP blog akan semakin terperosok kebawah.
Mau ingin bukti?,,,,,biarkan saja hal ini terjadi untuk beberapa lama dan silahakan pantau alexa rank blog kamu di alexa[dot]com.

Advertisement

Semakin banyak error 404 pada webmaster tools juga bisa semakin mempersulit untuk merampingkan alexa rank.Error 404 bisa terjadi karena berbagai sebab, namun masah error 404 saya bahas dipostingan berikut :Cara mengatasi error 404 di webmaster tools

Sekarang kita kembali kepada masalah duplikat konten.

Lalu Apa yang dimaksud dengan duplikat konten, dan apakah penyebabnya?..

1.Duplikat konten yang pertama adalah adanya dua atau lebih artikel yang sama untuk web yang berbeda pada hasil pencarian search engine.Namun untuk yang ini tidak terdeteksi pada webmaster tools google.Hal ini terjadi karena tindakan copypaste artikel ,sehingga mesin pencari menemukan dua atau lebih artikel dengan konten dan judul yang sama.Untuk duplikat konten yang ini,tidak bisa kita atasi sendirian karena bisa dilakukan oleh pemilik blog yang berbeda.Yang diperlukan hanyalah kesadaran masing masing blogger untuk menciptakan artikel sendiri yang unik.Saya kira penjelasan untuk duplikat kontent yang ini hanya sampai disini saja.

2.Duplikat kontent yang kedua adalah adanya dua atau lebih konten yang dianggap sama pada satu alamat blog dan terindex oleh mesin pencari.
Penyebabnya bukan hanya adanya dua atau lebih artikel yang sama pada satu alamat blog.Namun dua atau lebih judul serta deskripsi blog yang sama bisa walaupun artikelnya berbeda dideteksi sebagai duplikasi konten.Untuk yang ini bisa kita ketahui melalui alat webmaster atau webmaster tools google.

Lihat Juga :  Cara membuat autoreadmore blogspot terbaru tanpa javascript

Kategori duplikat kontent pada webmaster tools.

1.Penggandaan title
Ada dua atau lebih title yang sama pada halaman halaman blog.Hal ini terjadi karena halaman halaman tersebut terindex semua oleh mesin pencari google.Semakin banyak jumlah halaman yang memiliki title yang sama,akan tidak baik dan harus segera diatasi.

2.penggandaan deskripsi
Terjadi dua atau lebih halaman halaman blog yang memiliki deskripsi sama.Dan halaman dengan deskripsi sama tersebut terindex oleh mesin pencari google.

Penyebab dan Cara mengatasi terjadinya duplikat kontent pada blogger.

#Penyebab pertama,khusus untuk template blogger biasanya halaman index, arsip dan halaman kategory otomatis akan menghasilkan title dan deskripsi yang sama.

Cara mengatatasinya
1.Menambahkan canonical,yang bertujuan hanya mengizinkan robot untuk mengindex halaman item saja.
Pasang canonical berikut setelah tag <head>
<link expr:href=’data:blog.url’ rel=’canonical’/>

Khusus untuk halaman Arsip,coba dengan membatasi pengindexan dengan tag meta khusus,pasang setelah code <head>:

<b:if cond=’data:blog.pageType == &quot;archive&quot;’>
<meta content=’noindex,follow’ name=’robots’/>
<meta content=’noindex,follow’ name=’googlebot’/>
</b:if>

2.Membatasi URL pengindexan robot denganΒ  memasang robots.txt (lihat cara membuat robots.txt blogger dibawah).

#Penyebab yang kedua karena menambahkan tag meta deskripsi yang sama untuk seluruh halaman dan item blog.

Solusinya,kamu tidak perlu menambahkan tag meta deskripsi sendiri pada template,karena fitur blogger yang baru sudah dilengkapi meta deskripsi secara otomatis.Dan untuk menambahkan deskripsi masing masing item bisa dilakukan secara manual pada saat melakukan posting.

Lihat Juga :  Cara membuat blog yang menghasilkan uang

Jika template kamu masih da tag meta seperti:

<meta content=’ini adalah deskripsi dari blog’ name=’description’/>

Buang saja tag meta diatas dan manfaatkan fitur terbaru blogger untuk membuat meta deskripsi.Caranya aktifkan dulu melalui dasboard blogger -> Setelan -> Preferensi penelusuran.

Mengatasi terjadinya Duplikat Content pada blogger

Aktifkan deskripsi penelusuran pilih ya,dan isi Deskripsi sesuai dengan niche blog kamu.Simpan perubahan.

Mengatasi terjadinya Duplikat Content pada blogger

Terakhir tambahkan Code berikut sebelum tag <head> jika belum ada pada template blog kamu:

<b:if cond=’data:blog.metaDescription != &quot;&quot;’>
<meta expr:content=’data:blog.metaDescription’ name=’description’/>
</b:if>

Setelah kamu melakukan pengaktifan tag meta diatas,maka setiap kali kamu posting bisa menambahkan deskripsi pada tiap tiap posting.Liha tamplan posting blog sebelah kanan:

Mengatasi terjadinya Duplikat Content pada blogger

Penambahan meta deskripsi pada setiap postingan blog bukan saja menghindari duplikat kontent,tetapi juga membantu robot search engine untuk mengindek postingan sesuai dengan kata kunci yang spesifik.

#Penyebab duplicat content yang lainnya pada blogger adalah adanya tampilan dinamis dan tampilan mobile yang terindex.Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan robots.txt
Caranya: dasboard -> Setelan -> Preferensi penelusuran -> aktifkan robots.txt khusus -> masukkan code robot txt berikut:

User-agent: Googlebot
Allow: /
Disallow: /search
Disallow: /?m=0
Disallow:/view/*

User-agent:*
Allow: /
Disallow: /search
Disallow: /?m=0
Disallow:/view/*

Sitemap: http://www.blogkamu.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=updated

Gambar:

Mengatasi terjadinya Duplikat Content pada blogger

 

Mengatasi terjadinya Duplikat Content pada blogger

Semoga upaya mengatasi duplicat content diatas berhasil,paling tidak untuk meminimalisir.Rajinlah mengecek kesehatan situs kamu di webmaster tools google agar lebih cepat bertindak.

Happy Blogging

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

29 thoughts on “Cara Mengatasi terjadinya Duplikat Content pada blogger

    1. Supri Adi

      Jelas berdampak dong,semakin banyak duplikat content yang terdeteksi webmaster tool ini sangat tidak bagus.Soalnya Ane udah pernah ngalamin,SERP turun dengan drastis walau perlahan namun pasti.
      Ternyata ada ratusan DC ,balikin posisi SERP kesemula lagi sangat sulit,butuh waktu yang lamaaaa.

      Makanya mumpung belum terlambat,minimalisir duplicate content SEGERA!..

      Reply
  1. sania rahma

    gan mau ngrepotin bentar.. atikel ane di _http://www.tokokosmetik-obatkuat.com di serp turun jauh, beberapa page, didalamnya terdapat beberapa artikel yang HAMPIR sama (karena copast editan dikit) pengaruh ga gan? tyus solusinya gimana gan? terima kasih

    Reply
    1. Supri Adi

      Copas adalah isu penting dalam perblogingan yang nggak pernah habis habis dibahas.Kalau dulu sih mungkin bisa jadi masih relatif aman, kl skrng nggak tahu deh,,,Sebab, algoritma search engine milik paman selalu rajin diupdate dari waktu kewaktu.Dan isu terpenting diantara tahun 2011-2013 adalah pembersihan masalah SPAM oleh mesin pencari.Jadi bisa jadi, duplicat content di search engine (copas) akan ditandai sbg SPAM, dan disisihkan dari pencarian.Dan ini sudah dibahas.

      Bisa jadi kasus pada blog soat karena memang ada artkel yang copas, dan bisa jadi juga tidak.Penyebab blog turun peringkat juga bermacam macam penyebab.

      Solusinya, periksa webmaster tool secara rutin, kali aja blog terdeteksi menyimpan malmware, banyak error 404,banyak dan terjadi duplicat content.
      Gunakan All ini One SEO Pack, jika menggunakan WP untuk meminimal duplicat content.Batasilah halaman search, paging dan tag dengan robots.txt agar tidak diindex bot.

      Saran saya: Bacalah TOS google dengan seksama, dan apakah blog sobat sudah masuk dalam kriteria diijinkan?,,,jika ada yang belum , segera perbaiki sebelum keburu jauh,,,

      Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bisa membantu

      Reply
  2. centraniaga.com

    blog saya ada satu artikel yang terdeteksi duplikasi titel dan duplikasi diskripsi karena di terindex dari tampilan mobile (m=0) masalahnya ketika saya mau mengatur url parameter di google webmaster tidak bisa menambahkan atau add parameter dan ada pesan yang berbunyi seperti ini "Currently Googlebot isn't experiencing problems with coverage of your site, so you don't need to configure URL parameters." (Incorrectly configuring parameters can result in pages from your site being dropped from our index, so we don't recommend you use this tool unless necessary.)apakah dengan menambahkan pengaturan robot txt seperti yang tertera diatas tanpa mengubah url parameter dapat mengatasi masalah ini?mohon pencerahannya.. mohon maaf apabila pertanyaanya terlalu panjang,harap maklum masih dalam tahap belajar blogging.

    Reply
    1. Supri Adi

      Permasalahan pada blog sobat mungkin masih lebih parah blog ini.Pernah sampai ribuan 404 not found,puluhan duplikat meta.Karena domain ini domain bekas,puluhan kali menghapus artikel juga juga terindex tampilan m=0 dan m=1.

      Hanya sepele cara mengatasinya, dengan robots,txt saja, selesai.Coba cek di spiderbeat.com/robots.txt

      Thx telah bkunjung, smoga semua menjadi beres πŸ™‚

      Reply
  3. Bianco Neri

    SAya akan coba tips yg sodara share disini, semoga bisa membantu saya dlm permasalahan mengatasi tag judul duplikat yg berjibun bnyknya pada WM tools.
    trima kasih.

    Reply
    1. Supri Adi

      paginasi biasanya begini, sbg contoh: site dot com/page/1

      Masukkan saja pada robots.txt :
      Disallow: /page
      Disallow: /page/*

      trims atas kunjungannya

      Reply
  4. dietdanbugar

    Malam gan, tips nya dari panjenengan sudah saya praktekkan seminggu yang lalu tapi kok malah nambah banyak ya duplikat meta desc, duplikat tittle tag, deskripsi singkat meta, malah nambah lagi 1 missing tittle tag. Bagaimana gan solusinya. Mohon jawabannya secara lengkap. Trimakasih sebelumnya, salam kenal..

    Reply
    1. Supri Adi

      duplikat metatag/deskripsis disebabkan adanya dua laman berbeda dengan title/deskrpsi berbeda. Lihatlah, halaman mana saja yang tercatat memiliki duplikat, apa faktor penyebabnya. Misalnya karena halaman search yang keindex, maka noindex saja halaman search. dsb. Butuh berminggu minggu untuk melihat hasilnya hingga berhasil 100%, tergantung kunjungan bot(crawler) . Jika masalah belum diatasi, tentu masalah duplika content ini tak akan pernah habis. Ingat, untuk membuat deskripsi pada setiap posting harus berbeda-beda(unik)

      Thx atas kunjungannya

      Reply
    1. Supri Adi

      Ya mungkin seperti itu, tapi Coba yang ini aja gan :
      Allow: /
      Disallow: /search
      Disallow: /?m=0
      Disallow: /*/*/*.html?m=0
      Disallow: /*/*/*.html?m=1
      Disallow: /p/*.html?m=0
      Disallow: /view/*
      Disallow: /*_*_*_archive.html

      Thx,,

      Reply
  5. Anonymous

    Gan newbie mau tanya,saya tidak begitu mengerti hal tersebut dan saya coba ganti robot txt nya menjadi seperti ini:
    User-agent: Mediapartners-Google
    Disallow:

    User-agent: Googlebot
    Disallow: /search
    Disallow: /?m=1
    Disallow: /?m=0
    Disallow: /*?m=1
    Disallow: /*?m=0

    User-agent: *
    Disallow: /search

    alhasil meta duplikat dan tag duplikat berkurang sedikit-sedikit.
    namun ketika melihat " url yang dicekal" jumlah url yang dicekal menjadi banyak
    dan pada kesalahan perayapan url yang diblok juga banyak.
    apa ga apa-apa tuh? terus kalau ada yang harus diperbaiki saya harus melakukan langkah apa?

    Reply
  6. Supri Adi

    Lihat dulu URL apa yang dicekal?, Jika yang dicekal adalah url yang diharapkan, atau url "low quality content" ya nggak masalah, sebab itu adalah sipenyebab duplikat kontent. Tujuannya ya memang untuk itu. Misal: "http://blogku.blogspot.com/2014/10/ini-adalah-url-yang-harus-di-block.html?m=1" , atau "http://blogku.blogspot.com/2014 _10 _02_archieve.html" .

    Yg jadi masalah adalah jika yang dicekal itu URL "High Quality Content", atau permalink posting utama, Misal: "http://blogku.blogspot.com/2014/10/ini-adalah-url-yang-harus-di-block.html" , atau home page "http://blogku.blogspot.com/"

    Reply
    1. Julax Alay

      saya mau tanya gan
      95% pengunjung saya via mobile sisanya yg lain.
      untuk mengatasai duplikat judul dll dgn cara diatas apa tidak akan berkurang pengunjungnya?
      dan apakah tetap bagus di serp
      mohon pencerahannya gan thank

      Reply
    2. Supri Adi

      Nggak masalah Gan, ?m=1 memang tidak diindex, akan tetapi url normalnya tetap keindex. ?m=1 hanyalah sbg landing page otomatis untuk tampilan mobile. Nggak akan ngaruh samasekali kok Gan, so dont worry πŸ˜€

      Justru duplikat content di Webmaster Tool itulah yang bisa berpengaruh buruk

      Reply
  7. Alfath

    kereenn.. penjelasannya lengkap sekali.. sepertinya artikel ini harus saya simpan, agar jika suatu saat nanti jika terkena hal ini saya dapat segera menyelesaikannya.. maklum kang masih newbie didunia blog.. πŸ˜€ terima kasih kang ilmunya.. sangat bermanfaat untuk saya.. ^^

    Reply
  8. kadut hokcay

    sangat komplit dan jelas, langsung saya praktekin tutorial di atas semoga aja blog saya pulih dari duplikat konten,, makasih atas ilmu nya bermanfaat buat saya yang masih awam di dunia blog,salam

    Reply
  9. Firman yondaime

    saya sudah menggunakan cara diatas dan saya tunggu 1 hari…awalnya ada 24 duplikat deskripsi meta dan deskripsi singkat meta..skrg kok jadi 29 ya….maaf saya masih newbie…apa mungkin saya yg salah… mohon bantuannya

    Reply
  10. frian

    thanks mas…semoga dengan cara ini duplicate konten saya segera hilang, karena terkena di homepage dan arsip…..

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *