Apa sih kegunaaan RAM komputer?

RAM adalah salah satu jenis dari hardware penyimpanan (memori) pada komputer.Baca: Jenis jenis memori pada komputer.Karena berguna sebagai penyimpanan, maka satuan untuk RAM adalah byte.Sama seperti media penyimpanan pada komputer lainnya yaitu hardisk.Ya, memang keduanya sama hanya saja kegunaaanya yang berbeda.
Ram bertugas untuk menyimpan data sementara yang diambil dari hardisk sebelum diproses oleh CPU (prosesor).

Advertisement

Kenapa diperlukan RAM?, apakah prosesor tidak dapat bekerja sendiri tanpa RAM?….

Prosesor adalah hardware komputer yang bertugas memproses data, dengan memiliki satuan kecepatan yaitu Herzt.Kecepatan hardisk manggunakan kecepatan mekanik (putaran), sehingga tidak akan mampu mengimbangi kecepatan secara elektronik prosssor.Hardisk tidak akan mampu mempersiapkan dan mengirim data secepat prosesor .Untuk itu diperlukan memory RAM sebagai jembatan antara prosesor dan hardisk, dengan jalan menampung data secara sementara dari hardisk sebelum dikirim ke prosesor.

Kenapa jika memori RAM kecil komputer akan menjadi lebih lambat?..

Semakin besar kapasitas RAM, maka akan semakin banyak data sementara yang bisa disimpan sebelum diproses oleh CPU.Sehingga prosesor tidak harus berkali kali untuk mengambil data yang secara terbatas disiapkan oleh RAM.
Itulah kenapa jika komputer semakin banyak menjalankan program, maka komputer akan terasa semakin lambat.Karena Kapasitas RAM tidak mencukupi untuk menampung banyaknya data dari program yang akan diproses.
Pada intinya, jika RAM sangat minim jangan dipaksa untuk menjalankan beberapa program sekaligus.Karena tentu saja komputer akan semakin lambat bahkan memory virtual low.Program yang semakin berat, atau menjalankan program lebih dari satu akan membebani kinerja komputer secara keseluruhan, jika kapasitas RAM tidak mendukung.
Baca juga: Penyebab dan Cara mengatasi Komputer lambat

Lihat Juga :  Jenis Jenis server Komputer

Apakah RAM semakin besar akan membuat komputer semakin cepat?…

Tidak juga, karena tugas RAM hanya mendukung kinerja prosessor.Keduanya juga harus seimbang.Misalnya untuk kecepatan prosesor pentium 4, cukup hanya menggunakan RAM sebesar 1GB agar komputer bisa maksimal.Komputer pentium 4 tidak akan begitu berarti jika diberikan RAM yang lebih besar, misalnya 4GB.
Jika komputer dengan prosesor diatas 2 inti, masih kurang maksimal  dalam menjalankan program game yang berat atau menjalankan bebarapa program sekaligus, jika RAM nya hanya 1GB.
Keduanya saling mendukung, jadi harus seimbang agar komputer bisa memberikan kinerja yang maksimal

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *