4WD Vs AWD , Mana yang Lebih Unggul?….

4wd vs awd, keunggulan dan kekurangan4WD adalah teknologi penggerak 4 roda pada mobil; mungkin Anda sudah cukup familer dengannya. Mobil 4WD sering disebut sebagai mobil jeep yang didesain untuk dapat melintasi segala medan terutama offroad.  Namun kalau mobil AWD apakah Anda sudah mengenalnya?….. AWD (All Wheel Drive), adalah sebuah teknologi pengerak roda yg sudah dipakai untuk mobil  SUV dan sedan terbaru..   Teknologi AWD ini sebenarnya sudah agak lama ditemukan, dan sudah dipakai oleh beberapa keluaran Jepang seperti Honda HRV, Toyota RAV 4, Nissan Armada, serta banyak diaplikasikan pada mobil keluaran Subaru. Lalu apa keunggulan dari sistem penggerak roda terbaru AWD ini?…. daripada sistem penggerak mobil  4WD , FWD, dan RWD?

Advertisement

4WD Vs AWD, serta perbedaan dan sistem kerjanya

Masih banyak orang yang menganggap AWD dan 4WD adalah sistem yang sama. Tapi itu anggapan yang keliru, karena keduanya adalah sistem penyalur tenaga mobil yang sama sekali berbeda. Namun keduanya  mungkin juga ada kesamaan, yaitu sama-sama baik untuk melintasi segala medan ditambah juga sama-sama lebih boros bahan bakar daripada kendaraan yang berpenggerak 2 roda misalnya toyota avanza.  Jadi disini marilah kita bahas perbedaan dan keunggulan masing-masing sistem ini.

Sistem 4 WD atau four wheel drive

Kebanyakan kendaraan hanya menggunakan1 poros untuk 2 ban, bisa untuk kedua ban depan ataupun belakang. Yang dimaksud adalah  adalah front wheel drive(FWD) dan rear wheel drive (RWD). Namun dari kedua sistem tersebut tak satu pun yang sangat ideal untuk melintasi kondisi jalan yang terlalu licin, atau untuk jalan yang tidak diaspal ,  jalan yang berpasir, atau jalan yang rusak.

Lihat Juga :  Akibat jika sering terlambat mengganti oli mesin

4WD adalah sistem yang mendukung kerja untuk menggerakkan semua roda,  hanya dua roda belakang saja, atau hanya dua roda depan saja. Ketika mode 4WD yang dipilih, maka kekuatan dari  mesin akan dibagi sama antara as roda depan dan belakang, untuk memastikan bahwa kendaraan tidak terjebak atau slip ketika diatas lumpur yang tebal, salju, medan tidak rata, atau jalan berbebatuan. Kekuatan perputaran poros di keempat roda membantu mengurangi fishtailing dan slip ketika di jalan yang licin, sehingga tak sampai membutuhkan derek atau dikatrol mobil lain. Untuk itu kenapa 4WD selalu di aplikasikan untuk kendaraan yang beroperasi diperkebunan dan offroad.

4WD memang sangat membantu ketika berada di kondisi jalan yang sulit. Teknologi 4×4 nyaman saja untuk jalan yang lurus; namun akan sulit ketika mobil memutar; hal ini karena perbedaan radius putar antara as roda depan dan belakang yang mengharuskan roda berputar pada kecepatan yang berbeda. Jika Anda mengemudi dalam kondisi  jalan yang tertutup es, medan yang tidak rata, jalan berlumpur dan berkerikil, 4×4 memungkinkan bagi roda untuk mengatasinya.  Namun jika berjalan diatas aspal yang rata, dalam mode 4×4 ban bisa mengunci, terutama pada saat berkendara lambat. Mobil umumnya terasa seperti melompat-lompat.

Keuntungan:

  • Memiliki kemampuan traksi off-road paling baik
  • Bisa dipilih untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar, misalnya Anda hanya ingin menggunakan penggerak 4 roda , hanya 2 roda saja depan atau belakang.

kekurangan:

  • Tidak cocok untuk semua kondisi berkendara

AWD atau All Wheel Drive

AWD adalah teknologi penggerak mobil yang lebih baru, yang  juga berfungsi membagi power dari mesin kepada dua as roda untuk depan dan belakang seperti 4WD. Namun teknologi ini memiliki dua pembeda utama dari 4WD :

Lihat Juga :  Cara mengatasi Masuk Angin pada mesin diesel

AWD adalah sistem yang dianggap selalu cocok untuk berbagai kondisi jalan. Bedanya dengan 4WD yang pertama, AWD bekerja secara otomotis sesuai dengan kondisi jalan yang sedang dilalui. Dengan demikian berarti bahwa ketika anda melewati kondisi jalan yang buruk dan  tak terduga seperti jalan yang licin, maka sistem akan secara otomatis memberikan traksi yang lebih baik.

Perbedaan utama ke 2; kekuatan yang dibagi kepada dua as roda tidak selalu berbanding 50:50. Biasanya terdapat berbagai jumlah perpecahan, tetapi sistem AWD terus mendapatkan umpan balik dari ban lalu mengirim power yang lebih besar kepada roda yang sedang membutuhkan traksi yang lebih untuk saat itu. Untuk alasan ini, AWD seringkali  mencapai peringkat keamanan yang lebih baik, dan lebih disukai dan sangat berguna pada saat musim hujan atau jalanan yang ditutupi es yang licin.

Kendaraan yang menganut sistem teknologi penggerak AWD tidak memerlukan tindakan manual dari pengemudi untuk secara aktif memindah-mindah antara mode dua roda dan empat roda.

Keunggulan :

  • Berkendara yang lebih baik dan sporty
  • Tingkat keamanan berkendara yang lebih tinggi

Kekurangan:

  • Lebih boros bahan bakar

Kesimpulan

4WD bisa digunakan untuk medan offroad yang ekstrim serta bisa memilih mode penggerak roda yang diinginkan, namun pengemudi harus mengoperasikan semua secara manual. Sementara itu pada mobil AWD pengemudi tak perlu campir tangan manual untuk menyesuaikan mode ketika melewati jalan dengan kondisi tertentu, namun AWD lebih boros bahan bakar dan tidak cocok untuk jalur offroad yang ekstrim.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *