Apa akibat jika Olie mesin berlebihan/kebanyakan?

akibat mobil kebanyakan olieOli mesin diperlukan untuk pelumasan mesin mobil, sehingga gesekan yang terjadi akibat dari kerja setiap komponen pada mesin tidak cepat menyebabkan keausan. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya bahwa, akibat sering terlambat mengganti oli bisa fatal bagi mesin. Lalu apa akibatnya juga jika kita memberikan minyak pelumas mesin secara berlebihan?.
Mesin hanya membutuhkan minyak pelumas dalam jumlah tertentu, walau bagaimanapun, terlalu banyak memberikan oli juga bisa menyebabkan masalah pada mesin, sama seperti halnya jika terlalu sedikit oli.

Advertisement

Akibat Terlalu Banyak memberikan oli pada mesin mobil

Kenapa sampai mesin bisa kelebihan olie?

Kesalahan memberikan oli yang berlebihan pada mesin diakibatkan karena kurangnya memperhatikan berapa banyak minyak yang dibutuhkan. Kebanyakan mesin hanya membutuhkan oli hanya sebanyak empat liter saja, namun tidak ada jumlah masukan yang tepat. Yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa berulang kali tingkat masukan oli dengan dipstick. Pengguna  yang tidak pernah memeriksa dipstik seringkali memasukkan oli lebih banyak dari yang diperlukan.

Baca juga :Tips mengganti oli mesin

Akibat

Ketika mesin terlalu banyak diisikan minyak pelumas, awalnya mesin akan menahan kelebihan minyak pelumas. Saat crankcase mesin berputar, kelebihan oli akan bergolak dan menyebabkannya busa lebih banyak. Busa dari minyak pelumas ini tidak akan dapat mengalir melalui pompa oli. Akibat lebih lanjut akan menyebabkan bagian komponen lebih cepat panas, karena tidak mendapatkan suplai pelumasan dengan maksimal. Pada akhirnya akan berakibat fatal, yaitu mesin mogok karena gagal bekerja.

Lihat Juga :  TIPS MEMBELI SEPEDA MOTOR BEKAS

Cara mengatasi

Minyak tidak akan menguap, sehingga kelebihan minyak harus dikuras. Jika Anda tidak tahu bagaimana cara melakukannya, sebaiknya minta bantuan kepada montir. Oli akan dikeluarkan seluruhnya, kemudian akan dimasukkan kembali kedalam blok mesin dalam jumlah yang tepat.

Kelebihan olie juga tidak baik, mesin kekurangan olie juga bisa berakibat buruk

Tips

Dipstik pada mesin adalah alat yang akuran untuk mengetahui, apakah oli mesin kurang atau berlebihan. Oli kurang maupun berlebih dapat mengakibatkan dampak yang tak jauh beda terhadap mesin. Jadi untuk memeriksa ketinggian olie dengan dipstik, agar segera diketahui jika ada kekuranggan atau kelebihan minyak pelumas.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *