Alat Pengusir Tikus

Tikus merupakan salah satu hewan yang dibenci oleh banyak orang.Tikus adalah hewan pengerat yang mampu memotong benda benda keras dengan giginya.Didalam banyak kasus,tikus juga suka memotong kabel kabel yang ada pada alat kelistrikan dan mengacak acak makanan.Karena sebab itulah, dengan kehadiran kawanan tikus didalam rumah seringkali membuat masalah dengan rusaknya berbagai alat listrik.Dampak yang lebih menakutkan lagi adalah penyakit penyakit yang bisa dibawa oleh sitikus tersebut bisa menular kepada manusia.
Berbagai cara umum yang digunakan seperti memasang lem tikus,memasang perangkap dan memasang rac*n terbukti kurang efektif.Memang jika menggunakan beberapa cara umum diatas bisa berhasil menangkap tikus,tetapi biasanya cara cara tersebut tidak akan mempan lagi setelah beberapa hari pemakaian.Karena sepertinya tikus merupakan hewan yang cerdas,mereka seperti bisa belajar untuk tidak melakukan kesalahan yang sama yang menimpa temannya kemaren.Sehingga alat alat perangkap tikus tersebut tidak akan membawa hasil setelah beberapa hari kemudian.Disamping itu menggunakan alat alat konvensional biasanya akan menjadi ribet dan terkadang menghasilkan efek samping seperti jika menggunakan rac*n tikus.

Advertisement

Untuk itu kita perlu memakai cara yang akan membuat tikus tersebut tidak akan betah lagi bercokol dirumah kita.

Cara konvensional yang sesuai dengan ilmu biologi untuk mengusir tikus adalah dengan memelihara kucing.Namun cara ini juga seringkali menimbulkan dampak negatif lain,karena kucing piaraan terkadang tidak suka makan tikus.Sehingga para kucing piaraan ini hanya meninggalkan sisa daging tikus dimana saja sesuka mereka.

Lihat Juga :  Olie untuk Mesin Mobil Diesel

Maka dari itulah muncul sebuah alat pengusir tikus elektronik,dimana alat ini akan membuat para tikus akan pergi dengan sendirinya.Disamping lebih praktis dan mudah,menggunakan alat elektronik pengusir tikus tidak akan meninggalkan efek samping seperti jika menggunakan cara konvensional diatas.

Prisnsip dasar alat pengusir tikus

Alat elektronik pengusir tikus ini bekerja dengan cara mengeluarkan suara dengan frekwensi tinggi (ultrasonik).Hewan hewan golongan pengerat seperti tikus ini mampu mendengar suara hingga diatas 20Khz,sehingga mereka akan terganggu dengan suara suara ultrasonik yang diproduksi oleh alat tersebut.Dengan begitu maka tikus tikus tersebut akan terganggu,kemudian tidak kerasan dan segera bermigrasi dari rumah anda.
Perlu diketahui juga bahwa manusia tidak mampu mendengar suara dengan frekwensi tinggi diatas 20khz.Sehingga yang akan merasa terganggu hanya golongan binatang yang mampu mendengar frekwensi diatas 20khz seperti halnya tikus.
Dampaknya sangat luar biasa bagi hewan pengerat ini,jika bagi manusia seolah mendengar suara dari sound sistem berkekuatan ribuan watt secara terus menerus.Tentunya Anda tidak akan betah jika harus mendengarkan suara yang sangat keras memekakkan telinga secara terus menerus,sama juga dengan tikus yang mendengar suara berfrekwensi ultrasonic.
Dengan begitulah, maka para kawanan tikus tersebut tidak akan betah lagi berlama lama didalam rumah anda.

Bagaimana dengan hewan lainnya?,,,,
Sayangnya hewan hewan piaraan seperti anjing,kucing,tupai,hamster dll juga akan ikut merasa terganggu dengan adanya alat ini.

Lihat Juga :  Tips membeli mesin Cuci

Sooo,, jika anda mau menggunakan cara mengusir tikus yang praktis ini,anda bisa membuat rangkaian elektroniknya sendiri dirumah.Hanya berbekal alat solder listrik dan beberapa komponen elektronik yang mudah didapat dimana saja ditoko komponen elektronika.Rangkaian elektronik pengusir tikus ini sangat sederhana,sehingga mudah untuk dilakukan sendiri.Namun jika anda masih tetap kesulitan,anda bisa print rangkaian berikut dan minta tolong dibuatin oleh ahli elektronik yang ada didaerah anda.Bahan bahan komponen elektronik yang dibutuhkan secara keseluruhan mungkin tidak sampai menelan biaya hingga diatas Rp 30.000,- rupiah.

Bahan bahan/komponen elektronik yang dibutuhkan:
Resistor (R),Kapasitor (C), Transistor (Q), IC,Speaker (SP)

R1 : 1k8
R2 : 1k
R3 : 5k6
R4 : 480 Ohm
C1 : 2, 2nf
C2 : 0, 022mf/6v
IC : 555
Q : sc1162
SP: 4 Ohm

GB: Rangkaian/skematik

Alat Pengusir Tikus

Semoga berhasil membuat rangkaian pengusir tikus diatas,dan segera terbebas dari gangguan gangguan mereka.

Advertisement

Related Post

Memilih Hp Terbaik untuk Main Game Sebenarnya banyak sih vendor smartphone yang mengeluarkan seri ponsel yang dikhususkan untuk para gemer. Karena tak hanya 1 atau 2 saja vendor yang me...
Fungsi Sensor-sensor Pada Sistem Bahan bakar Injek... Hampir semua pemain sepeda motor terbesar di Indonesia sekarang ini berlomba-lomba menciptakan tunggangan dengan efisiensi bahan bakar yang baik.Terci...
Perbedaan TV Tabung,TV LCD atau TV LED Teknologi terus berkembang,metode lama akan digantikan dengan metode baru yang diharapkan lebih efisien dan lengkap.Namun tidak selalu metode lama aka...
Penjernih air Penjernih air disini adalah merujuk kepada peralatan yang sanggup memproses air biasa agar menjadi aman untuk dipergunakan atau dikonsumsi.Tujuan utam...
Tips memilih Tablet Android Android adalah OS untuk telepon pintar dan tablet yang paling populer di Indonesia dewasa ini.Jika kamu berniat untuk membeli tablet android, bisa dip...
Penangkal petir Petir adalah peristiwa alam yang pada umumnya datang bersama cuaca mendung dan hujan.Petir berupa kilatan cahaya putih terang yang terlihat dilontarka...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *