Apakah Virtual Memory itu?

Virtual memory adalah istilah yang sudah sangat umum pada sebagian besar sistem operasi dari komputer yang ada. Komputer saat ini kebanyakan menggunakan kapasitas memori RAM sebesar 250Mb atau 1GB yang yang dipakai untuk membantu CPU. Karena pengguna komputer yang semakin besar dalam menempatkan program aplikasi, Kapasitas penyimpanan RAM sebesar itu kadang tidak cukup. Karena pengguna mengharapkan semua program yang ada berjalan secara simultan,namun tidak diumungkinkan oleh kapasitas memori yang tersedia. Oleh karena itulah diperlukan virtual memori.

Advertisement

Apakah Virtual Memory?

Virtual Memory dibuat dari teknik pemprograman yang digunakan jika penggunaan aplikasi yang dijalankan ternyata lebih besar dari memori fisik RAM yang tersedia .Data yang sudah tidak muat dimasukkan pada Memori fisik akan dilanjutkan ke penyimpanan pada hardisk.
Virtual Memory ini tidak sama seperti memory fisik RAM, karena memori RAM adalah komponen yang bisa dilihat secara fisik (hardware). Walapun Virtual Memory ini dilanjutkan didalam harddisk, namun virtual memory tidak tampak (software). Data yang disimpan didalam virtual memori ini bersifat sementara,maksudnya data tersebut hanya ada jika komputer sedang dijalankan.Dan apabila komputer dimatikan, maka data yang disimpan di virtual memory akan hilang.Baca :Muncul pesan Virtual memori Low

Penggunaan Virtual memori

Penggunaan virtual memori merupakan metode cerdas dengan memanfaatkan kapasitas memori Fisik pada  komputer.Yaitu Dengan jalan memanipulasi nya  menggunakan kombinasi dari sistem operasi dan kemampuan dari memori hardware.Karena berfungsi sebagai media penyimpanan data sementara,yang memungkinkan sistem operasi menyediakan akses lebih cepat ke data.
Virtual memory bekerja dengan cara berkoordinasi dengan RAM untuk menyimpan dan menyediakan data dengan cepat untuk melayani kebutuhan dari aplikasi yang dijalankan. Perangkat penyimpanan fisik sekunder seperti hard disk memiliki kapasitas penyimpanan yang besar,namun menyediakan akses yang sangat lambat untuk data.

Lihat Juga :  Cara memeriksa kondisi Hardisk

Cara Virtual memori dibuat dan bekerja.

Virtual memory dibuat dengan menciptakan paging file untuk menyimpan data yang tidak bisa dimuat lagi oleh memori fisik RAM. Sebagian besar sistem menggunakan tabel halaman untuk menerjemahkan alamat virtual agar bisa dilihat oleh program aplikasi pada alamat fisik yang digunakan oleh prosesor untuk mengeksekusi instruksi. Tabel halaman mempertahankan entri untuk pemetaan alamat virtual ke alamat fisik. Sistem mungkin memiliki tabel halaman tunggal untuk seluruh sistem atau tabel halaman individual untuk setiap program aplikasi. Dengan demikian paging dapat didefinisikan sebagai proses pemindahan halaman memori virtual tidak aktif ke hardisk dan mengembalikan mereka ke memori fisik sesuai permintaan. Ada berbagai macam algoritma untuk memilih halaman mana yang harus dipindahkan ke hard disk dan mana yang harus dipertahankan.

Sangat sedikit sistem yang menggunakan konsep segmentasi untuk menerapkan memori virtual. Di dalam memori segmentasi dibagi dalam segmen ukuran variabel.Jumlah segmen dan offset tersebut bersama-sama membentuk alamat virtual. Jika prosesor menginginkan item data tertentu maka terlebih dahulu akan melihat nomor segmen dalam tabel untuk menemukan deskriptor segmen. Deskriptor segmen memberikan informasi apakah offset dalam segmen tersebut kurang dari panjang segmen dan jika tidak akan melakukan interupsi untuk memberitahukan bahwa segmen tersebut sudah ditemukan. Jika prosesor tidak dapat menemukan segmen dalam memori utama akan menghasilkan interupsi hardware mendorong sistem operasi pada swap segmen. Sistem operasi kemudian mencari segmen yang tidak digunakan dalam waktu yang lama, dan swap kemudian akan  keluar dari memori utama untuk membuat ruang bagi segmen baru untuk masuk dan dibaca.Swap= Data yang disimpan sementara (paging file)

Lihat Juga :  Perbedaan CPU dan GPU

Cara Meningkatkan kapasitas Virtual Memori

Berikut ini adalah cara untuk  meningkatkan virtual memori pada komputer Windows XP:

  • Klik start kemudian klik Control panel
  • Pilih performance dan maintenance,klik ikon system
  • Klik settings pada tab advanced dibawah performance
  • Pada tab Advanced dibawah virtual memory, klik change (paling bawah)
  • Pada drive [volume label], pilih drive dimana paging filenya akan kamu rubah
  • Pada paging file size for selected drive, klik check box-> custom size
  • Sekarang kamu bisa merubah ukuran virtual memori hingga 4 kali dari ukuran sebelumnya.
  • Klik SET
  • Saat komputer meminta restart,restart saja.

Jika komputer kamu lambat laun semakin lambat dan kemudian memuculkan pesan virtual memori low,tips diatas mungkin bisa membantu.Karena program dan aplikasi sekarang sangat memakan resource dan cepat menghabiskan memori RAM.Virtual memori low diakibatkan tempat yang dialokasikan oleh pemrograman virtual memori pada hardisk sudah hampir habis.Mungkin kompputer kamu meminta kamu agar menambah kapasitas fisik RAM yang lebih besar.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *