3 Jenis Power Supply Komputer

Kita mengatakan dalam judul diatas ” Power Supply Komputer”, karena memang kita akan membicarakan 3 jenis power supply yang digunakan komputer. Karena perlu diketahui juga bahwa istilah power supply juga digunakan pada banyak alat elektronik lainnya.

Advertisement

Power supply adalah alat yang digunakan untuk mengubah tegangan daya listrik AC 110-250V, menjadi tegangan searah (DC) dengan jumlah arus yang disesuaikan untuk didistribusikan kepada perangkat elektronik yang membutuhkan.

Power supply komputer, sebenarnya punya sebutan khusus, yaitu SMPS ( Switching Mode Power Supply).  Ini adalah catu daya utama untuk menghidupkan semua perangkat komputer, dengan mengubah arus listrik 230volts AC, menjadi beberapa keluaran arus yang berbeda-beda sesuai yang dibutuhkan, yaitu 12volts, 5Volts, 3volts, serta mendistribusikan ke semua komponen komputer.

SMPS umumnya yang digunakan pada beberapa generasi pc, dikenal ada 3 jenis. Perbedaan dari ketiga jenis SMPS ini adalah berdasarkan konektor penghubung untuk masing masing periperal komputer. Dan ketiga jenis power supply komputer tersebut masing-masing juga gunakan untuk 3 geberasi komputer berbeda.

Sebelumnya kita juga telah membahas, jenis kabel dan konektor SMPS/Power Spply Komputer.

Berikut ketiga jenis SMPS atau Power Supply dan penggunaanya pada generasi Komputer:

  1. SMPS AT
  2. SMPS ATX
  3. SMPS BTX

Power supply jenis AT(SMPS AT) :

AT singkatan dari Advanced Technology, dan SMPS ini adalah SMPS tua. Mempunyai 12pin konektor, yang disebut dengan AT konektor daya. Power supply jenis AT digunakan pada komputer PentiumI, Pentium MMX, Pentium II dan Pentium III.

Lihat Juga :  Komponen-komponen utama unit komputer

Power supply jenis ATX(SMPS ATX) :

ATX singkatan dari Advanced Technology eXtended. Dilengkapi dengan konektor yang memiliki 20pin, yang disebut konektor power ATX. Jenis ATX digunakan pada komputer dengan CPU Pentium III, Pentium IV dan CPU AMD.

Power supply jenis BTX(SMPS BTX) :

BTX singkatan dari Balanced Technology eXtended. Mempunyai konektor yang memiliki 24 pin, yang disebut dengan konektor power ATX. Dilengkapi juga dengan konektor power SATA 15 pin. ATX digunakan pada komputer Dual core, core2duo, Quad core, i3, i5, i7 CPU dan AMD model terbaru.

Itulah beberapa jenis SMPS atau power supply Komputer yang perlu Anda ketahui. Jadi jangan salah beli ya?, sesuaikan jenis dan PC Anda.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

One thought on “3 Jenis Power Supply Komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *