Cara Agar Komputer awet

Komputer rusak adalah hal yang biasa, namun bagaimana jika kerusakan tersebut terlalu sering kita alami?…tentu ada yang salah dengan komputer tersebut, yang dapat diakibatkan oleh cara penggunaan dan kurangnya perawatan.

Advertisement

Berikut penyebab komputer cepat rusak dan cara-cara merawat komputer agar bisa lebih awet:

Kabel power dan pemasangannya

Perhatikan kabel power yang menghubungkan power supply dan listrik.Saat memasang kabel power harus benar-benar maksimal, artinya kabel harus dalam kondisi yang baik dan stekernya tidak longgar.Komputer PC lebih tinggi memakai daya listrik, jika koneksinya kurang baik akan mengakibatkan suplai arus tidak lancar.Buruknya suplai arus akan mengakibatkan daya tidak stabil, sehingga akan mempercepat umur power supply.Arus listrik yang tidak lancar biasanya ditandai dengan komputer sering restart dan bahkan hang.

Pakai UPS

UPS diperlukan agar komputer tidak ikut mati mendadak ketika ada pemadaman listrik. Komputer yang sering mati tanpa proses shutdown bisa mempercepat kerusakan registry dan bahkan hardware terutama hardisk. Baca juga tentang alat yang satu ini :UPS

Pergunakan stabilizer voltage (stavolt)

Listrik rumahan tidak selamanya stabil, terkadang arus listrik bisa turun dan naik.JIka sampai arus listrik melonjak tiba-tiba akan sangat membahayakan hardware terutama power supplay dan mainboard.Dengan stabilizer, tegangan akan tetap stabil dan kinerja hardware akan terjaga dengan maksimal.

Matikan komputer melalui proses shutdown

Jangan suka mematikan komputer secara langsung tanpa melalui proses shutdown.Dan untuk menghindari komputer mati mendadak akibat listrik padam, maka lengkapi komputer dengan UPS.UPS adalah perangkat untuk mengamankan komputer pada saat listrik padam.UPS ini bekerja dengan cara menyimpan arus pada baterainya, dan akan otomatis dialirkan jika listrik tiba-tiba padam.UPS sangat penting, mengingat listrik di negara kita masih sering byar pet.Manfaat lain dari UPS tak kalah besarnya, baca klik disini.
Komputer yang sering mati tiba-tiba (tanpa proses shutdown) akan meyebabkan hardware dan software cepat rusak, baca: pentingnya mematikan komputer melalui proses shutdown.

Perhatikan Ventilasi

Letakkan PC maupun monitor pada tempat yamg lega, sehingga sirkulasi udara dari dan ke monitor / PC lancar. Ventilasi yg kurang baik akan menyebabkan panas berlebihan pada hardware, sehingga dapat memperpendek umur mereka. Berikan jarak pada belakang monitor maupun PC  terhadap dinding minimal 30 cm.

Lihat Juga :  Tips Agar sepeda motor irit bensin

Pergunakan komputer sesuai spesifikasi

Jika VGA komputer anda yang berkelas medium atau low, sebaiknya tidak menjalankan game yang membutuhkan spek tinggi komputer.Jadi lihatlah spesifikasi game yang akan dimainkan apakah sesuai dengan spesifikasi hardware yang mendukung komputer anda.

Defragmentasi hardisk berkala

Tujuan utama dari defrag hardisk adalah menata file-file yang ada di harddisk berdasarkan jenis file/data , agar mempermudah proses read/write proses baca akan lebih ringan yg akhirnya dapat memperpanjang umur harddisk. Caranya klik menu Start > Program > Accesories > System Tool > Disk Defragmenter.Atau mengunakan bantuan software perawatan tertentu yang banyak tersedia.Atau periksa kondisi hardisk secara berkala, klik disini

Tutup program yang tidak dipergunakan

Seringkali kita malas menutup sebuah program yang sudah tidak terpakai.Sebaiknya di close agar RAM tidak cepat penuh, sehingga akan mempengaruhi kinerja.Hal ini pada akhirnya akan membebani hardware yang lain sehingga lebih panas dan umurnya tentu akan menjadi lebih pendek.

Usahakan hardisk selega mungkin

Hardisk yang kondisinya 80% terpakai akan mempengaruhi kinerja, dimana proses baca akan menjadi lebih berat. Sebaiknya hapus seluruh file sementara /temporari file, hapus file direcycle bin dan hapus file-file sampah yang tidak berguna di penyimpanan PC anda.Bersihkan recycle bin Caranya buka Windows Explorer > klik Recycle Bin > klik File > klik Empty Recyle Bin.Atau dengan cara  menjalankan fungsi Disk Cleanup , Klik Start > Program > Accessories > System Tool > Disk Cleanup >  pilih drive yg mau dibersihkan > centangi opsi Recycle Bin, dan centangi juga yg lain  seperti temporary file, temporary internet file > klik OK.Cara lain menghapus file sementara bisa menggunakan software semacam CC cleaner atau tuneup utilitys.

Uninstall program tak berguna

Menguninstal Program yg tidak berguna akan mengefektifkan Ruang harddisk sehingga proses read/write harddisk akan semakin ringan.Jika hardisk terlalu banyak dijejali program sampah kinerjanya juga akan semakin lambat, dan pada akhirnya akan mepercepat kerusakannya.

Lihat Juga :  Tips agar akun email aman

Periksa CPU USAGE

CPU usage yang normal akan menghasilkan grafik yang naik turun sesuai penggunaan saat itu.Jika CPU usage datar diatas alias 100%, sebaiknya segera ditangani.Caranya baca pada : Cara mengatasi CPU usage 100%

Bersihkan motherboard dan hardware

Debu-debu yang menumpuk pada motherboard atau pada periferal yang lain juga bisa berpengaruh, yakni terhambatnya perjalanan listrik pada hardware PC.Terutama pada kipas pendingin, kipas akan berkurang putarannya sehingga CPU akan lebih panas. Paling tidak 6 bulan sekali buka tutup PC anda, lepas chipset dan kabel kabel, bersihkan semua hardware dari debu dengan sikat halus.

Pasang antivirus terbaik

Virus memang mengganggu komputer, walaupun secara tidak langsung virus dapat merusak hardware.Biasanya virus berjalan dibelakang dan akan melakukan permintaan terus menerus pada prosesor.Dengan demikian prosesor akan kewalahan dan cepat panas, yang pada akhirnya bisa merusaknya.Semakin tinggi kerja prosesor, maka semakin keras pula beban power supply.Dan akhirnya secara tak langsung  power supply juga bisa meleduk karena virus.Mencegah lebih baik daripada mengobati, untuk itu baca juga: Agar komputer tehindar dari virus

VGA dan Power supply

Jika komputer kamu habis upgrade VGA kepada kelas high, sebaiknya upgrade juga power supplynya.Jika power supply kekuatannya tak seimbang dengan VGA maka power supply akan cepat rusak.Perlu diketahui, power supply yang rusak beresiko juga menghantam hardware yang lain terutama motherboard.

Kasih grounding

Biasanya rata-rata PC (terutama rakitan) bodynya sedikit nyetrum jika disentuh.Hal ini karena adanya kebocoran pada Power supply, dan ini normal-normal saja.Sebaiknya PC diberikan grounding untuk meredam/menetralkan  arus bocoran tersebut.Hal ini agar bocoran listrik tersebut tidak mengganggu komponen-komponen PC yang lebih halus.Cara memberi grounding: Ambil kabel, ujung satunya beri paku 10 CM yang ditancapkan pada tanah, dan ujung satunya lagi dibaut pada body PC.

Itulah beberapa tips yang perlu anda lakukan, agar komputer lebih awet dan selalu nyaman dipergunakan.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *