Apa yang disebut dengan web hosting

Web hosting adalah sebuah provider yang memberikan fasilitas  webspace /webserver kepada seorang webmaster untuk meletakkan file file yang menunjang dalam membuat situs agar bisa diakses melaui internet.

Advertisement

Provider yang bergerak dalam jasa persewaan web server ini bisa kamu ketemukan di internet.Kamu bisa mendapatkan fasilitas hosting diinternet tidak harus membayar,banyak pula yang menyediakan gratis untuk anda lengkap dengan subdomain.
Harga menyewa server ini bervariasi,tergantung kapasitas baik space maupun bandwidth bahkan letak dari webserver.Biasanya jasa hosting membagai kategori  dari webserver yang kamu sewa.Ada kategori bronze,silver dan gold atau nama kategori yang lain.Harganya mulai dari yang paling murah (bronze) atau yang paling mahal (gold).Jika situs kamu tidak terlalu kompleks(tidak menggunakan banyak domain root) atau tingkat kunjugan/target visitor tidak banyak,kamu bisa memilih kategori bonze atau peasant dll.Kamu nanti bisa mengupgradenya kapan saja jika dibutuhkan.Mereka (jasa hosting) akan siap membantu upgrade type hosting/kapasitas server kapan saja jika kamu minta.
Ada jangka waktu bayar sewa hosting yang bisa kamu pilih,perbulan,pertiga bulan,perenam bulan atau pertahun.
Penyedia jasa hosting diindonesia umumnya menawarkan server dari berbagai tempat.Letak webserver yang ditawarkan umumnya berada di Singapura,di USA atau berada di indonesia sendiri.
Web server yang berada diindonesia sangat cocok jika situs yang bertarget pengunjung dari indonesia,atau server USA jika situs kamu bertarget visitor dari mancanegara.Pada intinya pilihlah server yang sesuai dengan target pengunjung situs/blog kamu.

Apa yang disebut dengan web hosting

Tata cara menyewa hosting
Kunjungi perusahaan jasa hosting yang kamu percaya,atau pilih yang sedang saja sesuai dengan kebutuhan kamu.Biasanya kamu disuruh mendaftarkan data kamu lengkap mulai dari nam,alamat sampai data untuk login kedalam member area jasa web hosting.
Jika pendaftaran kamu sudah lengkap,lakukan order jenis paket hosting yang kamu inginkan.Setelah melakukan order biasanya kamu akan memperoleh email tagihan yang harus kamu bayar dimuka sesuai dengan harga nominal paket hosting kamu.Ikuti instruksi pembayaran yang mereka terapkan sampai selesai.Jika semua order telah beres,kamu akan dikirimi semua data hosting milik kamu melalui email.Mulai dari data login kedalam c-panel,data DNS,mail setting sampai kepada bagaimana cara menghubungi customer service mereka.
Mulailah membangun dan memanajemen situs kamu melalui fasilitas dari c-panel hosting.
Tips: Pilihlah webhosting yang menyediakan fasilitas c-panel dari c-panel11,karena menurut saya lebih mudah.
Jika kamu belum tahu apa itu c-panel,c-panel adalah fasilitas pokok webhosting dimana nantinya kamu akan mengelola rancang bangun  situs kamu sebagai webmaster.Untuk masuk kedalam c-panel,kamu bisa melalui alamat yang diberikan jasa hosting misalnya http://namadomainkamu.com/cpanel atau http://namadomainkamu.com:2082 .Kemudian silahkan login menggunakan USERNAME kamu dan memulai.

Lihat Juga :  Tips memilih nama domain

Kamu bisa order pada provider jasa hosting  lengkap domain plus hosting,hanya hosting saja atau server saja.Jika kamu sudah memiliki nama domain,kamu boleh hanya order hostingnya saja.Jika kamu sudah punya hosting,kamu bisa hanya order nama domain saja.
Misalnya kamu ingin mengkustomisasi blog gratisan kamu,misalnya blog dari blogger (blogkamu.blogspot.com) menjadi blogkamu.com maka hanya perlu menyewa nama domain saja.

Sewa hosting yang paling murah dan mudah adalah shared hosting (hosting berbagi 😀 ),yaitu berbagi space dalam 1 server untuk banyak domain.
Jika situs kamu memiliki membutuhkan kapasitas penyimpanan  data dan lalulintas data yang sangat tinggi,kayaknya kamu harus memiliki server khusus sendiri (dedicated server).Bahkan dengan memiliki dedicated server,kamu bisa mendirikan jasa hosting sendiri 😀

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *