Apa itu WWW

WWW adalah kependekan dari World Wide WEB merupakan nama yang diberikan untuk bagian dari internet yang bisa diakses dengan perangkat lunak yang bernama web browser.

Advertisement

Perangkat lunak yang disebut dengan nama  Web Browser itu contohnya adalah Internet Explorer, Netscape ,Safari,Chrome, firefox dan Opera.Beberapa pencipta web browser sudah menyediakan aplikasi untuk mobile (browser untuk smartphone).

WWW biasa disebut secara singkat hanya web saja, sekarang sudah terdiri dari jutaan situs web (web site) dan dari setiap web site sendiri terdiri dari banyak halaman web (web page). Halaman-halaman web ini tersebar di seluruh webserver di seluruh dunia dan bisa terhubung dengan  komputer-komputer yang terhubung dengan Internet.

Halaman Web itu adalah dokumen yang ditampilkan oleh sebuah software bernama web browser. Halaman ini seperti file, dokumen HTML dan didalamnya bisa terkandung text, gambar,animasi bahkan video.

Untuk dapat membuat sebuah halaman web ,anda haruslah memiliki pengetahuan paling dasar dalam pemrograman web yaitu HTML (hyper-text markup language). Baca: Apa itu HTML

Situs Web bisa terdiri dari beberapa halaman web yang bisa saling dikaitkan antara halaman yang satu dengan yang lain dengan teknik tertentu. Teknik untuk saling menautkan halaman yang satu dengan yang lain adalah teknik membuat hyperlink.Hal ini berguna sebagai navigasi situs,dimana agar pengunjung bisa melihat dan mengaksesnya melalui sebuah hyperlink (tautan).
Disinilah keunggulan dari WWW,yaitu dengan adanya hyperlink. Selengkapnya Baca Cara arti dan cara membuat Hyperlink .

Lihat Juga :  Fasilitas yang ada diinternet

Jika anda menemui sebuah situs web,dan menemukan perintah untuk memasukinya dengan perintah klik pada mouse itulah hyperlink.
Dengan hyperlink anda dapat secara langsung meng-click sebuah file yang ditautkan, komputer melalui web broser akan mengambil (mendownload) file atau mengakses situs/halaman situs yang di link (ditautkan).

Perancang situs web biasanya akan meletakkan banyak hyperlink di dalam situs yang mereka buat sebagai sarana navigasi agar pengunjung terbantu dalam menemukan halaman lain yang terkait.Selain itu penggunaan hyperlink yang lain seperti,mendownload file,membuat tombol mengirim komentar dll.

Hyperlink juga dapat menghubungkan satu situs dengan situs lainnya yang berada pada server lain dari seluruh dunia.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *