Agar Loading Blog WordPress Cepat

Sepertinya para pengelola blog sudah seharusnya memberikan pengalaman maksimal kepada pembacanya. Salah satunya adalah mengupayakan bagaimana agar loading blog menjadi lebih cepat loadingnya.Dengan loading yang cepat, para pembaca blog menjadi nyaman berlama lama menjelajahi artikel yang ada.Tak diragukan lagi, speed blog adalah salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi SEO. Bagi yang masih dibatasi bandwidth, meringankan loading blog juga akan secara signifikan menghemat bandwidth.

Advertisement

Berikut beberapa tips agar loading blog WordPress cepat atau ringan:

Server Hosting yang mumpuni

Untuk blog platform hosting sendiri seperti WP,  pertamakali harus memiliki hosting yang cukup handal.Karena ini faktor utama  yang sangat menentukan kecepatan loading blog.Untuk itu jangan salah pilih saat memilih hosting, pilih yang memang sudah banyak dibuktikan oleh rekan bloger lainnya.

Pergunakan Javascript yang wajar-wajar saja

Jika hosting sudah cukup handal, sebenarnya blog WP self hosting sudah lebih ringan.Dengan catatan tidak menggunakan javascript yang macam macam.Kurangi widget widget javascript yang tidak penting, sebab pembaca yang datang bukan untuk mengagumi penampakan theme blog kamu.

Memilih Template

Banyak sekali template blog gratis yang disediakan untuk wordpress hosting sendiri, pilih yang menurut kamu paling simpel, enak dilihat dan ringan loadingnya.

Mempergunakan plugin dengan bijak

Salah satu yang menarik dari wp adalah adanya plugin.Namun terlalu banyak menggunakan plugin yang tidak tepat bisa mengakibatkan lambatnya loading.
Batasi penggunaan plugin, terutama yang banyak memakan resource server seperti plugin related post.Karena related post ini penting untuk membantu meningkatkan pageviews, ini bisa diatasi dengan tidak menggunakan plugin alias menulis PHP sendiri pada template.Script PHP related post , bisa dilihat disini

Lihat Juga :  Linkwithin hanya tampil dihalaman postingan

Penggunaan CSS

Secara umum CSS sebenarnya tidak terlalu memberatkan, namun ada 1 catatan.Kurangi penggunaan CSS3, karena penulisan CSS3 biasanya lebih kompleks dan harus ditulis dobel agar disupport oleh beberapa jenis browser.Kalau masih dalam penggunaan yang biasa, mungkin tidak akan berpengaruh banyak.CSS3 biasanya sudah mendukung fungsi animasi, kalau fungsi animasi tidak penting kenapa dipasang?..

Penggunaan Background Gambar

Gambar memang cukup memberatkan, jika memang perlu untuk desain template sebaiknya pilih yang resolusinya rendah.Gambar (IMG) yang berektensi GIF dan PNG lebih berat dari pada yang berektensi JPG.Karena JPG bisa di atur resolusinya menjadi lebih rendah dengan photosop.Kalau tidak perlu, kenapa mesti menggunakan gambar header kalau itu hanya memberatkan loading.

Gambar didalam postingan

Tanpa gambar, biasanya postingan akan kurang menarik.Namun kalau bisa gunakanlah gambar dengan ukuran seminimal mungkin.Kalau perlu dikompress dulu ke .jpeg, dengan ukuran yang sesuai kebutuhan.Misalnya kamu hanya butuh gambar untuk postingan berukuran 300x 300 px, maka potonglah/resize gambar tersebut dengan ukuran yang sebenarnya.Maksudnya gambar jangan dikecilkan menggunakan CSS/HTML.

Berikan fasilitas tampilan versi mobile

Ada beberapa cara agar blog WordPress bisa diakses untuk dua tampilan, yaitu tampilan mobile dan tampilan dekstop.Sistem kerjanya, jika blog diakses menggunakan browser mobile (hp) maka otomatis yang tampil adalah versi mobile.Pengakses internet menggunakan handphone cukup banyak lho?,,,jadi penting untuk memperhatikan ini.Sebab tampilan dekstop jika diakses menggunakan hp akan sangat berat sekali, tergantung juga sih kayak apa juga theme mobile yang kamu pakai.Paling tidak tampilan mobile akan lebih sesuai dan enak dibaca menggunakan hp.
Cara yang paling mudah adalah menggunakan plugin semacam WordPress Mobile Pack atau wordpress mobile.Cara  penggunaannya cukup mudah, hanya tinggal menginstal plugin seperti biasa dan melakukan setting.Kedua plugin diatas akan membuat otomatis tampilan blog mobile, jika blog diakses dengan handphone.Atau ingin membuat halaman situs mobile khusus tersendiri dengan menggunakan subdomain m.situskamu dot com, kedua plugin diatas bisa diset demikian.

Lihat Juga :  Cara memasang related post di sidebar

Menginstal Plugin Chace

Chache?,,sudah tahukah chache?…chache atau tembolok adalah fungsi browser yang dapat menyimpan halaman situs sementara.Seperti halnya merekam, gitu deh,,,,Jadi, dengan adanya chahce, maka browser tidak akan sepenuhnya mengambil file halaman situs dari server semuanya bagi pengunjung kembali.Untuk itu diperlukan plugin yang bisa menanamkan chace pada browser pengguna.

Plugin ini menurut saya sangat penting, apalagi bagi yang servernya masih shared hosting.Rekomendasi saya adalah W3 Total Chace, karena plugin ini juga mengcreate chace pada server.Selain itu ada pula fitur CDN(=Content Delivery Network) pada plugin ini yang bisqa diaktifkan.Dengan memanfaatkan fitur CDN, kecepatan loading blog akan semakin konsisten dan terbilang “Super Sekali”.Selain itu, plugin W3 total chace juga dilengkapi dengan fitur user agen group, dimana fungsinya untuk menampilkan theme berbeda pada device/browser tertentu.Fitur  User agent Group ini fungsinya hampir mirip dengan plugin WordPress Mobile Pack atau wordpress mobile, seperti yang sudah saya dijelaskan pada poin diatas.

Namun, penyetingan pada plugin W3 Total Chace ini tergolong rumit dan butuh kesabaran. Jika kamu malas ribet, ada plugin alternatif lain yang lebih simpel bisa kamu pergunakan – adalah WP Super Chace.Terutama untuk menghemat bandwidth, plugin chache ini sangat berguna.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

2 thoughts on “Agar Loading Blog WordPress Cepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *