Apa yang disebut CMOS pada Komputer?

CMOS adalah istilah yang seringkali disebut ketika para teknisi komputer membicarakan masalah hardware. Paling umum tenang CMOS adalah keping baterai yang berbentuk bulat pipih terbuat dari logam yang menempel pada motherboard komputer. Pada kebanyakan kasus, baterai CMOS memang yang pertamakali disebut ketika sebuah komputer tidak menunjukkan jam terkini setelah komputer habis dimatikan. Jam atau tanggal yang tidak sesuai dengan waktu kini komputer bukanlah hal yang sepele, bisa berpengaruh kepada sistem restorasi dan browsing aman dengan SSL. Sistem kalender dan jam komputer yang tidak sesuai juga dapat menyebabkan pesan “connection untrusted” saat browsing pada situs web yang dienskripsi, sehingga halaman web tersebut tidak bisa diakses oleh komputer Kamu. Tak salah, karena CMOS dikenal juga sebagai Real-Time Clock (RTC), yang artinya kurang lebih menunjukkan waktu secara realtime dikomputer Kamu. Sebutan lain dari CMOS adalah, Non-Volatile RAM (NVRAM) atau CMOS RAM.

Advertisement

Mengenal  CMOS

CMOS adalah singkatan dari Complementary Metal-Oxide Semiconductor, adalah chip semikonduktor on-board yang didukung oleh baterai CMOS di dalam komputer, yang bertugas untuk menyimpan informasi, seperti waktu dan tanggal sistem dan pengaturan perangkat keras untuk sistem komputer.

Gambar di bawah ini adalah keping baterai CMOS yang yang paling umum digunakan untuk daya memori CMOS komputer.

Motorola 146.818 adalah keping RTC pertama dan chip CMOS RAM yang digunakan pada awal komputer IBM. Chip tersebut mampu menyimpan total 64 byte data. Karena sistem jam yang digunakan adalah 14 byte RAM, maka hal ini menambahan 50 byte space yang tersedia untuk IBM dalam menyimpan pengaturan sistem. Saat ini, kebanyakan komputer telah beralih dari chip yang terpisah, dan dimasukkan ke dalam southbridge atau superchip I / O .

Lihat Juga :  Cara memperbaiki UPS Rusak Mati Total

Berapa lama baterai CMOS habis?

Standar umur baterai CMOS adalah sekitar 10 tahun. Namun, hal ini masih bisa  bervariasi, tergantung pada penggunaan dan dimana komputer ditempatkan. Ketika baterai CMOS habis, maka pengaturan sistem serta pengaturan tanggal dan waktu tidak akan disimpan saat komputer dimatikan, menunggu baterai untuk diganti yang baru lagi.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *