Agar Komputer Terhindar dari virus

Tentunya kita tidak ingin jika komputer kita terjangkiti virus.Karena sifatnya yang merusak itulah, maka program itu disebut dengan nama “VIRUS” atau malicious ware.
Dengan kecanggihan internet seperti yang kita kenal, maka sebuah komputer personal milik kita dapat terkoneksi dengan jaringan global bersama jutaan komputer lain.Dengan kemajuan jaringan komputer tersebut, permasalahan pun muncul.Virus komputer semakin mudah menyebar/disebarkan melalui internet.Kalau dulu mungkin virus paling banyak disebarkan melalui disket atau diikutsertakan melalui program yang baik baik.Tak bisa disangkal lagi bahwa internet adalah ladang subur bagi penyebaran virus, suka atau tidak.

Advertisement

Nah agar Komputer terhindar dari virus,berikut tips untuk mengantisipasinya

Menginstal Antivirus terbaik

Karena data kita sangatlah penting,maka menginstal software keamanan antivirus adalah wajib.Berbagai macam produsen menawarkan antivirus kepada kita,baik yang berbayar maupun gratis.Carilah yang terbaik menurut anda,dengan membaca pengalaman orang lain mengenai sebuah antivirus terbaik.Antivirus yang ada tentunya tidak ada yang paling sempurna, masing masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri sendiri.Dan pastikan antivirus tersebut dapat memberikan perlindungan secara terus menerus (realtime),terutama saat komputer digunakan surfing diinternet.

Rajin update antivirus

Antivirus terbaik harus selalu rajin update, karena ratusan antivirus baru bisa tercipta setiap harinya.Untuk itulah sebuah antivirus harus bisa mengikuti perkembangan ini.Penambahan database virus baru yang bisa dicekal harus secara berkelanjutan.Settinglah antivirus komputer anda dengan “Update Otomatis”.Biasanya untuk mengupdate antivirus, pihak produsen tidak akan mengenakan biaya lagi alias gratis.

Update Sistem Operasi komputer

Mungkin anda sudah pernah mendengar tentang istilah “Lubang Keamanan” atau bug sebuah sistem.Istilah tersebut maksudnya adalah , sebuah celah baru yang diketemukan pada sebuah sistem yang merupakan kelemahan.Melalui celah tersebutlah biasanya sebuah komputer bisa dilumpuhkan oleh malmware.Maka sebuah sistem operasi yang diupdate salah satunya adalah untuk memperbaiki/menutup adanya celah keamanan tersebut.Kedepannya lagi bukan tidak mungkin, jika akan terdapat lagi celah keamanan yang baru diketemukan.Bukan hanya untuk sistem operasi yang harus rajin diupdate, program program lain pun biasanya terus akan diupdate oleh pembuatnya.Selain demi keamanan,update juga akan meningkatkan kinerja komputer kepada yang lebih bagus lagi.

Lihat Juga :  Cara mendeteksi kerusakan pada sound card

Backup data penting anda

Jangan malas untuk melakukan backup data penting, karena saya yakin anda akan menyesal dikemudian hari.Ada banyak pendapat yang mengatakan bahwa, komputernya sendiri tidak ada apa apanya jika dibanding dengan data yang tersimpan.Walaupun anda sudah menggunakan antivirus, bukan berarti 100% komputer anda tidak akan tersentuh oleh virus.
Tips: Backup data penting anda, kemudian di arsip menggunakan winzip/winrar dan di password.Simpan kedalam penyimpanan eksternal, misalnya hardisk external.Bukan hanya aman dari virus saja,  kemungkinan hardisk komputer mengalami kegagalan juga bisa.

Scanning flashdisk

Jika anda pinjam flashdisk, jangan lupa discan dulu dengan antivirus.Karena kasus terbanyak penularan antivirus juga dari media penyimpanan.

Hati hati download program

Banyak sekali program program yang bisa didownload melalui internet.Pastikan dulu kalau program yang anda dapatkan tersebut bersih dari virus.Lihat reputasi website penyedia program tertentu, atau menurut pengalaman banyak orang.

Hati hati mendownload email attachment

Email adalah salah satu fasilitas yang menjadi incaran bagi penyebar virus untuk beraksi.Jika anda mendapatkan lampiran unduhan melalui email, jangan lupa discan terlebih dahulu menggunakan antivirus.
Email yang menggunakan format HTML juga bisa dipergunakan media untuk penyebaran virus.Virus yang disebarkan bisa juga dilakukan dengan cara menggunakan HTML code.Walaupu hanya membukanya saja kiriman email berbasis HTML ini, virus bisa secara otomatis menyelinap kepada komputer anda.Untuk itulah sebuah antivirus juga harus bisa memberikan perlindungan secara realtime disaat komputer terhubung dengan internet.

Lihat Juga :  Perbedaan ROM dan RAM pada hp Android dan Komputer

Hati hati membuka tautan

Anda sering bersosialisasi melalui media online messenger?,,,,atau fitur chatting situs social media?,,,,Dalam aktivitas kita pada media komunikasi online, seringkali menemui user yang berbagi bagi tautan.
Janganlah gegabah untuk membuka tautan, terutama yang merupakan shortner URL.Shorttener URL adalah fasilitas untuk mempersingkat alamat (URL) situs internet.Tautan seperti itu biasanya dipakai untuk menyembunyikkan link affiliasi, contohnya : http://me.do/fyxh .Kalau hanya link affiliasi sih nggak apa apa, tapi bagaimana kalau link tersebut untuk menyebarkan virus?..Walaupun URL tersebut tidak dishortened, anda juga wajib curiga jika link tsb kelihatan aneh dan diberikan oleh orang yang tak dikenal.

Executabel file

Jika disaat anda sedang asyik berselancar, dan tiba tiba ada perintah untuk menjalankan executable file .JANGAN LAKUKAN! jika anda menemukan yang seperti itu.Hal seperti ini masih seringkali ditemui jika berkunjung ke sebuah situs tertentu.

Software penasihat online

Hehe,,apa itu software penasihat online?,,,,,itu adalah istilah saya sendiri, karena memang saya sangat miskin dengan pengetahuan istilah umum.
Maksudnya:
Sedia payung sebelum hujan, jangan bingung setelah ada kejadian.Kita tidak akan pernah tahu jika sebiah situs mengandung virus apa tidak.Dengan sebuah sofware penasihat online situs (Varian dari antivirus), maka kita akan tahu bahwa situs tersebut berbahaya sebelum mengunjunginya.Dengan begitu kita ada kesempatan untuk kabur, sebelum mengunjungi situs tersebut.Program akan memberitahu melalui tanda tanda tertentu, apakah situs layak untuk dikunjungi atau tidak.Program semacam itu seperti contohnya adalah siteadvisor McAfee.Ada versi gratis maupun yang berbayar.

Saya tidak mengajari untuk menjadi seorang paranoid, kecuali anda menyadari tentang akan pentingnya keamanan komputer.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *